<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6128622652732034671\x26blogName\x3dPenyakit+dan+Pengobatannya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\x26vt\x3d5488503446235692587', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis)

Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis) adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

Penyakit gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik, Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.

Adapun mereka yang beresiko besar untuk menderita atau tertular penyakit ini adalah mereka yang menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menekan hormon kelenjar tiroid dan mereka yang kekurangan zat Iodium dalam tubuh.

  • Penularan Penyakit Gondongan

  • Penyakit Gondong (Mumps atau Parotitis) penyebaran virus dapat ditularkan melalui kontak langsung, percikan ludah, bahan muntah, mungkin dengan urin. Virus dapat ditemukan dalam urin dari hari pertama sampai hari keempat belas setelah terjadi pembesaran kelenjar.

    Penyakit gondongan sangat jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun, hal tersebut karena umumnya mereka masih memiliki atau dilindungi oleh anti bodi yang baik. Seseorang yang pernah menderita penyakit gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya.

  • Tanda dan Gejala Penyakit Gondongan

  • Tidak semua orang yang terinfeksi oleh virus Paramyxovirus mengalami keluhan, bahkan sekitar 30-40% penderita tidak menunjukkan tanda-tanda sakit (subclinical). Namun demikian mereka sama dengan penderita lainnya yang mengalami keluhan, yaitu dapat menjadi sumber penularan penyakit tersebut.

    Masa tunas (masa inkubasi) penyakit Gondong sekitar 12-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari. Adapun tanda dan gejala yang timbul setelah terinfeksi dan berkembangnya masa tunas dapat digambarkan sdebagai berikut :
    1. Pada tahap awal (1-2 hari) penderita Gondong mengalami gejala: demam (suhu badan 38.5 – 40 derajat celcius), sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan adakalanya disertai kaku rahang (sulit membuka mulut).
    2. Selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
    3. Pembengkakan biasanya berlangsung sekitar 3 hari kemudian berangsur mengempis.
    4. Kadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual). Pada pria akil balik adalanya terjadi pembengkakan buah zakar (testis) karena penyebaran melalui aliran darah.

  • Diagnosis Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis)

  • Diagnosis ditegakkan bila jelas ada gejala infeksi parotitis epidemika pada pemeirksaan fisis, termasuk keterangan adanya kontak dengan penderita penyakit gondong (Mumps atau Parotitis) 2-3 minggu sebelumnya. Selain itu adalah dengan tindakan pemeriksaan hasil laboratorium air kencing (urin) dan darah.

  • Pemeriksaan Laboratorium

  • Disamping leucopenia dengan limfosiotsis relative, didapatkan pula kenaikan kadar amylase dengan serum yang mencapai puncaknya setelah satu minggu dan kemudian menjadi normal kembali dalam dua minggu.

    Jika penderita tidak menampakkan pembengkakan kelenjar dibawah telinga, namun tanda dan gejala lainnya mengarah ke penyakit gondongan sehingga meragukan diagnosa. Dokter akan memberikan order untuk dilakukannya pemeriksaan lebih lanjut seperti serum darah. Sekurang-kurang ada 3 uji serum (serologic) untuk membuktikan spesifik mumps antibodies: Complement fixation antibodies (CF), Hemagglutination inhibitor antibodies (HI), Virus neutralizing antibodies (NT).

  • Komplikasi Akibat Penyakit Gondongan

  • Hampir semua anak yang menderita gondongan akan pulih total tanpa penyulit, tetapi kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu. Keadaan seperti ini dapat menimbulkan komplikasi, dimana virus dapat menyerang organ selain kelenjar liur. Hal tersebut mungkin terjadi terutama jika infeksi terjadi setelah masa pubertas.

    Dibawah ini komplikasi yang dapat terjadi akibat penanganan atau pengobatan yang kurang dini :
    1. Orkitis ; peradangan pada salah satu atau kedua testis. Setelah sembuh, testis yang terkena mungkin akan menciut. Jarang terjadi kerusakan testis yang permanen sehingga terjadi kemandulan.

    2. Ovoritis : peradangan pada salah satu atau kedua indung telus. Timbul nyeri perut yang ringan dan jarang menyebabkan kemandulan.

    3. Ensefalitis atau meningitis : peradangan otak atau selaput otak. Gejalanya berupa sakit kepala, kaku kuduk, mengantuk, koma atau kejang. 5-10% penderita mengalami meningitis dan kebanyakan akan sembuh total. 1 diantara 400-6.000 penderita yang mengalami enserfalitis cenderung mengalami kerusakan otak atau saraf yang permanen, seperti ketulian atau kelumpuhan otot wajah.

