<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6128622652732034671\x26blogName\x3dPenyakit+dan+Pengobatannya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\x26vt\x3d5488503446235692587', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Darah Rendah (Hipotensi)

Penyakit darah rendah atau Hipotensi (Hypotension) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (Penyakit darah tinggi) bahwa nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG.

Namun demikian, beberapa orang mungkin memiliki nilai tekanan darah (tensi) berkisar 110/90 mmHg atau bahkan 100/80 mmHg akan tetapi mereka tidak/belum atau jarang menampakkan beberapa keluhan berarti, sehingga hal itu dirasakan biasa saja dalam aktivitas kesehariannya. Apabila kondisi itu terus berlanjut, didukung dengan beberapa faktor yang memungkinkan memicu menurunnya tekanan darah yang signifikan seperti keringat dan berkemih banyak namun kurang minum, kurang tidur atau kurang istirahat (lelah dengan aktivitas berlebihan) serta haid dengan perdarahan berlebihan (abnormal) maka tekanan darah akan mencapai ambang rendah (hipotensi) 90/60 mmHg.

  • Tanda dan Gejala Tekanan Darah Rendah

  • Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah umumnya akan mengeluhkan keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadang dirasakan kurang jelas (kunang-kunang) terutama sehabis duduk lama lalu berjalan, keringat dingin, merasa cepat lelah tak bertenaga, bahkan mengalami pingsan yang berulang.

    Pada pemeriksaan secara umum detak/denyut nadi teraba lemah, penderita tampak pucat, hal ini disebabkan suplai darah yang tidak maksimum keseluruh jaringan tubuh.

  • Penyebab Penyakit Darah Rendah

  • Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa terjadinya penurunan tensi darah, hal ini dapat dikategorikan sebagai berikut:

    - Kurangnya pemompaan darah dari jantung. Semakin banyak darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung), semakin tinggi tekanan darah. Seseorang yang memiliki kelainan/penyakit jantung yang mengakibatkan irama jantung abnormal, kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, penyakit katup jantung maka berdampak pada berkurangnya pemompaan darah (curah jantung) keseluruh organ tubuh.

    - Volume (jumlah) darah berkurang. Hal ini dapat disebabkan oleh perdarahan yang hebat (luka sobek,haid berlebihan/abnormal), diare yang tak cepat teratasi, keringat berlebihan, buang air kecil atau berkemih berlebihan.

    - Kapasitas pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah (dilatasi) menyebabkan menurunnya tekanan darah, hal ini biasanya sebagai dampak dari syok septik, pemaparan oleh panas, diare, obat-obat vasodilator (nitrat, penghambat kalsium, penghambat ACE).


  • Penanganan dan Pengobatan Darah Rendah

  • Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi tekanan darah renda (hipotensi), diantaranya :

    - Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat

    - Mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam

    - Berolah raga teratur seperti berjalan pagi selama 30 menit, minimal 3x seminggu dapat membantu mengurangi timbulnya gejala

    - Pada wanita dianjurkan untuk mengenakan stocking yang elastis

    - Pemberian obat-obatan (meningkatkan darah) hanya dilakukan apabila gejala hipotensi yang dirasakan benar-benar mengganggu aktivitas keseharian, selain itu dokter hanya akan memberikan vitamin (suport/placebo) serta beberapa saran yang dapat dilakukan bagi penderita.

    Mengenai image masyarakat yang sebagian besar berpikir bahwa dengan mengkonsumsi daging kambing bagi penderita hipotensi dapat meningkatkan tensi darah sebenarnya belum jelas, Namun dibenarkan kalau hal itu akan meningkatkan kandungan haemoglobin (Hb) dalam darah. Sekali lagi harus dipahami bahwa tekanan darah rendah artinya suplai darah tidak maksimal keseluruh bagian tubuh. Haemoglobin (Hb) rendah adalah berarti bahwa kandungan Hb sebagai zat pengikat oxygen dalam darah memiliki kadar rendah yang akibatnya penderita bisa pucat (anemia), pusing (oxygen yang di angkut/suplai darah ke otak kurang), merasa cepat lelah dan sebagainya.

