<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6128622652732034671\x26blogName\x3dPenyakit+dan+Pengobatannya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\x26vt\x3d5488503446235692587', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Kanker Kulit

Penyakit kanker kulit dewasa ini cenderung mengalami peningkatan jumlahnya terutama di kawasan Amerika, Australia dan Inggris. Berdasarkan beberapa penelitian, mereka orang-orang kulit putih yang lebih banyak menderita jenis kanker kulit ini. Hal tersebut diprediksikan sebagai akibat seringnya mereka terkena (banyak terpajan) cahaya matahari. Di Indonesia penderita kanker kulit terbilang sangat sedikit dibandingkan ke-3 negara tersebut, namun demikian kanker kulit perlu dipahami karena selain menyebabkan kecacatan (merusak penampilan) juga pada stadium lanjut dapat berakibat fatal bagi penderita.

Penyakit Kanker Kulit adalah suatu penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak terkendali, dapat merusak jaringan di sekitarnya dan mampu menyebar ke bagian tubuh yang lain. Ada tiga jenis kanker kulit yang umumnya sering diderita manusia, diantaranya adalah karsinoma sel basal (KSB), karsinoma sel skuamosa (KSS) dan melanoma maligna (MM).
Kanker Kulit Ganas

  • Karsinoma Sel Basal (KSB)

  • Merupakan jenis penyakit kanker kulit yang paling banyak diderita. Kanker jenis ini tidak mengalami penyebaran (metastasis) kebagian tubuh lainnya, tetapi sel kanker dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan jaringan kulit sekitarnya. Warna kulit yang terang dan sering terkena pijaran cahaya matahari keduanya diduga sebagai penyebab Karsinoma Sel Basal. Faktor lain yang juga dapat menjadi penyebab jenis kanker ini adalah system imun tubuh yang lemah (baik dampak penyakit lain atau pengobatan), luka bakar, sinar X-ray.

    1. Tanda dan Gejala
    Bagian tubuh yang terserang kanker sel basal biasanya wajah, leher dan kulit kepala. Adapun tanda-tanda penyakit kanker berjenis ini adalah benjolan yang agak berkilat, kemerahan dengan pinggir meninggi yang berwarna agak kehitaman, kelainan seperti jaringan parut dan lecet/lika yang tidak sembuh-sembuh.

    2. Diagnosa Jenis kanker
    Metode tunggal untuk memastikan penyakit kanker sel basal yaitu Dokter akan melakukan pemeriksaan klinis dan histopatologis dengan mengambil sample bagian kulit yang di anggap sebagai jaringan kanker (biopsy) untuk diteliti dibawah mikroskop.

    3. Therapy dan Pengobatan
    Apabila diagnosa telah ditegakkan secara jelas bahwa penderita mengalami kanker kulit berjenis sel basal, maka tindakan yang dilakukan umumnya adalah pembedahan atau pengangkatan jaringan kulit (kanker) secara komplit, atau dapat pula dengan tindakan penyinaran. Metode lainnya yang juga kerap dilakukan adalah bedah beku, bedah listrik, laser, fotodinamik serta dengan obat-obatan baik yang dioleskan maupun disuntikkan (kemoterapi).

  • Karsinoma Sel Skuamosa (KSS)

  • Merupakan jenis penyakit kanker kulit yang lebih banyak diderita pria terutama kaum lanjut usia (lansia). Ini adalah jenis kanker kulit dimana terjadi keganasan sel keratinosit epidermis, merupakan kanker kulit ke dua tersering. Penyakit kanker kulit KSS ini dapat menyebar kebagian tubuh yang lain, umumnya diderita mereka yang berada diwilayah tropik.

    Seperti halnya penyakit KSB, kanker kulit jenis ini juga diduga akibat sinar matahari (dominannya), Imun tubuh yang lemah, virus, bahan-bahan kimia dan jaringan parut juga dapat menimbulkan penyekit ini. Adapun tanda dan gejalanya ialah mempunyai kelainan berupa benjolan-benjolan atau luka yang tidak sembuh-sembuh. Diagnosa ditegakkan dengan metode yang sama pada KSB, begitupun tindakan therapy dan pengobatan cenderung sama dengan kanker sel basal.

  • Melanoma Maligna (MM)

  • Ini adalah jenis penyakit kanker kulit yang paling ganas dan berpotensi mematikan. Di Amerika, didapatkan data enam dari tujuh penderita kanker ini meninggal dunia. Dan jumlah orang yang terserang meningkat dari tahun ke tahun. Melanoma Maligna bisa berkembang dari tahi lalat timbul yang sudah ada atau yang baru muncul.

    1. Tanda dan Gejala
    Informasi ini sangat penting sekali bagi meraka yang memiliki tahi lalat yang kemudian mengalami perubahan baik warna, ukuran maupun bentuknya, Tahi lalat terkadang terasa gatal dan bila digaruk mengeluarkan darah. Sel kanker ini tumbuh dari melanosit, yaitu sel kulit yang berfungsi menghasilkan zat warna melanin.

