<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6128622652732034671\x26blogName\x3dPenyakit+dan+Pengobatannya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\x26vt\x3d5488503446235692587', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Kanker Paru-paru

Penyakit Kanker Paru-paru tergolong dalam penyakit kanker yang mematikan, baik bagi pria maupun wanita. Dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya, seperti kanker prostat, kanker usus, dan kanker payudara, penyakit kanker paru-paru dewasa ini cenderung lebih cepat meningkat perkembangannya.

Penyakit kanker paru-paru adalah sebuah bentuk perkembangan sell yang sangat cepat (abnormal) didalam jaringan paru yang disebabkan oleh perubahan bentuk jaringan sell atau ekspansi dari sell itu sendiri. Jika dibiarkan pertumbuhan yang abnormal ini dapat menyebar ke organ lain, baik yang dekat dengan paru maupun yang jauh misalnya tulang, hati, atau otak.

Penyakit kanker paru-paru lebih banyak disebabkan oleh merokok (87%), sedangkan sisanya disebabkan oleh zat asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru, meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok.

  • Klasifikasi Penyakit Kanker Paru-Paru

  • Ada pengklasifikasian dari penyakit kanker paru-paru, Ini dilihat dari tingkat penyebarannya baik dijaringan paru itu sendiri maupun terhadap organ tubuh lainnya. Namun pada dasarnya penyakit kanker paru-paru terbagi dalam dua kriteria berdasarkan level penyebarannya:
    1. Kanker paru-paru primer
      Memiliki 2 type utama, yaitu Small cell lung cancer (SCLC) dan Non-small cell lung cancer (NSCLC). SCLC adalah jenis sell yang kecil-kecil (banyak) dimana memiliki daya pertumbuhan yang sangat cepat hingga membesar. Biasanya disebut "oat cell carcinomas" (karsinoma sel gandum). Type ini sangat erat kaitannya dengan perokok, Penanganan cukup berespon baik melalui tindakan chemotherapy and radiation therapy.

      Sedangkan NSCLC adalah merupakan pertumbuhan sell tunggal, tetapi seringkali menyerang lebih dari satu daerah di paru-paru. Misalnya Adenoma, Hamartoma kondromatous dan Sarkoma.

    2. Kanker paru sekunder
      Merupakan penyakit kanker paru yang timbul sebagai dampak penyebaran kanker dari bagian organ tubuh lainnya, yang paling sering adalah kanker payudara dan kanker usus (perut). Kanker menyebar melalui darah, sistem limpa atau karena kedekatan organ.


  • Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Paru-paru

  • Tanda dan gejala kanker paru ini hanya akan muncul saat perkembangan abnormal sell ini semakin parah kearah stadium yang lebih lanjut, dan ini memerlukan waktu bertahun-tahun sejak awal perkembangannya. Bahkan ada kemungkinan tidak menampakkan adanya tanda dan gejala khusus, melainkan hanya tampak jika dilakukan X-ray. Namun jika beberapa tanda dan gejala dibawah ini apabila dirasakan, sebaiknya segeralah periksa ke dokter :
    1. Batuk-batuk yang lama pada orang merokok
    2. Kesulitan bernafas (nafas pendek)
    3. Batuk mengeluarkan darah (meskipun jumlah sedikit)
    4. Sering mengalami infeksi paru (pneumonia atau bronchitis)
    5. Adanya nyeri dada, bahu dan bagian punggung
    6. Suara yang berubah dari biasanya
    7. Batuk lebih dari 2 minggu pada orang yang tidak merokok
    8. Lainnya seperti susah menelan, leher dan wajah tampak membengkak, nafsu makan berkurang, hilangnya berat badan, cepat lelah atau lemah.

  • Penyebab Penyakit Kanker Paru-paru

  • Penyebab terbesar adalah merokok, Sedangkan lainnya adalah disebabkan adanya kontaminasi udara sekitar oleh zat asbes, polusi udara oleh asap kendaraan ataupun pembakaran termasuk asap rokok. Ada beberapa kasus penyakit yang memicu terjadinya penyakit kanker paru-paru ini, yaitu penyakit TBC dan Pneumonia. Kedua penyakit ini dapat menimbulkan perlukaan pada jaringan sell organ paru sehingga mensupport terjadinya pertumbuhan sell abnormal didalam rongga tersebut. Biasanya kanker paru yang berkembang dari kasus ini adalah jenis adenocarcinoma (adenoma).

  • Penanganan dan Treatment Penyakit Kanker Paru

  • Penanganan dan treatment atau pengobatan yang dilakukan pada orang yang terdiagnosa mengalami penyakit kanker paru akan tergantung dari tingkat stadiumnya, kemungkinan dilakukannya operasi, serta kondisi umum si Penderita. Hal ini tidak terlepas dari riwayat serta penyebab dari adanya kanker paru tersebut tentunya.