    Dalam kasus Hipotensi yang benar-benar diperlukan pemberian obat, biasanya ada beberapa jenis obat yang biasa dipakai seperti fludrocortisone, midodrine, pyridostigmine, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), caffeine dan erythropoietin.

    50 Komentar:

    • Hallo mbak/bu khomsah..
      artikel yang bagus dan sangat bermanfaat yang membuka pikiranku.thx

      Oleh Anonymous buher, Pada 28 Agustus 2008 07.24  

    • saya mau nanya.. saya sendiri juga mengidap hipotenis. yang saya mo tanyakan .. tiap kali tekanan darah saya turun (down), sering muncul flek darah di badan saya seperti memar. jadi apa penyebab ? benerkah krn tekanan darah turun ? mohon penjelasan .. terima kasih

      Oleh Blogger Rinda, Pada 5 Desember 2008 23.54  

    • Buat Rinda :
      Adanya Flek darah di jaringan kulit kemungkinan besar terjadi dilatasi/pelebaran pembuluh darah atau kerusakan sel darah, sehingga darah merembas keluar dan masuk ke jaringan kulit. Hal demikian yang bisa menyebabkan darah rendah, bukan sebaliknya.

      Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan sel darah untuk mengetahui penyebabnya.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 7 Desember 2008 13.09  

    • Halo mbak/bu...
      umur saya 26th. sudah sejak smp saya mengalami darah rendah yang selalu disertai dengan vertigo. sering sekali tekanan darah saya 90/60.saya sering migrain, dan karena seringnya, saya hanya mengandalkan istirahat dan suplemen untuk recovery. namun beberapa bulan terakhir sejak saya tinggal di jakarta,3 bulanan-sebelumnya saya tinggal di jogja, saya jadi lebih saring terkena migrain.kebetulan sejak 3 hari yang lalu kondisi saya menurun ditambah sakit kepala yang tak tertahankan. seperti diikat kencang seklai sehingga untuk berdiri dan membuka mata saja sangat sulit. untuk tiduran posisi kepala menyandar dibantal pu sangat tidak nyaman. waktu saya cek,hari ke 2 sakit, tekanan darah saya 70/45, tetapi sakit kepala saya sudah agak mendingan.makanan dan suplemen apa yang bisa saya konsumsi bila saya dalam keadaan seperti itu lagi ya? memang sudah agak lama saya tdak mengonsumsi daging, apakah hal tersebut berkaitan? yang terakhir, dikabarkan bahwa penderita darah rendah diajurkan untuk mengonsumsi makanan yang berkadar garam tinggi, tapi saya agak bingung dengan definisi makanan bergaram tinggi tersebut. apakah itu berarti makanan kalengan dan snack?

      terimaksih banyak sebelumnya,
      Anis

      Oleh Blogger niswatul, Pada 18 Januari 2009 15.22  

    • terima kasih atas, artikelnya tentang darah rendah, saya sendiri juga mengidap hypotensi sejak muda, usia saya sekarang 55 th, yg jadi pertanyaan saya sekarang juga mempuyai kadar trigliseride yg lumayan tinggi(pernah sampai 550)setiap kali diksaih obat (livitor) kadar TG turun, tetapi setelah itu naik lagi,informasi sy suka jalan pagi rutin tiap hari selama 1 jam yah kira2 sejauh 5 km, trus bagaimana lagi caranya agar sy bisa menjaga TG tdk terus naik. terima kasih atas budi baiknya semoga Allah membalas amalan ibu/mbak, salam.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 23 Januari 2009 10.30  

    • salam,
      harap soalan saya dibalas segera.
      epal hijau baik utk tekanan darah rendah x?
      sbb saya kurg pasti ttg statement mengatakan low blood presure elok mkn epal hijau..
      segera bls ye..