    4. Pankreatitis : peradangan pankreas, bisa terjadi pada akhir minggu pertama. Penderita merasakan mual dan muntah disertai nyeri perut. Gejala ini akan menghilang dalam waktu 1 minggu dan penderita akan sembuh total.

    5. Peradangan ginjal bisa menyebabkan penderita mengeluarkan air kemih yang kental dalam jumlah yang banyak

    6. Peradangan sendi bisa menyebabkan nyeri pada satu atau beberapa sendi.

  • Pengobatan Penyakit Gondongan

  • Pengobatan ditujukan untuk mengurangi keluhan (simptomatis) dan istirahat selama penderita panas dan kelenjar (parotis) membengkak. Dapat digunakan obat pereda panas dan nyeri (antipiretik dan analgesik) misalnya Parasetamol dan sejenisnya, Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena memiliki resiko terjadinya sindroma Reye (Pengaruh aspirin pada anak-anak).

    Pada penderita yang mengalami pembengkakan testis, sebaiknya penderita menjalani istirahat tirah baring ditempat tidur. Rasa nyeri dapat dikurangi dengan melakukan kompres Es pada area testis yang membengkak tersebut. Sedangkan penderita yang mengalami serangan virus apada organ pancreas (pankreatitis), dimana menimbulkan gejala mual dan muntah sebaiknya diberikan cairan melalui infus.

    Pemberian kortikosteroid selama 2-4 hari dan 20 ml convalescent gammaglobulin diperkirakan dapat mencegah terjadinya orkitis. Terhadap virus itu sendiri tidak dapat dipengaruhi oleh anti mikroba, sehingga Pengobatan hanya berorientasi untuk menghilangkan gejala sampai penderita kembali baik dengan sendirinya.

    Penyakit gondongan sebenarnya tergolong dalam "self limiting disease" (penyakit yg sembuh sendiri tanpa diobati). Penderita penyakit gondongan sebaiknya menghindarkan makanan atau minuman yang sifatnya asam supaya nyeri tidak bertambah parah, diberikan diet makanan cair dan lunak.

    Jika pada jaman dahulu penderita gondongan diberikan blau (warna biru untuk mencuci pakaian), sebenarnya itu secara klinis tidak ada hubungannya. Kemungkinan besar hanya agar anak yang terkena penyakit Gondongan ini malu jika main keluar dengan wajah belepotan blau, sehingga harapannya anak tersebut istirahat dirumah yang cukup untuk membantu proses kesembuhan.

  • Pencegahan Penyakit Gondongan (Mumps/Parotitis)

  • Pemberian vaksinasi gondongan merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak, yaitu imunisasi MMR (mumps, morbili, rubela) yang diberikan melalui injeksi pada usia 15 bulan.

    Imunisasi MMR dapat juga diberikan kepada remaja dan orang dewasa yang belum menderita Gondong. Pemberian imunisasi ini tidak menimbulkan efek apanas atau gejala lainnya. Cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar Iodium, dapat mengurangi resiko terkena serangan penyakit gondongan.

    64 Komentar:

    • infonya menarik dan ok

      Oleh Anonymous tiar, Pada 19 November 2008 17.07  

    • penyakit gondong obatnya berbentuk kaplet (obat2an) atau suntik ya? kalau penderitanya remaja.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Desember 2008 09.00  

    • Reza pernah juga tuh kena gondongen waktu SD. Selain parasetamol, ngikutin juga pengobatan tradisional, itu lho bengkaknya di oles blawu, bener nggak sih cara tsb?

      Oleh Anonymous Ani, Pada 25 Desember 2008 04.29  

    • Pemberian blau tdk membantu langsung pengobatan, hanya sugesti aja dan diharapkan anak tersebut malu untuk main keluar dan akhirnya cukup wkt istirahatnya.

      Karena pasien gondongan dapat sembuh sendiri dgn gizi dan istirahat cukup.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 25 Desember 2008 05.10  

    • anakku 7 tahun baru saja sembuh dari gondongan sekarang adiknya 2,5 tahun tertular. gejalanya panas tinggi 2 hari kemudian muncul pembengkakan di belakang telingga dan leher. tapi nggak apa apa kan katanya dokter seumur hidup cuma kena sekali..

