<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\0756128622652732034671\46blogName\75Penyakit+dan+Pengobatannya\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75SILVER\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\46blogLocale\75in\46v\0752\46homepageUrl\75http://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\46vt\0755488503446235692587', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Penyakit darah tinggi atau Hipertensi (Hypertension) adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya.

Nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG. Dalam aktivitas sehari-hari, tekanan darah normalnya adalah dengan nilai angka kisaran stabil. Tetapi secara umum, angka pemeriksaan tekanan darah menurun saat tidur dan meningkat diwaktu beraktifitas atau berolahraga.

Bila seseorang mengalami tekanan darah tinggi dan tidak mendapatkan pengobatan dan pengontrolan secara teratur (rutin), maka hal ini dapat membawa si penderita kedalam kasus-kasus serius bahkan bisa menyebabkan kematian. Tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan jantung seseorang bekerja extra keras, akhirnya kondisi ini berakibat terjadinya kerusakan pada pembuluh darah jantung, ginjal, otak dan mata. Penyakit hypertensi ini merupakan penyebab umum terjadinya stroke dan serangan jantung (Heart attack).

Penyakit darah tinggi atau Hipertensi dikenal dengan 2 type klasifikasi, diantaranya Hipertensi Primary dan Hipertensi Secondary :
  • Hipertensi Primary
  • Hipertensi Primary adalah suatu kondisi dimana terjadinya tekanan darah tinggi sebagai akibat dampak dari gaya hidup seseorang dan faktor lingkungan. Seseorang yang pola makannya tidak terkontrol dan mengakibatkan kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, merupakan pencetus awal untuk terkena penyakit tekanan darah tinggi. Begitu pula sesorang yang berada dalam lingkungan atau kondisi stressor tinggi sangat mungkin terkena penyakit tekanan darah tinggi, termasuk orang-orang yang kurang olahraga pun bisa mengalami tekanan darah tinggi.


  • Hipertensi Secondary
  • Hipertensi secondary adalah suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi sebagai akibat seseorang mengalami/menderita penyakit lainnya seperti gagal jantung, gagal ginjal, atau kerusakan sistem hormon tubuh. Sedangkan pada Ibu hamil, tekanan darah secara umum meningkat saat kehamilan berusia 20 minggu. Terutama pada wanita yang berat badannya di atas normal atau gemuk (gendut).

    Pregnancy-induced hypertension (PIH), ini adalah sebutan dalam istilah kesehatan (medis) bagi wanita hamil yang menderita hipertensi. Kondisi Hipertensi pada ibu hamil bisa sedang ataupun tergolang parah/berbahaya, Seorang ibu hamil dengan tekanan darah tinggi bisa mengalami Preeclampsia dimasa kehamilannya itu.

    Preeclampsia adalah kondisi seorang wanita hamil yang mengalami hipertensi, sehingga merasakan keluhan seperti pusing, sakit kepala, gangguan penglihatan, nyeri perut, muka yang membengkak, kurang nafsu makan, mual bahkan muntah. Apabila terjadi kekejangan sebagai dampak hipertensi maka disebut Eclamsia.


    1. Penyebab Hipertensi
    Penggunaan obat-obatan seperti golongan kortikosteroid (cortison) dan beberapa obat hormon, termasuk beberapa obat antiradang (anti-inflammasi) secara terus menerus (sering) dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi dikarenakan tembakau yang berisi nikotin. Minuman yang mengandung alkohol juga termasuk salah satu faktor yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan darah tinggi. Stop menjadi alcoholic!

    2. Penanganan dan Pengobatan Hipertensi
      a. Diet Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)
    • Kandungan garam (Sodium/Natrium)
    • Seseorang yang mengidap penyakit darah tinggi sebaiknya mengontrol diri dalam mengkonsumsi asin-asinan garam, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk pengontrolan diet sodium/natrium ini ;
      - Jangan meletakkan garam diatas meja makan
      - Pilih jumlah kandungan sodium rendah saat membeli makan
      - Batasi konsumsi daging dan keju
      - Hindari cemilan yang asin-asin
      - Kurangi pemakaian saos yang umumnya memiliki kandungan sodium

    • Kandungan Potasium/Kalium
    • Suplements potasium 2-4 gram perhari dapat membantu penurunan tekanan darah, Potasium umumnya bayak didapati pada beberapa buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran yang mengandung potasium dan baik untuk di konsumsi penderita tekanan darah tinggi antara lain semangka, alpukat, melon, buah pare, labu siam, bligo, labu parang/labu, mentimun, lidah buaya, seledri, bawang dan bawang putih. Selain itu, makanan yang mengandung unsur omega-3 sagat dikenal efektif dalam membantu penurunan tekanan darah (hipertensi).