    Beberapa langkah yang biasa dilakukan adalah:
    • Tindakan operasi pembedahan mengangkat sell kanker
    • Tindakan Therapy Radiasi
    • Tindakan Therapy Kemotherapy
    • Tindakan penyuntikan {Photodynamic (PTD)}
    Pemberian Nutrisi dan supplement dapat mengurang gejala yang disebabkan oleh kanker paru. Vitamin D dan Fe sangat baik untuk diberikan oleh penderita penyakit kanker paru, Begitu pula dengan makanan antioxidant seperti blueberri, cherri, dan buah tomat. Sumber : Lung Cancer Disease.

    41 Komentar:

    • Hii... takuut... gak berani baca...

      *perokok berat sih*

      Oleh Blogger I Ketut Riasmaja, Pada 8 Agustus 2008 21.38  

    • EMANG PENYAKIT GANAS YA...

      Oleh Anonymous bike bali, Pada 5 November 2008 17.57  

    • duh gimana ya,,
      kok ciri-cirinya sama kaya yang saya alami???
      masalahnya 6 tahun yang lalu mama saya menderita kanker paru-paru,stadium akhir dan akhirnya meningal dunia..
      saya cuma ingin tanya apakah kanker itu MENULAR,atau karna faktor keturunan... tolong kasih jawaban untuk saya,,,
      terima kasih

      Oleh Blogger erin indriany, Pada 10 Februari 2009 19.54  

    • Tlg bantu kakek saya... Uda nybar sampe k otak kankerna.. Saya sayank bgt ma kakek...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 Juni 2009 22.55  

    • apakah kanker menular?

      Oleh Blogger Penaggulangan Penyakit, Pada 18 Juni 2009 23.53  

    • Mama sy kena kanker paru tanpa ada gejala2 apapun yang disebut diatas,dirumah jg ga ad yang merokok,tiba2 sakit &langsung dibilang stadium 4, skrg msh kemo&radiotherapy, doakan bs sembuh..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Agustus 2009 21.33  

    • skarang ibu sy terkena kanker paru sudah stadium IIIB, saya bingung harus bagaimana??
      Dr bilang hrus chemo,, tp biaya tdk memungkinkan... Bagaimana ya solusi terbaik.?? Terimkasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 Agustus 2009 00.59  

    • apa kanker paru itu g bisa disembuhkan y ??
      2th lalu aku didiagnosa kanker paru oleh dokter n umurku max cm 3th lagi. .
      appa yg harust kulakukan ?? aku takut . . help

      Oleh Anonymous dvy, Pada 23 September 2009 18.40  

    • klo perokok pasif tu bisa kena pnyakit kanker g c???? n knapa?

      Oleh Blogger teka teki_teka teko, Pada 6 Oktober 2009 16.36  

    • giamana yach dok buat ngilangin kebiasaan ngerokok saya

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Oktober 2009 22.54  

    • ak bingung banget , cowok ak pny penykit kanker paru-paru. Tapi keluarga dy gag tau . Yang taw cma ak m dy aj. Mau ngobati tapi gag daa uang secara kit masih sekolah

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 Desember 2009 08.53  

    • Insya Alloh.... semua penyakit bisa di sembuhkan kecuali kematian...
      untuk kanker paru...bisa di terapi dengan bekam, jintan hitam, dan madu..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 29 Januari 2010 08.08  

    • Kalau paru-paru sudah kena kanker, biasanya tindakan pembedahan paru-paru perlu dilakukan. Disitus bawah ini adalah kisah seorang dokter dari Indonesia yang melakukan bedah paru-paru dengan bius lokal.

      BEDAH TORAKS DENGAN ANESTESI LOKAL


      SEORANG DOKTER DARI KOTA MALANG DAN TEAMNYA SEJAK TAHUN 1962 TELAH MELAKUKAN BEDAH TORAKS HINGGA SEBANYAK 215 KALI DENGAN ANESTESI LOKAL (SANG PASIEN TETAP DALAM KEADAAN SADAR, BAHKAN MASIH BISA TERTAWA).

      SILAHKAN SIMAK ARTIKELNYA BESERTA FOTO-FOTO PROSES PEMBEDAHANNYA DI SITUS :

      http://iwandahnial.wordpress.com/2010/01/31/thoracotomy-under-local-anaesthesia/

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 Februari 2010 06.26  

    • Transfer Factor dapat membantu penyembuhan penyakit ini.