      Oleh Blogger Mila, Pada 19 Maret 2009 10.57  

    • Terimakasih informasinya. Ternyata sembuh sendiri ya. Salam

      Oleh Anonymous Solo Life, Pada 17 April 2009 09.41  

    • anakku 5thn baru aja kena gondongan udh 6 hari sih tp kok bengkaknya ga nyusut ya? malahan kmrn pipi kanan aja tp skrg jadi dua2nya, duhhh gmn ya cara ngepesinnya? ada obat yg manjur nggak? udh ke dokter sih dikasih obat juga tp blm ada hasilnya, apa bnr gondongan bs sembuh dgn sendirinya? secara anakku nih ga bs diem jd istiraat juga kurang kan? tolong ya pembaca yg lain ksh aq masukan dong plisss..... thx

      Oleh Blogger vhiee, Pada 6 Mei 2009 08.29  

    • artikelnya bagus saya pengen copy artikelnya ya untuk blog saya tapi tetap saya tulis sumbernya, trus mau nanya juga ya kemarin anak saya perempuan umur 11bulan awalnya kena belekan/sakit mata karena mungkin ketularan karena beberapa tetangga juga kene terus sembuh,selang kira-kira 5hari anak saya kena gondongan pembengkakan di bawah dagu kanan kiri kira-kira 1minggu sembuh tapi ada pembengkakan lagi di leher kiri setelah di opname 3 hari ternyata pembengkakan itu abses yang isisnya nanah dan darah kotor selama dia sakitdia demam juga tapi alahamdulilah sekarang anaku sudaah sembuh dan nafsu makan baik lagi.ni pertanyaannya apakah anak yang suda di imunisasi BCG bisa terserang TB padahal keluarga ga ada yang sakit tb trus kmrn DSA bilang anaku gejala TB didasarkan hasil rongsen padahal anaku g batuk ato pilek, trus saya liat2 artikel di beberapa blog katanya diagnosa tb bukan cuma lewat hasil rongsen da tes tuberkulin juga,mohon pencerahannya,makasi

      Oleh Blogger banyumentah, Pada 22 Mei 2009 06.11  

    • oh gitu yaa ternyata :)

      nice blog teman's

      Oleh Anonymous tips&trick, Pada 26 Mei 2009 12.28  

    • putri saya sekarang sedang sakit gondongan padahal usianya baru 21 bln, dia tertular dari apa yah?dia aktif seperti biasa and makannya juga tetep banyak, bengkak di pipi sebelah kiri and sekarang dah mulai menyusut

      Oleh Blogger Desti Nurhayati, Pada 26 Mei 2009 13.34  

    • Saya rclavinova usia 32th menderita sakit tenggorokan udah 3hr, ciri2 lidah dan rongga mulut banyak sariawan klo neguk sakit betul, saya udah coba minum larutan cap kaki 3 sbyk 2kaleng, c 1000 sbyk 2 btl, ademsari 2 bungkus, terakhir belimbing tunjuk tp ko g berenti juga mohon penjelasanya tanks ya

      Oleh Blogger rclavinova, Pada 9 Juni 2009 04.59  

    • Terimakasih atas infonya. Anak saya umur 6,5 tahun menunjukkan gejala penyakit gondong. Dari kemarin sore dia bilang kalau mengunyah sakit di rahang sebelah kanan bawah dekat telinga. Malam hari sebelum tidur mulai terlihat pipinya bengkak dan kemerahan. Tidak lama setelah tidur dia mengigau dan mengeluh sakit. Semalaman tidurnya tidak tenang dan pagi ini bangun dengan kesakitan. Semoga anak saya cepat sembuh dan tidak menularkan adiknya. Amiin. Sekali lagi terimakasih atas informasinya.

      Oleh Blogger Nevianti, Pada 15 Juni 2009 04.49  

    • Terima kasih ya infonya. Saya perempuan 20th, dua hari yang lalu saya merasakan gejala-gejala persis seperti gejala gondongan yang tertulis disini, dans setelah googling dan blog walking, ternyata memang benar saya gondongan. Hari ini kelenjar bagian kiri yang mulai membengkak, alhasil, muka saya jadi bundaaaaar banget gara-gara rahangnya bengkak. :(
      Tapi ini akan sembuh sendiri ya? Kalau begitu saya istirahat banyak-banyak deh. Thanks banget ya infonya.

      Stefanie likes this post :thumbup:

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 14 Juli 2009 21.25  

    • Thanks bgt infonya. saya cuma mau menambahkan gejala gondongan juga bisa dibantu obat Isprinol untuk mengurangi peradangan dan menpercepat penyembuhan. diminum 3x 1 tablet. saya dpt obat ini dari Dokter Specialis. semoaga bermanfaat. gbu

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 25 Juli 2009 10.16  

    • izza 2.8 th saat in sedang gondongan (bengok dlm bhsa daerah kami : belitong). kata tetuakami-kami : awal mulai bengkak kami lakukan pengobatan dengan memberikan hal yang dingin (sperti campuran telor dengan perasan daun kembang sepatu, air asam , atau daun sirsak) cukup merepotkan dan buat izza ngambek. Apa betul yang kami tempuh..?