      Pengobatan hipertensi biasanya dikombinasikan dengan beberapa obat;
      - Diuretic {Tablet Hydrochlorothiazide (HCT), Lasix (Furosemide)}. Merupakan golongan obat hipertensi dengan proses pengeluaran cairan tubuh via urine. Tetapi karena potasium berkemungkinan terbuang dalam cairan urine, maka pengontrolan konsumsi potasium harus dilakukan.

      - Beta-blockers {Atenolol (Tenorim), Capoten (Captopril)}. Merupakan obat yang dipakai dalam upaya pengontrolan tekanan darah melalui proses memperlambat kerja jantung dan memperlebar (vasodilatasi) pembuluh darah.

      - Calcium channel blockers {Norvasc (amlopidine), Angiotensinconverting enzyme (ACE)}. Merupakan salah satu obat yang biasa dipakai dalam pengontrolan darah tinggi atau Hipertensi melalui proses rileksasi pembuluh darah yang juga memperlebar pembuluh darah.

    35 Komentar:

    • thank u pisan atas infonya...
      kalo kopi gmn?
      soalnya dari hari minggu kemarin kepala saya pusing terus, check ke dokter ternyata tekanan : 149,5...!
      FYI:
      -sy tdk merokok
      -suka mnum kopi,shari min 2 gelas
      -stlah pke motor jarang berolahraga
      -dlm kurun 5 bln berat badan brtambah drastis dr 50 ke 62 kg (tinggi 170cm)

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 15 Januari 2009 08.31  

    • iya nich gimana copynya??
      soalnya gw juga sering tiba2 pusing kedokter katanya 148.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Januari 2009 11.14  

    • aduh...kalo tekanan darah emang udah tinggi trus minum obat flu n batuk jadi tambah tinggi ya tensinya... trus gimana donk....

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 12 Februari 2009 19.55  

    • tekanan darah ayah saya mencapai 200 lebih smua obat sudah dicoba tapi tetap tak ada hasilnya,gimana ya biar tekanan darah ayah saya bisa kembali normal?

      Oleh Blogger friska dumendehe, Pada 26 Mei 2009 13.00  

    • papa gue juga tek suka gak stabil stelah diperiksa ternyata ada gangguan di otak yg menyebabkan ada kebocoran enzim waktu beliau tek sampe 200, dokter bilang mild stroke, ada bercak putih gt, trs juga ada penyumbatan di jantung krg lebih 50%, nah efek dr enzim ini bokap gue susah tdr, jadi rada paranoid, cuman tegang dikit tek lgs naik, makin panik makin naik, panas dingin lgs nge drop cuman bisa tdran sambil pake oxy, di singapura beliau di resepin obat seabreg2, diovan, concor, vastarel, plaviks, lexotan dan prozac, yg 2 terakhir ini yg keliatannya bikin beliau lebih tenang dan mudah tdr, dan skrg kalo pun naik sampe 140an tapi nggak bikin sakit kepala lagi... jadi tek naik itu bisa macam2 sebabnya coba di cek lg kenapa.. bokap gue nggak pernah ngerokok, nggak minum, nggak minum dingin2, nggak minum kopi, jrg makan asin, gula, duh dia mah freak banget ama kesehatan

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 29 Mei 2009 23.26  

    • aduh" pada enak lo smua
      sebut az nama gw recca umur 18th
      gw anaknya pemalas(jarang gerak), tp perhatian sama kesehatan, gw ga pernah merokok,minum alkohol,makan asin". Pertam dolo q punya sakit TBC tp udah sembu, krn udah lama makan obat tsb, tiba" tensi darahq jd 150/90 trus q jd takut sama alat ukur darah. Q ke UKS sekolah, rupanya tensiq uda 160. Akhir" ini q ga isa tidur nyenyak udah 1minggu q cuman tidur 4jam doank sehari. Ga nyenyak gw.
      Q pengen sehat, q pengen olahraga n jg kondisi. Hal ini az l0m q kasih tau ke ortu coz ga mao mreka sedih. Doain q sembuh ya.. Q msi mudah nie, mao kuliah, msi pengen banggain ortu gw.. Tuhan Yesus sembuhin penyakitq ini.amin
      doain q sembuh ya, q janji ubah pola hidupq..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 10 Juni 2009 15.47  