      Oleh Anonymous kinabell, Pada 26 Januari 2009 14.06  

    • Apakah yang Anda maksud adalah manfaat Apel hijau? Silakan klik disini untuk lebih jelasnya :
      Manfaat Apel Hijau

      Oleh Blogger khomsah, Pada 27 Januari 2009 01.54  

    • selamat sore..

      saya ingin brtanya mengapa saat tekanan darah rendah saya kumat seringkali mata kanan sakit dan pusing yang luar biasa?dan apa saja yang diperlukan untuk meningkatkn darah rndah?terima kasih

      Oleh Blogger blogger, Pada 25 Maret 2009 16.06  

    • selamat pagi...
      nama saya putri, usia 23 tahun...
      ..
      saya ingin menanyakan..
      dulu sekitar 5 tahun yang lalu saat masih SMU saya sering mengalami migrain..ini berlangsung selama 3 tahun.. kemudian hilang begitu saja..
      ...dan 1 tahun belakangan, saya sering mengalami pusing akibat darah rendah,.namun, kadang dalam sekejap hilang dan saya bisa kembali beraktivitas.
      tapi, jika aktivitas saya terlampau berat..saya sangat butuh waktu lama untuk bisa kembali fit..
      saya pernah mengkonsumsi penambah darah, dan hasilnya saya benar2 fit pada hari itu, namun, jika saya tidak mengkonsumsinya tubuh saya akan benar2 drop, apa ini tidak berbahaya?? yang saya khawatirkan, saya kecanduan suplemen itu...
      ..
      dan yang ingin saya tanyakan, apakah tekanan darah rendah ini merupakan ciri dari penyakit yang lebih akut??seperti leukimia atau kanker otak??
      ...terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Mei 2009 10.04  

    • Met pagi, saya adhie 23 tahun,
      Saya masih kuliah, sebagai mahasiswa saya sering begadang dikarenakan kebiasaan aktifitas kampus yang dulu padat diawal2 masuk, walaupun sekarang sudah gak terlalu sibuk seperti dulu, tapi kebiasaan begadang itu malah makin menjadi2.
      Yang ingin saya tanyakan, adakah hubungan antar seringnya begadang dengan timbulnya penyakit darah rendah? Karena akhir2 ini saya kadang merasa pusing tanpa sebab maksudnya tanpa kegiatan berat kadang2 pusing itu datang, trus berkunang2 kalo duduk lama kemudian berdiri atau berjalan.
      Terima kasih.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 Juni 2009 06.46  

    • met pagie, saya wita 15 tahun,
      saya masih duduk d'bangku SMA kelas2..saya mau tanya,kenapa setiap saya minum kopi,atau susu coklat pasti efekmya menimbulkan pusing?
      dan setiap celajar kelamaan pasti suka pusing?
      padahal,,aku ingin banget bisa terus berprestasi..
      dan kenapa akhir2 ini cepat lelah?
      apa itu gejala darah rendah?
      Terima kasih.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Juli 2009 09.57  

    • saya putri, 17 tahun
      saya mengalami hipotensi.tek. darahnya 90/60.
      sering kali darah haid saya keluar banyak, kadang juga sedikit. apa ada hubungannya dengan hipotensi??.
      bagaimana mengatasinya???>

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 17 Agustus 2009 14.55  

    • Makasih atas artikelnya...
      Saya juga kayaknya memiliki tekanan darah rendah karena ciri-cirinya ada juga pada diri saya.
      Saya mw nanya,apa dengan memakan obat penambah darah misalnya vitamin B12 juga efektif??trus salah satu cara untuk meningkatkan tekanan darah kan minum air putih banyak2, trus solusi untuk orang berpuasa gimana?
      Makasih sebelumnya...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 September 2009 13.09  

    • Nice Post gan
      thanksss banget ilmu saya nambah nih

      Oleh Anonymous Donny, Pada 25 November 2009 16.20  

    • thank's bwt artikelnya, sangat berarti utk saya, saya mau tanya bu, saya sering kali sakit yg tak tertahankan di kepala saya terutama diatas alis, sering kunang2, gelap begitu saja, lemas,dan sering cape, tekanan darah saya 100, HB saya 12,0gr/DL.saya sudah ke dokter. tapi knapa rasa sakit dikepala belum sembuh juga. tolong sarannya untuk semua yg mengerti akan penyakit darah rendah... trimakasih banyak..