      Oleh Blogger Tauphik_eo, Pada 1 September 2009 15.36  

    • Istri sy baru sj terkena gondong (selasa-Kamis, 15-17 Sept09), jadi benar 3 hari kempes lagi. Namun gantian, sekarang yg kanan mli tumbuh.
      Dlm dua minggu sebelumnya, padahal kami konsumsi ikan asin (dapat kiriman dari kel di Kalimantan). Tp mungkin krn konsumsi ikan asin, yg hy ditaburi garam laut biasa, sptnya konsumsi garam dapur yg mengandung Iodium jadi terkurangi, ya..
      Membaca info diatas, mhn info terkait "kemandulan jarang ditemukan".
      Maksud dari "jarang" itu seperti apa?
      Mohon info.
      Tq

      Oleh OpenID donyirawan, Pada 18 September 2009 17.42  

    • saya sekarang sedang terkena gondong. Yg ingin saya tanyakan adlh butuh waktu berapa lama agar gondong mengempes? Karna sudah 4 hari saya menderita gondong (terhitung mulai hari minggu) . Dan apakah ada efek dari sakit gondong pada organ reproduksi bagi remaja putri seperti saya (17th) ? Krn saya dengar gondong dapat menyebabkan kemandulan bila telat pengobatannya? Terima kasih sebelumnya...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 30 September 2009 21.17  

    • terima kasih y bos ni lagi nyari bahan buat tugas tak minta dulu yah........

      Oleh Anonymous mbah gendeng, Pada 2 Oktober 2009 07.25  

    • saya saat ini sedang menderita penyakit gondong. awalnya hanya rahang blakang bagian kiri yg bengkak.
      sekarang bagian kanan mulai agak sakit. saya sudah ke dokter dan dokter katakan bahwa penyakit ini bisa berlangsung selama kurang lebih 1 minggu.
      banyak2 istirahat adaah kuncinya. jangan melakukan kegiatan2 yg berat. karna virus gondongan ini terdistribusi dalam tubuh melalui aliran darah. apabila aliran darah semakin cepat justru akan semakin mudah menyebar.
      maka dianjurkan banyak istirahat,agar aliran darah agak lambat sehingga tidak mudah menyebar.

      Oleh Blogger Magda, Pada 12 Oktober 2009 13.50  

    • Terimakasih infonya, ada beberapa bagian artikel yg kami gunakan untuk sharing informasi di blog, kami sedang meneliti pengobatan pada penyakit gondong dengan menggunakan herbal. Semoga informasi yg tersaji dapat bermanfaat bagi yg membutuhkan.

      Oleh Blogger Piet, Pada 22 November 2009 18.49  

    • saya sekarang ini sedang mengalami sakit gondongan sejak tgl 24 dec 2009 malam dan sampai hari ini tgl 27 dec 2009 rahang kanan dan kiri saya masih mengalami pembengkakan dan cukup besar menurut saya. memang saya blm ke dokter, apakah saya harus ke dokter? saat ini untuk menurunkan demamnya saya hanya minum obat sejenis parasetamol saja dan bodrex untuk sakit kepalanya, apakah itu sudah benar dan aman?
      tolong infonya ya krn saya sudah tidak tahan dgn rasa sakitnya dan terima kasih ya..
      sieny

      Oleh Blogger Sieny, Pada 27 Desember 2009 06.47  

    • Anak laki2 saya umur 2 th 10 bln, skrg terkena gondongan tertular dr mba yg ngasuh. Krn pekerjaan, sy tinggal di daerah terpencil yg tdk ada dr anak. Untuk itu saya mohon saran dan petunjuk obat apa yg terbaik untuk putra saya...
      Sementara untuk menurunkan panas as kasih panadol kid. Mohon informasinya! Terima kasih

      Oleh Blogger kiki, Pada 14 Januari 2010 08.15  

    • Untuk gondongan ini saya ada kenangan buruk, saya laki2, umur 28th ,pastinya pas lagi posting nih komen, pas lg oke2nya sakitnya (virusnya lg jago):) saya dah kena ni parotitis seminggu yang lalu,tnggal 13 januari 2010/ lha tanggal 19 dah mulai kempes yang dibelakang telinga, e lah kok tgl 20nya bengkaknya pindah ke pelirku yang sbelah kanan... selidik 2punya slidik dan cari info di internet, (cuman situs ini yang lumayan bener infonya), aku kena ORKITIS, langsung deh nelpon dr.budi Sp.Pd yang praktek di Sarjito yogya, bener emang , aku kena orkitis itu n disuruh minum ibuprofen 200mg 1x1 atau ultrafed 3x1, ,Bismilah moga2 pelirku kembali seperti semula, (lha blm berumahtangga je , dak KO) :)