    • umur gw baru 20 thn dan tensi darah gw dalam keadaan normal slalu diatas 135. indikator hipertensi di alat slalu muncul kedap-kedip.
      gw jg ga taw lg ini knp bisa bgini.
      pdhl gw :
      - rajin bgt fitness dan cardio
      - no alcohol
      - no rokok
      - krn fitness,pola makan so pasti teratur dan memilih makanan yg bergizi baik.
      - no steroid
      - ga suka asin...jadi gw banyakan makan rada tawar2 gitu.

      dari apa yg slalu gw lakuin itu,gw jg bingung dan ga taw lg knp gw bs smpe hipertensi.
      sama kya bro diatas gw ini,ortu jg bln gw kasih taw soal ini karena bln kuat gw buat ngasih taw nya.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 23 Juni 2009 19.10  

    • memang kalo sudah kena darah tinggi susah..harus minum obat terus..

      Oleh Anonymous Jenis Penyakit, Pada 14 Agustus 2009 00.07  

    • bgs bgt artikelnya .
      smw yg pd comment jg
      oya ayh sy jg pny tekanan drah tinggi , tp lgs konsul k dokter .dksh obt seabrek obtnya , tp alhasil terkontrol.
      yg pgn sy tanyain , tu tek udh terkontrol tp msh byk aja tu obt, apa diabisin gak tu obtnya ?? tar malah jdnya hipotensi lg

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 14 Agustus 2009 20.07  

    • Terapi air OXYCJDW bisa membantu melancarkan kembali sel2 darah yg suka ngendon di pembuluh darah.

      Oleh Anonymous Fauzan, Pada 25 Agustus 2009 13.39  

    • Kalau pingin cepat tekanan darah menjadi normal menurut pengalaman pribadi pakai koyo dari Jepang. Koyo ini menyerap racun dan membersihkan pembuluh darah serta menstabilkan metabolisme. Apalagi penggunaan koyo tanpa efek samping karena diluar tubuh. Lihat penyakit yang bisa ditimbulkan karena tekanan darah tinggi di www.koyoserapracunmorinoki.co.cc

      Oleh Anonymous Koyo Jepang, Pada 10 Oktober 2009 17.09  

    • Sy tommy : cobalah cryptomonadales ,sup ini akan sangat membantu teman 2 u masalah darah tinggi n darah kental ..lebih lanjut hub : 081318885333 or 021- 95507699..tx

      Oleh Blogger ALTERNATIF, Pada 17 November 2009 17.52  

    • http://blitarsehat.com
      salah satu website INDONESIA berbasis kesehatan di KOTA BLITAR

      Oleh Anonymous blitarsehat, Pada 22 November 2009 22.48  

    • bismillahirrahmaanirrahiim.
      Hipertensi secara medis adalah penyakit pemicu Stroke, penyakit jantung kororer dan penyakit degeneratif lainnya (CVD).
      Hipertensi sec. konvensi tdk dapat disembuhkan tetapi harus dikntrol agar mengurangi resiko CVD yang lebih berat (recureent attac).
      Banyak obat yang biasa digunakan di-hospital untuk mengontrol tekanan darah, tetapi banyak pula yang tetap belum dapat dikntrol dengan baik. HIJAMAH atau BEKAM adalah metoda Sunah Rasululloh.saw yang bermanfaat bagi pasien hipertensi. dengan BerBEKAM rutin (sebagimana ritun priksa kedokter) beberapa hal insya-Alloh akan diperbaiki tanpa intervensi bahan obat yang bersifat toksik, seperti regenerasi trombosit (trombosit sangat bepengaruh terhadap atherosclerosis, detoksifikasi (toksin sangat berpengaruh terhadap katekolamin-neurotransmitter, homestatis sirkulasi darah (penumpukan toksin banyak ditemukan di permukaan kulit tempat dibekam).
      BAGI REKAN YANG MEMILIKI AYAH ATAU AHANDAI-TOLAN DENGAN KELUHAN HIPERTENSI DAPAT MEMANFAATKAN METODA INI "MELESTARIKAN SUNAH BERKAHNYA UNTUK MENGOBATI HIPERTENSI" : AL-'ALAQ BEKAM JL.RAYA BEKASI KM.23 CAKUNG JAKARTA TIMUR ph. 021-33786462 -BEKAM KUNJUNGAN KERUMAH- UNTUK JAKTIM,JAKPUS,JAKUT".(ADALAH KEHORMATAN BAGI AL-'ALAQ BEKAM DAPAT MEMBEKAM BAGI KAUM MUSLIM DENGAN KELUHAN HIPERTENSI SEBAGAI SUNAHRASULULLOH.SAW.