      Oleh Anonymous alfred purba, Pada 3 Februari 2010 19.05  

    • saya sering sesak nafas, batuk berkepanjangan, kalo batuk saya sampai muntah-muntah. Kalo jalan atau lari langsung ngos-ngosan padahal jarak dekat. apa itu gejala kanker paru-paru????? (Ayu)

      Oleh Anonymous Dessy Ayu, Pada 18 Maret 2010 20.10  

    • ibu saya 1 tahun yg lalu meninggal krn kanker paru.kondisiny baik dan fit sblm dikemo tp melemah justru stlh kemo sls sampai akhirnya ibu meninggal

      Oleh Blogger rahayu, Pada 30 Maret 2010 12.56  

    • batuk saya brkpanjangan..kalo saya lari pasti ngosngosan...bgaimna cara pngbtannya??

      Oleh Anonymous tata, Pada 13 Juni 2010 18.34  

    • serem jg dengernya,,,
      aq mw tnya apa kalo ad cairan di paru2 gt ud dipastikan org itu terkena kanker paru2 yah???
      bs disembuhkan kah????

      Oleh Blogger silvia lane, Pada 21 Agustus 2010 10.29  

    • Hemmmm aku jadi takut banget ngedegrnya aj dah seremmm...
      ,,tapi kalo kanker paru paru ntuh bisa sembuh kant????
      ya allahhh takuut....

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 6 Januari 2011 13.18  

    • berapa lama ya orang yang terkena penyakit kanker paru ini bisa bertahan hidup ?

      Oleh Blogger Anii_acik, Pada 9 Januari 2011 12.59  

    • mama saya satu taunan ini d diagnosis terkena kanker paru-paru .
      berat badannya tiap hari semakin menyusut,
      tiap malam slalu batuk2 & muntah2,

      jika d terapi stiap hari mungkinkah bisa smbuh mama saya ???


      i love u mom

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Februari 2011 09.09  

    • kalo sering pusing , mual terus kalo berdiri itu sering jatuh kaya org pingsan tapi cuman sebentar . .

      itu namanya penyakit apa ya , soalnya dulu saya pernah pnya pnyakit paru paru

      Oleh Blogger my data, Pada 30 April 2011 15.20  

    • kira-kira pengobatan buat kanker paru yang bagus yang seperti apa y? dan pengobatan yang bagus dmn y?

      Oleh Anonymous dean nieckolas, Pada 17 Mei 2011 01.34  

    • untuk pengobatan kanker paru yang paling bagus seperti ap y?? dan sebaiknya berobat dimana y?

      Oleh Anonymous dean nieckolas, Pada 17 Mei 2011 01.35  

    • mdah lelah
      kloo kbnyakan mkanan gorengan,minum minuman yg ada sitrun nya
      contohx minuman serbuk yg sachetan gtloch.........
      lngsung sesak&lama-kelma'an jd dahak.
      klo mncium bau bauan yg mnyngat lngsung sesak.
      pnykit pha tuch yach.........
      pha tuch asma kali each......
      tp mngkin da hubnganx ma paru2 kle yach......

      Oleh Anonymous ari, Pada 8 Juni 2011 21.33  

    • @silvia lane : Kalo paru2 ada cairannya.. namanya pneumonia. Biasanya bisa sembuh dengan pemberian antibiotik kok

      Btw, aku takut sama masalah yg satu ini, abis bolak balik paru2ku kena pneumonia + bronkitis.. Tapi tetep +thinking \(^.^)/

      Oleh Blogger Aisyah, Pada 12 Juni 2011 00.21  

    • eem...saya takut karena ciri"nya sama dgan yg sya almi ckrang. n kakek dan adek sya mninggal karena sakit paru" dn ibu sya juga pi divonis udah sembuh. pi ibu pernah bilang kalu sya juga pnya kmungkinan terkena skit paru"..smnjak kuliah sesak nafas saya sering parah. pa lgi law dah malm d jg lw btuk sembuhnya bisas lama n sgat cepat kcape"an pdhal dulu enggak...
      sya tkut..ap yg hrus y lukan
      mhon bntuaannya...

      Oleh Blogger asaroh qirandi, Pada 11 Juli 2011 16.21  

    • 1.Ada kemungkinan gak kalau anak umur 13 tahun terkena kanker paru-paru ?.
      2.Kalau gejala yg dialami adalah nafas pendek dan tidak bisa tidur , karena kalau tiduran dada nya sakit , apakah itu dapat disebut kanker paru-paru?,kalau tidak , penyakit apakah itu ?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 5 Agustus 2011 02.46  

    • hiks..hiks..
      mamaku sdg dalam perawatan di RS, cairan yg nutup paru²nya sdg di sedot. cairan itu berwarna merah.. apakah itu di sebur kanker paru²??? T__T
      krn hasil lab blm ada kabarnya.. :((

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 14 Agustus 2011 12.10  

    • mungkin saya bisa bantu, dengan pengobatan hipnotherapi,untuk lebih jelasnya hub. no saya di 085742023572,buka praktek di jogja,, optimis sembuh...!!!!