      Oleh Blogger Andri Setyawan, Pada 22 Februari 2010 23.39  

    • saya metta,mau tanya lo waktu kecil dah kena gondongan pa masih da kemungkinan terkena kembali saat dewasa?? coz di artikel di tuliskan
      "Seseorang yang pernah menderita penyakit gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya."???
      masalahY saat ni saya mengalami gejala2 yg di tuliskan di artikel ni, sedangkan saya sudah pernah mengalami gondongan saat th 1996???jadi apakah mungkin yg sudah mengalami gondongan saat kecil tidak akan mengalami lagi???terima kasih sebelimnya...

      Oleh Blogger metta-ghi, Pada 26 Maret 2010 14.54  

    • Terima kasih atas informasi seputar penyakit gondongan. Saya ingin menambahkan pengalaman pribadi mudah-mudahan bermanfaat.
      Untuk mengurangi nyeri dan kaku otot pada radang (di sini khususnya penderita gondongan) lakukan terapi hangat pada bagian yang mengalami pembengkakan. Gunakan benda hangat (misalnya air panas yang dibungkus plastik/botol atau elemen pemanas elektrik yang diisolasi supaya tidak nyetrum) tempelkan pada bagian tubuh yang bengkak.
      Rasanya lebih enak dan cepet lemes ototnya.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 14 April 2010 23.31  

    • Trims informasinya, kalau melihat gejalanya, anakku yang mau 4 taun curiga terkena gondongan ya.

      Oleh Anonymous Lusi Amaliya, Pada 15 April 2010 08.00  

    • artiklennya jelas, ,
      makasi bannyaaaaaaaak
      saya udah kena 2 kali nie, tahun 2009 kemarin sama tahun 2010 ini. kok bisa ya dua kali?
      tahun kemari gondongan saya ada benjolan di leher sebelah kana dan kiri. tahun ini tempatnnya di leher juga cuman agak bergeser sedikit. gejalannya hampir sama dengan tahun kemarin panas dingin, cuman gondongan yang sekarang saya rasakan g sebegitu parah tahun lalu? ya tapi namannya gondongan pasti g enak bawaannya. untuk obatnnya yang sudah kena 2 kali gimana ya? gondongan yang ke2 ini sudah ada satu minggu dari mulai pembebgkakan di leher dan gejala panas dinginnya. saya sempet pake belwu hehehehe, sudah ada artikle ini sadar deh belawu zama bahela heheheheh

      Oleh Blogger koko, Pada 22 April 2010 17.46  

    • Lam kenal. Bokap gue tuh kena gondongan, usia bokap 53 thn. beliau terkena penyakit tersebut sudah 6 hari. efek yang badan dirasain panas, rasa nyeri teramat di bawah telinga, pendengaran menggaung, teramat sulitnya beliau tidak bisa makan. Ternyata "Gondongan" Bukan penyakit sembarangan.
      yang jadi penasaran, sebab terkena penyakit gondongan tersebut itu apa???

      Oleh Blogger Endie bin muhammad Umar, Pada 19 Juni 2010 21.51  

    • Ty utk infonya. Namun tidak ada infonya akan penyakit gondongan ini terhadap bayi yang sedang dikandung atau pada ibu hamil.
      Ty jika berkenan menjawab langsung ke email saya bsitompul@gmail.com

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 23 Juni 2010 14.08  

    • http://kesmas-unsoed.blogspot.com

      about public health

      Oleh Anonymous adnan, Pada 24 Juni 2010 21.05  

    • Terima kasih, artikelnya sangat membantu sekali buat saya. Karena putra saya saat ini sedang terkena gondongan ("kata dokter") dari hasil pemeriksaan.