      Oleh Blogger tabib, Pada 2 Desember 2009 12.24  

    • Wah terima kasih infonya. Sangat bermanfaat bagi saya yang darah tinggi juga.

      Oleh Anonymous karyadi, Pada 9 Desember 2009 20.47  

    • Saya punya pengalaman 18 tahun berjuang melawan hipertensi dan sukses. Dulu saya mati-matian berusaha bagaimana bisa tensi darah turun. Kini, alhamdulillah saya bisa bernapas lega. Intinya, dari pengalaman saya, pola makan adalah cara utama melawan hipertensi. Jika mampu menjalankan pola makan, ditambah pola hidup, dengan baik, ya bereslah. Tetapi ngejalani tidak mudah, penuh onak dan duri. Atau perlu kerja keraslah.

      Oleh Anonymous sudarto, Pada 19 Desember 2009 08.34  

    • Selamat siang,
      Obat Alami untuk penderita hipertensi bisa dengan PROPOLIS . Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
      Setelah membaca banyak artikel mengenai Manfaat Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah Propolis bisa membantu penyembuhan penderita hipertensi dan stroke & segala macam penyakit yang lain (luar dalam). Propolis memiliki manfaat yang berfungsi sebagai:
      1. Antibiotika Alami (Anti infeksi, antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
      2. Anti Radang
      3. Anti Alergi
      4. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
      5. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
      6. Nutrisi (memperbaiki dan mempercepat regenersi sel-sel tubuh)
      7. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)

      Kandungan Bioflavanoidnya yang tinggi pada PROPOLIS (1 tetes setara dengan yang terkandung pada 500 buah jeruk) sangat berguna pada pemulihan system kapilari, kerapuhan dan kebocoron pembuluh darah.

      Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

      “……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

      Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com

      Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
      Wslm.Wr.Wb.
      Rahmah

      Oleh Anonymous Obat Alami Hipertensi, Pada 30 Desember 2009 14.45  

    • Benar sekali, omega 3 sangat bermanfaat untuk mengobati darah tinggi. Ikan Salmon merupakan penghasil omega 3 yang paling baik. Deep Sea yang berasal dari Ikan Salmon memiliki kandungan Omega 3 sebanyak 1000 gram perkapsul. Selain itu, Deep Sea tidak hanya bermanfaat utk menurunkan darah tinggi tapi juga bisa menjaga kesehatan jantung, membersihkan kolesterol, asam urat, diabetes, stroke, sakit kepala dan kesehatan pembuluh darah.
      Info Produk :
      0811 752 5566

      Oleh Blogger batangsinama@kampuangdalam, Pada 1 Januari 2010 22.16  

    • Terima kasih sekali info yang sangat bermanfaat ini. Ada juga yang menyarankan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan makan 3 sampai 5 butir buah belimbing sayur yang masih segar (baru dipetik), selamat mencoba.

      Oleh Blogger mr, Pada 8 Januari 2010 11.18  

    • Saya penderita darah tinggi turunan.
      Tekanan darah pernah mencapai 210/145 ketika kecapekan.
      Sudah berbagai macam obat dan diet dicoba (pernah tidak ada asupan garam selama 1/2 tahun) tapi masih tetap tinggi. Pusing dan pandangan tidak fokus sudah menjadi kebiasaan.


      Akhirnya mencoba teh bunga rosella merah. beli di pasar saja.
      selama 3 minggu mencoba 3x sehari 3 kelopak bunga direndam air panas, tekanan darah turun dari 190 menjadi 150/120. dan tidak pernah pusing lagi, bahkan ketika stress.

      ibu saya juga sudah mencoba dan ketika dicek tekanan darahnya, beliau dinyatakan tekanan darah normal relatif rendah :)

      silahkan mencoba.

      Oleh Blogger Setyo Widiyanto, Pada 19 Januari 2010 17.32  

    • Terima kasih info kesehatan, mohon ijin sudah saya print tentang penyakit jantung, karena istriku sangat perlu artikel itu.
      Goo Freedom DBs

      ada info forum diskusi
      klik disini

      http://mractionclub.com/?aff=pujianto

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 29 Maret 2010 13.54  

    • Aku punya obat herbal darah tinggi. Aman tanpa efek samping. Ibu aku dah coba dan hasilnya ibu aku yang dulu pecah pembuluh darah mata (mendekati stroke) hampir tiap bulan sekarang udah nggak lagi. Tekanan darahnya dah normal. Hubungi aku di 081380222879.