      Oleh Blogger ariati, Pada 6 April 2010 17.16  

    • mbak,saya tuh sering pinsan tuh lalu penglihatan saya juga sering kabur.itu karena darah rendah bukan ya?????????????

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 10 Mei 2010 11.04  

    • saya mau tanya,,,tekanan darah saya 80/50...kira2 termasuk normal gak??
      makasih atas jawabannya

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 Mei 2010 17.14  

    • tekanan darahQ 93/63,
      saya msh normal apa sudh mencapai ambang??

      Oleh Blogger Jito, Pada 13 Mei 2010 19.57  

    • terima kasih buat informasi ini. krn saya termasuk didalamnya.
      dalam kondisi sehat tekanan saya 90/80, dan dalam kondisi kurang sehat/sakit tekanan akan turun menjadi 80/70
      tapi syukur saya tidak pernah sampai mengalami pingsan.
      yang saya ingin tanyakan apakah dengan memiliki tekanan darah yg cenderung rendah spt saya bisa menimbulkan penyakit2 tertentu yg berbahaya nggak di dlm tubuh saya yaa..??
      atas informasinya saya ucapkan terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 Agustus 2010 14.36  

    • terima kasih banyak untuk infonya.. sangat bermanfaat..

      Oleh Anonymous Salaccaedulis, Pada 4 Agustus 2010 20.43  

    • ass. artikel yg sgt bagus .n saya berumur 31 tahun n udah 2 bulan ini saya merasakan pusing yg selalu datang tiba-tiba..sering menguap..kadang2 juga menimbulkan rasa rakut dan sugesti yg gak2 ......saya hanya mo minta cr mengtasinya..krn saya dah g merasa nyaman lagi tuk beraktivitas..saya jrg olahraga karna kesibukan saya kerja sebagai account officer sebuah bank..rutinitas saya rata2 naik motor sepanjang hari..trims tuk jawabannua..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 9 September 2010 19.57  

    • terima kasih untuk artikelnya
      juga tanya jawabnya yg smakin menambah pengetahuan

      adik saya , 24, sering migrain, kadang hilang kadang kambuh tanpa ada patokan waktu tertentu, juga sering pusing di daerah pelipis dan seputar mata.

      Parnah sampai pucat sekali jari2 tngan dan kaki sampai berwarna kuning pucat sprt tdk ada darah yg mengalir sama sekali, saya sangat khawatir.

      Akhir2 ini sering muncul lebam2 di kulit, kadang di paha, sampai beberapa hari, lalu memudar , tapi muncul lebam yg lain di bagian kaki yng lain.

      Konsumsi buah dan sayurnya cukp,tp memang tidur larut karena tuntutan pekerjaan, dia juga tidak mengkonsumsi suplement penambah darah,

      perlukah diperiksakan ke dokter? Pabila ke R.S, periksa ke bagian apa?
      Adakah pencegahannya? Agar tidak semakin parah?
      Adakah kemungkinan dia mengidap penyakit yg lbh parah/penyakit dalam, dan kira2 apa?

      Mohon jawabannya.
      Sebelum dan sesudahnya , terimakasih banyak

      Oleh Blogger mada lilik, Pada 16 September 2010 21.13  

    • mmm. saya mahasiswi,
      baru kemarin minggu dokter berkata bahwa saya darah rendah.. jika tekanan normal 120/80... maka saya 80/60_

      tak disangka..
      saya tak pernah pingsan.
      org lain berkata bahwa saya org yg tak punya lelah,
      selalu ceria..

      tapi saya akui,
      saya gampang pusing.
      telat makan >pusing
      kelamaan tidur pusing..
      kadang2 merasa sakit seperti sakitny org yg berlarian jauh [bhs jawanya "sunduk en"] pd hal saya tidak berlarian jauh,

      ...

      apakah penyakit ni bisa hilang?