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Agustus 2011 12.00  

    • saya perokok dan punya riwayat brochitis waktu umur 10 tahunan, saat ini saya sering mengalami nyeri di bagian punggung kanan, apakah ini juga termasuk gejalanya..??
      Hanya nyeri yang saya rasakan, nafas saya normal dan tidak batuk...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Agustus 2011 22.12  

    • dok. y nich bp saya juga penderita penyakit paru" udh lm dn sering klw batuk terkdang kluar darah dn kemaren batuk tp drh ny berwarna silfer bukan merah itu knp y dok,tlong ksih jwaban

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 9 Oktober 2011 11.07  

    • ibu saya di diagnosa dokter menderita tumor paru, kalo masih tumor selain dengan pmbedahan, dengan apalagi ya pengobatannya?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 1 November 2011 12.31  

    • orang yg saya sayangi di vonis kanker paru, sedih.. tp semua ada hikmahnya.. Kehendak Tuhan yang jd say...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 7 Desember 2011 11.14  

    • Bagaimanakah peluang hidup penderita adenocarsinoma? Apakah dengan mengkonsumsi Tarceva dapat menyembuhkan?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 10 Januari 2012 02.43  

    • hiks hiks hiks...
      sebulan ini mamaku batuk2 trus, sesak nafas, nfsu makan berkurang. kata dokter kanker payudaranya yg sdh dioperasi skrg metastase ke paru2... aQ sangat bingung mesti gamana soalnya kata dokter mesti dikemo tp kondisi fisik mamaku tidak memungkinkan. Ya Allah Lindungilah mamaku tercinta! yg punya solusi tlg hub. saya di 085242649101

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 15 Februari 2012 00.00  

    • Ayah saya dulu menderita Kanker Paru, maklum perokok berat, hanya dalam tempo 6 bulan, ayah saya meninggal dunia... Ibu saya menderita Kanker payudara, bisa bertahan hidup selama 14 tahun, kemudian tepatnya 2010, kanker payudara ibu ber metastase ke Paru, hanya tempo 2 tahun ibu pun meninggal dunia ( February 2012), total ibu ku berjuang melawan kanker 16 tahun, pembunuh utama nya adalah Kanker Paru hiks...hiks...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 21 Februari 2012 16.24  

    • Minum daun sirsak secara teratur... Cari di google banyak artikel membahas daun sirsak ini,salah satu pengobatan murah yg disembunyikan oleh produsen obat besar. Insya Allah sembuh..Amieenn

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Maret 2012 04.14  

    • Klw baca artikel ini aku sedih banget.ingt bunda yg tlh tiada krn penyakit ini....gejala awal penyakit ini tidk terdetek..bahkan hampir 4 rmh sakit salah diagnosa trhdp bunda.hngga dirujuk kebandung...selama hampir 3 bln bunda bertahan....damai disidi Nya bunda tercinta....

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Maret 2012 10.18  

    • Kanker paru2 ini...
      Yang perlu dilakukan oleh penderita atau keluarganya adalah memastikan asupan yang bergizi dan terkontrol. Pola hidup sehat akan memperpanjang usia penderita. Jauhi wicin, pemanis buatan, garam atau gula berlebih, perbanyak konsumsi buah dan sayur.. Jus buah atau sayur disarankan tiap hari 2-3x.
      Hindari stress.. Mendekatlah dengan Alam... Ikhlaslah pada Tuhan / Dewa / Budha sesuai dengan kepercayaan masing2... Maknai hidup ini... Pencarian jati diri tidak pernah berhenti... Bukalah hati ini dan jujur pada diri sendiri, menerima kondisi apa adanya... walau mungkin sakit dan tidak mudah...
      Meditasi, yoga, atau qigong seperti Tai Chi dan Falun Gong sangat baik buat semua orang, apalagi untuk penderita.
      Apakah kesembuhan itu ada....? Jika anda bisa mempercayai dengan setulus hati bahwa kebaikan dibalas dengan kebaikan, keberadaan Tuhan / Pelindung, atau Alam Semesta ini mempunyai jiwa dan bentuknya, .... bisa jadi mujizat itu masih ada...

      Teruslah percaya... believe your self... don't stop.. Jadilah cahaya bagi orang lain di sekitarmu... cahaya bagi dirimu sendiri juga.. yang menghangatkan setiap insan...
      The meaning of life...

      Oleh Blogger Santoso, Pada 19 April 2012 23.04  

    • untuk perokok mulai dari sekarang harus berpikir sebab dalam kandungan rokok ada zat yg membuat penyakit,salah satunya kanker paru..

      Oleh Blogger kang endang, Pada 6 Mei 2012 11.07  

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]



    << Beranda