      Oleh Blogger Hasan Syihabudin, Pada 24 September 2010 01.28  

    • Saya pria berumur 25 tahun dan sudah mengalami sakit gondongan waktu kecil, tapi rasanya saat ini saya mengalami gejala yang sama seperti bagian bawah telinga yang sedikit membengkak dan ngilu kalau ditekan, apa ini bisa dikategorikan terserang penyakit ini lagi? Mohon bantuannya.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 Oktober 2010 18.32  

    • anak saya umur 3 tahun,sudah 8 bulan ini terkadang tiba2 saja dia bengkak seperti gondongan dan rewel karena sakit di pagi hari, tapi sore hari biasanya sudah kempes lagi, dan itu terjadi beberapa kali, nah apakah itu juga termasuk gondongan

      terima kasih
      Bayu

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 13 Desember 2010 16.49  

    • Saya remaja berumur 14 tahun. Sekarang saya menderita gondong. Saya mau tanya, apa gondong juga bisa di kasih parutan timun?

      terima kasih,
      Vivi

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 17 April 2011 11.13  

    • terima kasih atas artikelnya..kebetulan anak saya juga kena gondong atau kata orang jawa gembolen (sama gak sih???)...
      cuma saya baca dari komentarnya bunda ani, anak saya juga dikasih blau sama mbahnya...

      fitra

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 25 April 2011 09.06  

    • anak saya pernah menderita penyakit gondongan pada saat usianya 2thn. saat ini usianya 3,8thn anak saya mengalami pembengkakan kembali di kelenjar parotis, tapi tanpa gejala demam. hanya sakit di area yg bengkak saja. apakah penyakit ini bisa terjadi lebih dari 1kali dan tanpa gejala klinis demam? mohon informasinya. trimakasih

      Oleh Blogger vera, Pada 31 Mei 2011 04.18  

    • apakah penyakit ini bisa terjadi lebih dari 1 kali dan tanpa gejala demam?

      Oleh Blogger vera, Pada 31 Mei 2011 04.21  

    • hari ini saya sptnya kena gondongan juga usia 42th, seminggu lalu anakku usia 7thn baru sembuh. apa virusnya masih ada setelah 7hr sembuh. pdhl harus antar jemput anak gimana bs istirahat total??

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Juli 2011 10.01  

    • Saya sgt terbantu skali dg artikel ini,...
      krn skr ni ank yg usia 5th sdg mengalaminy kedua pipiny bengkak dibawah telingga, sy jg sdh konsul ke dokter, tp jwban kurng memuaskan,
      Berhub dia punya kakak n adik jd sy hrs berhati2 jgn sampai menular...
      Trimksh

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 31 Juli 2011 23.48  

    • terimakasih atas info obat gondongnya, semoga bisa menyembuhkan...

      Oleh Anonymous Firdaus, Pada 7 Agustus 2011 19.03  

    • Terima kasih infonya. Soalnya adik saya baru terkena gondongan.

      Oleh Anonymous Wawan, Pada 25 Agustus 2011 12.43  

    • ass. . hari 1 ke 2 saya sakit gondong. tapi saya periksa ke dokter malah dibilang sakit typus. saya udah bilang sama dokternya kalo pipi kiri bagian bawah saya sakit terus bengkak. tapi kata dokternya pengaruh karena badan saya panas tinggi waktu itu. saya minun obat anjuran dokter selama 4 hari alhasil jantung saya berdebar sangat kencang. dan mersakan sangat sakit. tapi kata mamah suruh istigfar biar tenang. aku si ikutan aja. tapi stelah 12 jam baru jantung yg berdebar itu berhnti. sekrg hari kelima pipi kanan bagian bawah saya bengkak dan terasa sngat sakit sekali. saya merasakan sama sakitnya seperti pipi kiri saya yang sakit. sekrg saya yakin kalo saya menderita gondong. pertanyaan saya. ada kesalahan diagnosa dokter itu dapat berpengaruh buruk ga tuh buat saya? saya kan salah minun obat.

      Oleh Blogger suci sakila, Pada 26 Agustus 2011 15.18  

    • makasih infonya, anaku linggar umur 4 th saat ini terkena gondongan dah 3 hr, sempet kawatir kok ga kempes2 pdhl dah di bw ke dokter dan diminumin obat. stelah baca artikelnya agak lega jg ternyata sebenarnya bs kempes sendiri

      Oleh Blogger MANDIRI education, Pada 8 September 2011 22.35  

    • 2,5 tahun yang lalu, gw pernah kena penyakit ini, tetapi waktu kecil juga sering kena gongonga,, cuman pas 2,5 th lalu itu, gondongan paing parah, gara-garanya kerjaan numpuk,stres, imun tubuh menurun, anaknya ibu kos gw umur 5th kena gondongan,, ya tertular deuh jdnya,ditambah lagi kena types,alhasil 3 hari diopname di RS. Susah banget kalo makan,rasanya rahang makin keras dan bengkak.. Gak enak banget, mendingan minum aja... Berhubung opname,jd gk tau obat apa yg dikasih (disuntik diinfus sih)

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 9 Oktober 2011 17.42  

    • Oh God.... Bener2 ga bs ngapa2en ane!!! Pdahal hri ini ad jadwal bimbingan perdana skripsi lgi! Smga bnr pnyktny cmn sekli seumur hidup. Malu nih mau bimbingan masak mukanya kayak bola basket. Hehehe... Semoga lekas sembuh krena msh bnyk hal yg hrs diselesaikan. Amin.
      Bt yg nulis makasih infonya. Is helpfully!!!