    Kanker ini dicirikan dengan ABCD, yaitu A= Asimetrik, bentuknya tak beraturan. B= Border atau pinggirannya juga tidak rata. C= Color atau warnanya yang bervariasi dari satu area ke area lainnya. Bisa kecoklatan sampai hitam. Bahkan dalam kasus tertentu ditemukan berwarna putih, merah dan biru. D= Diameternya lebih besar dari 6 mm.

    2. Diagnosa Melanoma Maligna
    Penegakan diagnosa pada kasus penyakit kanker kulit jenis ini sama halnya dengan kedua jenis kanker kulit di atas (KSB dan KSS), yaitu dilakukannya tindakan biopsy untuk pemeriksaan dibawah mikroskop.

    3. Therapy dan Pengobatan
    Melanoma Maligna merupakan jenis kanker kulit yang paling ganas, dapat menyebar kebagian tubuh lainnya seperti kelenjar limfa. Tindakan yang dilakukan pada penderita kanker jenis ini adalah pengangkatan secara komplit jaringan kanker dengan jalan pembedahan, apabila telah diketahui terjadi penyebaran maka dibutuhkan operasi lanjutan untuk mengangkat jaringan di sekitarnya. Jika sel kanker ditemukan menyebar ke kelenjar limfa, maka mau tidak mau kelenjarnya juga diangkat.

    17 Komentar:

    • saya ngidap penyakit kulit, entah exima atau kuraf, kalau diobati daktarin selama 1 minggu sembuh dan bersih tidak membekas,tapi 2 bulan sembuh-kambuh lagi,mulai tumbuhnya melingkar lebar bintik-bintik merah dan gatal,tumbuhnya sekitar selangkangan dan perut, bagaimana cara pengobatannya...?
      dari: Andi

      Oleh Anonymous andi, Pada 6 Juli 2009 10.09  

    • Bagaimana dgn kemungkinan sembuh bagi pengidap aner kulit?
      Apakah bahaya yg ditimbulkan separah kanker lainnya?
      thx
      Rachel

      Oleh Blogger samantha, Pada 6 November 2009 09.27  

    • saya jdi tahu apa itu kanker,ternyata kita memang harus hati2

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 4 April 2010 10.56  

    • saya wanita berusia 21 tahun. beberapa hari ini saya baru menyadari ada beberapa titik d leher lengan juga dada. berupa lingkaran kecil yang berbeda ukuran. agak kasar dan cekung berwarna agak kehitaman. apa itu salah satu jenis kanker kulit?
      mohon bantuan nya. terima kasih.

      Oleh Blogger JaejoongLicious, Pada 22 Agustus 2010 14.10  

    • apakah psoriasis juga termasuk penyakit kangker kulit, Adakah obat yang baik untuk pENYAKIT psoriasis.

      Oleh Blogger risbintoro, Pada 4 September 2010 18.34  

    • salam dok…
      saya ingin tanya dok ttg kepastian ttg kebenaran yang msh banyk org perdebatkan. apakah penyakit kanker kulit itu hnya bs disembuhkan lewat operasi saja atau operasi adalah harga mati yang harus dilakukan bg penderita kanker kulit yg parah sekalipun? adakah cara penyembuhan lain selain lwt operasi? misalnya lwt pengobatan alternatif seperti obat herbal dari alam. bila ada, apa saja obat2n yang dpt digunakan yg pstinya mudah didapatkan dan scara finansial dapt terjangkau? scara bnyk saudara2 kita yang scara finansial tidak mampu, dan saya tdk ingin melihat para penderita kanker kulit yang tdk mampu itu hanya pasrah dengan keadaan tnpa mlakukan apa2 karena tdk kuat untuk membeli obat. saya bukannya ingin mengalihkan pilihan org dr para dokter karena saya juga adalah mahasiswa kedokteran univ. muhammadiyah yogyakarta, akan tetapi yang ingin saya lakukan adalah memberikan harapan bg mereka walupun tdk scara lngsng.
      mngkn jwbn dari dokter bs jd masukan bg saya sbg data tambahan untuk artikel blog yg saya miliki karena saya jg memiliki akun blog khusus tentang penyakit kanker kulit.
      mngkin jg dokter dapat mengunjungi akun blog saya di:
      http://picturesskincancers.blogspot.com
      mngkn dokter dapat mmberikan kritik dan saran sgb bahan evaluasi bg blog saya.
      terima kasih dok sblm nya.
      wass……..

      Oleh Anonymous pictures skin cancers, Pada 9 Februari 2011 00.59  

    • salam, Dok.
      Saya mau bertanya tentang keganjilan di kuku jempol kaki saya beberapa bulan belakangan ini.
      Begini Dok, usia saya saat ini 23 tahun, dan sejak beberapa bulan yang lalu, di kuku jempol kaki kiri saya timbul bercak hitam. Awalnya saya kira itu hanya bekas ketumpahan tinta pigmen printer. Tapi setelah berbulan-bulan kemudian, bercak itu terus hilang timbul. Terkadang warnanya hitam, terkadang memudar jadi kecokelatan. Meskipun kuku saya terus tumbuh dan bekas hitam itu sudah beberapa kali saya potong ketika kuku saya memanjang, bercak itu tidak juga hilang. Malah sekarang bercak yang sama mulai timbul di jempol kaki kanan saya. Saya bingung, bercak apakah itu. Kemudian saya coba browsing melalui internet. Dan alangkah terkejutnya saya ketika say menemukan situs yang mengatakan bahwa brcak semacam itu adalah pertanda penyakit MELANOMA SUBUNGUAL/ MELANOMA FINGERNAILS. Dari yang saya tahu, itu adalah sejenis penyakit kanker kulit. Apa itu benar, Dok? Jika iya, apa yang sebaiknya saya lakukan? Saya terlalu takut untuk memeriksakannya ke Rumah Sakit. Dan bagaimana pula cara pengobatannya? Terimakasih, Dok.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Februari 2011 16.17  