      Oleh Anonymous Atik Athiyah, Pada 22 September 2010 09.35  

    • Terima kasih infonya,
      Saya sering mengalami mata berkunang-kunang secara tiba-tiba (tidak ada penyebab spesifik)yang kemudian hilang dan berganti dengan pusing yang amat sangat setelah itu biasanya disertai muntah dan setelah muntah pusingnya hilang, apakah ini jg darah rendah? kemarin saya periksakan ke dokter, tp tekanan darah saya 110/70, dokter bilang bukan darah rendah tetapi maag.. saya masih bingung dengan penyakit ini karena saya sering mengalami sejak kecil, mohon masukannya..

      Oleh Anonymous Ayu, Pada 2 November 2010 13.33  

    • kalo saya bawaan lemah jantung, saya mengkonsumsi obat cafedrin HCL dan theodrenalin. apakah zat ini berbahaya?
      terima kasih

      Oleh Anonymous determity, Pada 30 Desember 2010 14.07  

    • ternyata byk yang senasib dengan saya klau saya 100/60 kmrn barusan ke dokter katanya suruh beli aja sate kambing 15 tsuk tanpa lemak solusi yang sangat menyenangkan
      t ksh p'dokter

      Oleh Anonymous ashter, Pada 20 Februari 2011 19.04  

    • salam.
      nama saya imron,usia 28 thn.saya rutin olah raga mlm/futsal. setelah main futsal penglihatan saya selalu buram/kabur sekitar 15 sampai 30 menit.kemudian penglihatan kembali normal.setelah penglihatan normal selalu diiringi sakit kepala.tensi saya selalu 120 saat diperiksa.apakah saya menderita darah rendah?terima kasih sebelumnya ibu..

      Oleh Blogger Adriyan, Pada 16 April 2011 20.35  

    • halo mbak/bu
      saya ingin bertanya, tekanan darah saya selalu dibawah 100/60,sering pusing/migrain,sering lemes jga. ap i2 tanda" hipotensi bkn???
      menurut Kakak sy yg org kesehatn i2 hipotensi.
      apa bener ga y????
      tlong bles ke email aq : dwibowo7@gmail.com
      terimakasih....

      Oleh Blogger kilas sejuta warna, Pada 28 April 2011 10.18  

    • mo tny mba/Bu....
      tekanan darah saya selalu di bawah 120
      sya suka cpet lelah
      jalan bentar aj udah lelah
      suka pusing g jelas
      mata suka b'kunang"

      ap ne hipotensi?????
      hrap di blas ke email sy dwibowo7@gmail.com

      terimaksih.....

      Oleh Blogger kilas sejuta warna, Pada 28 April 2011 10.32  

    • Umur saya 28 thn (perempuan). Dalam kondisi normal, tekanan darah saya biasanya 110/60. Hb saya termasuk rendah, hanya 7,8. Selain itu, ketika haid saya juga mengalami perdarahan yg lebih dari rata-rata. Saya mendengar bahwa mengkonsumsi daging bisa membantu meningkatkan Hb. Tapi masalahnya, kolesterol saya termasuk tinggi, yaitu 241. Selama ini saya berusaha mengkonsumsi protein hewani, seperti daging, telur, susu, tetapi hasilnya kolesterol saya semakin meningkat, sementara Hb malah tdk ada peningkatan. Makanan apa yg sebaiknya saya konsumsi utk meningkatkan kadar Hb.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 9 Mei 2011 23.26  

    • Hallo mbak,
      bagaimana akibatnya kalau tekanan darah rendah tidak segera diatasi..??

      Oleh Blogger Maia, Pada 18 Juni 2011 13.32  

    • kalo sering berasa gempa kecil kenapa?