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 10 Oktober 2011 11.00  

    • anakku 11 tahun sudah 4 hari terkena gondongan, namun setelah membaca komentar-komentar dari yang senasib dengannya, membuatnya merasa nyaman dan senyumnya terkembang kembali, terutama yang komentar tentang "malu nih mau bimbingan skripsi masak muka seperti bola basket", kebetulan mamanya dosen jadi ngertilah dia, bahwa mahasiswa aja juga ada yang kena gondongan, kalo seumur hidup sekali, jadi bersyukur anakku masih SD, kebayangkan repotnya jika sudah mahasiswa kena gondongan ...pasrah...anakku istirahat, lekas sembuh ya nak, makasih buat pengelola blog ini.

      Oleh Anonymous romo, Pada 25 Oktober 2011 06.36  

    • Lega stlh baca artikelnya,thx yaa...2 anak laki2 saya jg gondongan,pertama si kakak yg diberi masa istirahat oleh dokter 7 hari,4hr kmdn adeknya tertular.Ini kali ke-2 mrk terkena gondongan,kali pertama bengkak di leher terlihat jelas,skg bengkaknya tdk terlalu besar.Garam yg kami konsumsi sdh mengandung iodium tp mrk tetap terkena gondongan,makanan apa saja yg mengandung zat iodium,benarkah mengunyah permen karet dpt membantu proses penyembuhan

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 Desember 2011 01.25  

    • makasih banyak artikelnya sgt bermanfaat,anakqu jg sprtinya skrg kena gondongan coz dr kmren pas disuapin suka bilang sakit sambil pegang pipinya,makannya jd terganggu dan sebelumnya mmg demam dan td pagi paslihat rahang bawah qo spt ada benjolan mdh2an memang smbuh dg sendirinya.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 Desember 2011 13.42  

    • Gondongan Niy... !! Riweuh! Anak2 liburan,ibunya gondongan :((
      Tapi bengkaknya kok yg kiri di bwh telinga, yg kanan di bawah dagu. Tp sakitnya teuteup... :(
      Ada yg kasih resep pake pucuk daun blimbing wuluh. Coba ah.. kebetulan dpn rmh ada.

      Oleh Blogger nurvita, Pada 2 Januari 2012 09.04  

    • anak saya 5th, bbrp hari ini ribut sakit dibawah telinga kanan. ternyata bengkak. mrt dr. anak kena mumps (kelenjar parotis bengkak). dikasih antiviral isoprinosine,kenacort,nonflamin dan erytromycin sbg antibiotiknya. penyakit ini harus segera ditangani dg baik sblm terjadi kompikasi atau infeksi sekunder yang menyerang bagian lain khususnya saraf, telinga dan testis.

      Oleh Blogger Liana, Pada 2 Januari 2012 23.04  

    • saya berumur 34thn,sekarang lagi kena gondongan kayanya neh...sudah berobat ke DOkter tapi pipi saya malah semakin besar saja,sebelumnya anak saya yg kena gondongan sekitar 2minggu yg lalu..Ternyata orang dewasa juga bisa tertular dari anak anak...

      Oleh Blogger braya, Pada 15 Januari 2012 13.52  

    • sebelum terdiagnosa gondongan, sore hari anak saya mendadak demam tinggi, dan pas jam 23.30 anaku mengalami step padahal sudah saya kasih parasetamol, istri saya panik, alhmdulillah masih sempat dapat tindakan medis,setelah 1 hari dirawat baru kelihatan ada pembengkakan di pipi, dan diagnosa gondongan, 3 hari panas diatas 38,5 ini sudah hari ke-4 panasnya sudah turun, tapi bengkaknya belum kempes juga.