    • Oh ya, ada lagi harus saya informasikan, Dok.
      Di jempol kaki dekat dengan areal dimana bercak kehitaman itu muncul, muncul juga tahilalat kecil yang ukurannya berubah-ubah. Terkadang hanya sekitar 0.5mm terkadang hingga 1.0mm. Aakah tahi lalat ini ada hubungannya dengan bercak kehitaman di kuku jempol saya?
      Karena dari informasi yang saya baca, banyak penderita kanker kulit yang mengira tahi lalat yang dimilikinya hanyalah tahi lalat biasa, padahal ternyata itu adalah sel kanker. Mohon penjelasannya, Dok. Terimakasih banyak.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Februari 2011 16.24  

    • apakah dengan menggunakan obat kulit dapat menyebabkan kanker?? gejala kanker kulit itu apa aj y?

      Oleh Anonymous dean nieckolas, Pada 14 Mei 2011 12.26  

    • sodara saya ada yang punya tanda lahir seperti (tompel) di bagian muka ,,dan dia menghilangkannya dengan menggunakan kapur sirih,,apakah dengan cara itu dapat menimbulkan kanker kulit????? mohon penjelasannya ,terimakasih dok,,

      Oleh Blogger hera.fahmy, Pada 5 Juni 2011 18.40  

    • maaf pak apakah jerawat bisa menyebabkan kanker.?

      Oleh Blogger Dodi_lubis, Pada 13 Agustus 2011 18.36  

    • permisi tanya, saya berumur 18 tahun. saat smp dulu tiba-tiba pada kulit tulang kering saya dan betis menjadi kering dan kasar, kehitaman, dan berbintil-bintil. lalu sekarang hal yang sama terjadi pada tangan dan paha saya. seperti menyebar begitu. jadi sekarang kaki saya darimata kaki sampai paha menjadi kasar, dan kehitaman, juga berbintil-bintil.
      juga tangan saya, dari pergelangan lama kelamaan menyebar sampai ke lengan atas. apakah yang terjadi dengan kulit saya ini? mohon bantuannya

      Oleh Blogger lucas, Pada 30 September 2011 17.05  

    • Akhirnya diketemukan solusi Bau Mulut, Alergi, kegemukan, stroke, penyakit jantung, ginjal, kista, dsb, klik http://serbasolusi.co.cc

      Oleh Blogger Solusi Bisnis, Pada 17 November 2011 06.36  

    • kanker kulit,,,hemmhhh,,,,takut nya saya mendengar tentang ini,,,saya dengar ini bisa diakibatkan kerna kosmetik,,apa itu benar?

      Oleh Anonymous Cara Mengobati Penyakit Asam Urat, Pada 18 November 2011 15.36  

    • permisi tanya,,, saya punya seorang tman usia kurang lbih 23 tahun,kadang sering mengalami mimisan jika dia terlalu lelah,serta pusing dan sesak nafas,apabila pada pagi hari ludah bercampur darah, apakah ini tanda2 penyakit leukimia atau yang lain??? trima kasih,,,

      Oleh Blogger Bosco, Pada 20 Desember 2011 11.39  

    • dok,aq punya kulit yg gak tau apakah alergi ato cuma gatl biasa setelah aq berobat kata dokternya aq kena cacar,tp kok klo cacar napa gak berhenti pdhal aq da ngidap penyakit ini sudah hampir 7 buln dan anehnya bercak merah itu muncul d hampir sluruh bagian tubuh saya setiap jam 3 sore ato pd saat suhu badan saya terasa panas,mohon penjelasannya dok,dan klo bs tindakan apa yg harus saya lakukan bwt mengatasi penyakit saya ini,trima kasih sebelumnya

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 25 Januari 2012 21.49  

    • dok saya ingin bertanya saya punya tompel yg BUKAN dri kecil di bagian lengan atas sebelah kanan berwarna hitam dan apbila saya sakit tompelnya berubah warna menjadi merah.tetapi tompelnya berbentuk bulatan. saya belum pernah k doktter tapi pernah di pengbatan alternatif katanya kerusakan pigmen dan kalo lama2 dibiarkan akan mjdi kanker kulit. yg ingin sya tanyakan apakah benar sprti itu ? dan pngobatan spti apa yg hrs sya lakukan..trmakassih

      Oleh Blogger maiimimumemo, Pada 5 Mei 2012 09.17  

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]



    << Beranda