      Oleh Blogger kirara, Pada 18 Juni 2011 23.56  

    • Selamat malam,

      Saya pernah menderita kurang kalium dan elektrolit yang mengakibatkan jantung saya berdebar kencang,lemas serta reaksi tangan seperti orang struk,dan menggigil setelah dirawat selama 3 hari kembali normal tapi terkadang saya merasa sugesti yg mengakibatkan jantung berdebar lagi, yang sekarang ini saya alami pandangan kabur cepat lelah dan kalau dari duduk bawah terus berdiri jantung saya berdebar lagi disertai kepala keliyengan kalo nengok seperti mau jatuh kadang hilang kadang timbul,pundak kiri sampai belakang agak pegal,saya sudah cek darah semua hasil negatif,dan hasil bagus, apakah penyakit yang saya derita ini ya??tolong di balas karena ini sangat menggangu aktifitas saya, yang akhirnya saya tidak percaya diri untuk bepergian sendiri atau tempat yang ramai.

      Ditunggu balasannya ke: destisari@yahoo.co.id

      Terima kasih

      Oleh Blogger desti, Pada 2 Juli 2011 20.16  

    • Jadi lebih tahu tentang hipotensi nich, makasih dok.

      Semoga sukses

      Oleh Anonymous Dokunimus, Pada 12 Agustus 2011 01.39  

    • Maaf, saya ingin tahu apa hubungan sate kambing dengan tekanan darah.
      Trims

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 17 Agustus 2011 14.09  

    • Slmt malam.. Saya ibu nellie Gusriansyah usia 36 tahun. Artikel saudara sangat membantu saya untuk mengetahui apa itu tekanan darah rendah. Ɣªήğ ingin saya tau satu hal lagi, akhir akhir ini saya sering mengalami pusing/kepala terasa berat saat bangun tidur. Jika saya bangkit..saya hrs atau sambil menutup mata, krn jika tidak...semua nya terasa berputar(rumah sprti akan terbalik). Terkadang saya merasa mual dan ingin muntah. Apa ini termasuk darah rendah? Jika ‎​Ɣªª ...apa yg hrs saya lakukan utk mengurangi nya? Mohon penjelasan nya..sebelum nya saya ucapkan terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 Agustus 2011 21.18  

    • SELAMAT SIANG,,
      Saya chacha usia 18 th.saya punya pnykt drh rndh pas saya kelas 3 smk.semenjak itu saya bawaannya pusing,mual,diare dari juli sampai sekarang,yg lbh g enakin belakangan tulang leher di bawah leher terasa nyeri,kira" menurut dokter ini skt darah rendah atau bukan yy.

      tlong d'jwb yy dok,,
      sya btuh bgt jawabannya,,
      terima kasih

      Oleh Blogger Manfaat Buah-buahan, Pada 25 Agustus 2011 13.33  

    • Saya sering mengalami mata berkunang - kunang, keringat dingin, rasanya tubuh ini mau ambrug. Dan sakit d sekitar pelipis mata. Nafsu makan berkurang. Ini setelah periksa darah, ternyata tekanan darahku 80/60.. Ini darah rendah ya. Agar lebih normal tensinya.. makan atau minum pa ya Bu...?? Terima kasih

      Oleh Anonymous http//ennywidiya.blogspot.com, Pada 15 Oktober 2011 10.51  

    • Jzklh Bu/mBak .... sangat bermanfaat

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 17 Oktober 2011 00.08  

    • terimakasih infonya.. :)
      saya sovia, umur 14.saya baru kelas 9 SMP. ntah kenapa, mulai awal" kelas 9 ini saya ngerasa cepat pusing, cepat ngantuk, n lemas banget. tapi saya belum pernah yang namanya pingsan. kalo duduk nggak terlalu lama, misal 3x 40 menit, kalau berdiri langsung pusing banget. saya juga jadi gampang ketiduran, gampang mual, tapi haid saya malah cenderung keluarnya dikit.pakai bando juga nggak bisa lama lama, lama sedikit langsung pusing. pandangan kadang juga kabur, dan kalau tidur, rasanya sulit bangun dan kalaupun tidur normal, rasanya masih terus mengantuk. padahal aktivitas saya belum terlalu berat. apa ini hipotensi? terimakasih seblumnyaa.. :)