      Oleh Blogger Agus, Pada 16 Januari 2012 01.06  

    • sdh 3 hr kena gondongan n berobat tapi bengkan n rasa sakitnya msh terasa bgt. leher terasa kaku,buat nengok,nunduk sakit eeuuuyyy.....
      berobat cuma di kasih vuta,antibiotik n obat demam yg diminum kalo demam ajah. kalo ga demam kaya skrg aku paling cuma minum vit n antibiotiknya ajah...emang begetu tok yg obat yg diminum kalo gondongan??

      kebetulan aku bengkaknya dr dagu kiri sampai ke leher n tengkuk kiri n di deket tulang bahu ada semacam bulatan kecil d dlm,kata dokter itu pembiasan dr gondongannya,apakah emang begitu yach??
      ada ga sih obat yg bisa buat ngempesin bengkak n ngurangi sakit krn gondongan selain antibiotik spt yg dokter resepkan ke aku??
      bete bgt...krn gondongan ini jadi kepala belakang rasanya seperti kesemutan n kepala kiri atas jadi migrain. bener2 ga nyaman bgt buat beraktifitas sehari2 apalagi aku seorang ibu rumah tangga yg menghandle pekerjaan rumah sendiri semua n anak juga...huuffttt

      tlng info nya yach...maksiiihhhh

      Oleh Blogger wiwiek, Pada 1 Februari 2012 10.15  

    • tetei aja propolis dibawah lidah 4-6 tetes insya Allah sembuh

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Februari 2012 15.09  

    • saya terkena gondongan udah 4hari tapi kok masih tetep bengkak juga, sayakan ibu rumahtangga harus beraktifitas nganterin ank sekolah kepasar kayaknya malu klo pipinya bengkak.gimana ada obatnya g buat ngurangin bengkak?

      Oleh Blogger yeyen, Pada 2 Maret 2012 06.49  

    • terimakasih infonya yang sangat berguna, saya sudah umur 35 th masih terkena , setelah anak saya umur 5 th terkena terlebih dahulu dan kini sudah sembuh.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 27 Maret 2012 09.18  

    • terima kasih informsinya karna hari ini adalah hari ke-4 anak sy yg berumur 4 th terkena gondongan, dia keliatannya tertular oleh temannya yg lebih dulu sakit sekitar 2 minggu yg lalu dan d hr ke 4 ini kedua rahang pipinya bengkak tp sebelumnya d hari pertama dia mengeluh sakit menelan dan besoknya dia langsung sy bwa k puskesmas karena sy melihat rahang pipinya bengkak sebelah kiri, mudah2an Allah SWT segra memberikan kesembuhan pada anak sy dan tdk menular k anggota keluarga maupun lingkungannya Amien YRA..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 29 Maret 2012 11.55  

    • Terima kasih atas infonya, sy umur 32 th sdh 2 hr terkena penyakit gondongan. semua badan pada meriang nyeri pd otot, sepat jg pake obat kampung eh jd malu baca postingan sebelum nya....
      mudah2an besok sembuh, dan tidak menular pd anak & istriku... amin.

      Oleh Blogger reiyanto net, Pada 11 Mei 2012 08.37  

    • Terima kasih banyak atas postingnya, iya saya juga mengalami gondongan sampe pada meriang dan tidak nafsu makan bahkan pembengkakan pada kelenjar, ya do'akan biar cepat kempes dan sembuh, namun sekarang sudah kempes dan minum obat dari dokter juga

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Mei 2012 11.01  

    • Saya udah sminggu kena gondongan...umur saya 23th...demam saya blom jg turun2..kepala smakin sakit..tiap mlm gak bs tdr gara2 badan panas n nyeri dibawah telinga...obat dari dokter udah habis skrg saya lanjutin yg tradisional saja,, propolis n habatussauda.. Trs ovum ku emg nyeri lho,, apa iya bs bkin mandul? Soalnya dokterku bilg bkin mndul :'(

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 21 Mei 2012 09.37  

    • Diolesin blao bagian yg bengkak, biar adem.

      Oleh Blogger jemy wicaksono, Pada 22 Mei 2012 02.09  

    • hendy@ assalamualaikum .W.B.
      Saya tanya kepada sodara" yang sudah berpengalaman tentang penyakit gondongan... apa bila sudah menyerang bagian vital ( buah Zakar ),
      apakah berbahaya???
      dan adakah obat untuk mengobatinya???

      Terima kasih

      Oleh Blogger hendy, Pada 23 Mei 2012 16.42  

    • tgl 21mei 2012 anak saya umur 5.5th terserang gondong, pengobatannya cuma dikasih panadol kid buat turunkan demam terus bagian gondonggnya dioles minyak zaitun. alhamdulilah cuma 2 hari gondongnya kempes. info ini semoga bermanfaat

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 23 Mei 2012 17.49  

    • sakit gondong bisa dua kali ya........

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 Juni 2012 17.06  

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]



    << Beranda