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 9 November 2011 19.29  

    • Haloo, saya april 20th
      Artikel td sgt bermanfaat bagi saya krna saya punya penyakit hipotensi juga. Bahkan pernah tensi darah saya mencapai 80/70 mm
      Ada bbrp hal yg mau saya tanyakan,
      1. sudah 3th ini saya sering mengalami migrain, apa saja penyebabnya?
      2. Dari kecil, saat saya terjatuh atau terlalu lama kena sinar natahari ataupun pusing saya sering mimisan, bahkan sampai skrg.. Apa penyebabnya ?? Bagaimana pengobatannya ..
      Terimakasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 17 November 2011 14.44  

    • tekanan darah saya 105/57...normal kah? saya sering pening kepala..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 Desember 2011 22.46  

    • Tks, infonya....

      Tapi ini ga bahaya kan mba untuk ibu hamil, bila harus minum obat penambah darah?????

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 29 Desember 2011 13.13  

    • saya seorang wanita berumur 47.hb saya rendah, saya suka pusing dan agak goyang kalau berjalan atau berdiri lama-lama.
      belakang ini, kaki saya kalau duduk atau berjalan suka saket , seraca pegal,mata saya lelah,perasaan ingin mau tidur.yang saya ingin tanyakan , apakah ada hubungannya dengan hb rendah.dan apa yang harus saya lakukan ?

      terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 25 Februari 2012 00.04  

    • saya mau tanya.
      apakah penderita hipotenis / darah rendah itu tidak boleh menyantap buah seperti alpukat / pun durian?
      kalau memang iya, mohon bantuannya untuk memberi tahu alasnnya. dan apa akibatnya kalau penderita tetap memakannya.
      terima kasih.

      Oleh Blogger Gusti Danang Triwijaya, Pada 26 Februari 2012 16.24  

    • terimakasih ya bu, artikelnya menambah wawasan banget.
      dan ternyata beberapa gelajalanya ato hampir semua gejala saya alami.
      ijin bikin artikel serupa yang bersumber dari sini ya bu... :)

      Oleh Anonymous hunhun, Pada 27 Februari 2012 11.28  

    • Terima kasih infonya... :)
      Saya divia,13 thn kelas 2 smp...
      Saya punya penyakit amandel,magh dan insomnia(susah tidur)
      Sejak sd saya sering pusing,tidak bertenaga,sering menguap,dan kalau haid di 2-4 hari pertama darah yang keluar banyak sekali tapi selanjutnya hanya sedikit,badan saya juga seringkali demam
      Kata Ibu saya,penyebab saya sering pusing karena amandel...jadi saya belum check ke dokter
      Tapi alhamdulillah saya tidak sampai pingsan,namun waktu sd saya sering mimisan tapi sekarang tidak
      Apa menurut anda sekalian mungkin saya terkena darah rendah?mohon jawabannya...
      Terima kasih sekali lg :)

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 1 Maret 2012 10.53  

    • Barusan saya mengalami gejalanya, sungguh merepotkan bila terjadi di tengah keramaian dan tak ada kerabat yang di kenal,

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 April 2012 17.34  

    • Mba saya mau tanya..
      Umur saya masih 19 tahun tapi akhir'' ini saya sering merasa cepat pusing padahal aktifitas saya tdk terlalu berat dan seringkali pandangan mata juga kabu'' an dan kepala pusing apa mungkin ini gejala Hipotensi?
      Yang saya alami ini sudah hampir sebulan belakangan ini, mohon dijawab ya

      Oleh Anonymous Tawadhu, Pada 11 April 2012 00.14  

    • Trims' artikelnya sangat bermanfaat buat saya yg merupakan salah satu penderita hipotensi

      Oleh Anonymous Sury, Pada 5 Mei 2012 01.51  

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]



    << Beranda