      Oleh Anonymous egi, Pada 30 Maret 2010 14.37  

    • Moga smua penyak yg diderita cepat sembuh semua amien...

      Oleh Blogger Kunieasari, Pada 27 April 2010 14.02  

    • trima kasih infopenyakit, artikelnya sangat berguna sekali..numpang Copas yaa..artikelnya sangat berguna buat forum kami..thx a lot.

      Oleh Blogger Susie, Pada 21 Mei 2010 18.18  

    • terima kasih atas infonya. untuk informasi, Insya Allah Tahitian Noni Juice bisa dipakai untuk terapi penderita hipertensi. paten manfaat yg berkaitan WO 2005 / 086935 A2. Mira (www.thegoodnoni.com)

      Oleh Anonymous mira, Pada 23 Juni 2010 08.34  

    • klo tekanan darah 132 udah trmasuk tinggi ga mas klo di usia 20 tahun??

      Oleh Anonymous chai, Pada 13 Juli 2010 07.03  

    • Memakai propoten bisa membantu untuk pemulihat hipertensi

      Oleh Anonymous kawanlama95, Pada 20 Desember 2010 19.09  

    • saya seorang mahasiswi,saya baru di vonis mendrita darah tinggi 150/58,saya tidak pernah merokok,tidak alkohol, mgkin saya kurang berolahraga dan stress kuliah,saya sangat kaget ketika di vonis dokter mempunyai darah tinggi
      apakah belimbing dapat menurunkan tekanan darah ??????
      terimakasih artikelnya sngt bermanfaat

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Januari 2011 10.46  

    • Selama 6 tahun saya selalu minum obat dari dokter. Tapi apabila saya tidak minum satu hari saja apalagi kalau kurang istirahat pasti saya akan merasakan tekanan darah saya naik. Kebetulan saya juga di rumah bisa ngecek sendiri berapa tekanan darah saya setiap saat saya butuhkan.

      Alhamdulillah, setelah rutin mengkonsumsinya ekstrak teripang tensi saya tidak terlalu mengkhawatirkan. Sehingga saya tidak lagi harus minum obat hipertensi. Selain itu saya juga mempunyai masalah asam urat saya (6,1). Setelah sebulan saya minum Gold-G, saya periksakan ke Laboratorium ternyata angka asam urat turun menjadi (3,1). informasi penjualan teripang klik di http://jellygamatgoldg.biz/

      Oleh Anonymous santya, Pada 22 Januari 2011 20.37  

    • papa saya umur 54th,tengkuk sering pegal2 tekana darah nya 190-90,apakah sudah memasuki tahap parah???dan bagaimana cara mengatasi nya???mohon saran dan bantuan nya,terimakasih.

      Oleh Blogger alex, Pada 4 Maret 2011 12.37  

    • Mama saya 54 th,punya penyakit darah tinggi dan asam urat,,jempol tangan kirinya sering terasa kram dan sakit jika digerakan. sering mengeluh pegal-pegal juga. tensinya 145/90..dokter memberi macam-macam obat, tp setelah obat habis smua keluhan itu kembali terasa. apa ya obat yang benar2 bisa menyembuhkan darah tinggi..?? karena mama saya cape kalo harus mondar-mandir dokter. tolong infonya ya..trima kasih..

      Oleh Blogger putri, Pada 20 Juli 2011 18.35  

    • temen2 mw sembuh dri hiper tensi mkn aja belimbing buluh ato rebud aja daun belimbing buluh djamin deh..terbukti bokap gw sembuh,gk ada tuh ke dokter sgla..sygnya dikota ssh bgt criny,kec tanam sendiri yah!

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 23 September 2011 18.16  

    • Saya"
      Sering sakit dada,dan perut ada gejala apa ya mohon bantuan nya,,oia lagi klu duduk lama 2 trus berdiri terasa pusing apa krang darah,,

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 6 Oktober 2011 22.34  

    • umur gw baru 20 thn dan tensi darah gw dalam keadaan normal slalu diatas 135. indikator hipertensi di alat slalu muncul kedap-kedip.
      gw jg ga taw lg ini knp bisa bgini.
      pdhl gw :
      - rajin bgt fitness dan cardio
      - no alcohol
      - no rokok
      - krn fitness,pola makan so pasti teratur dan memilih makanan yg bergizi baik.
      - no steroid
      - ga suka asin...jadi gw banyakan makan rada tawar2 gitu.
      ======

      Mungkin emang maintain nya segitu mas, Anda tergolong pre-hipertensi

      Oleh Blogger Angio, Pada 11 November 2011 16.53  

    • mas thank buat infonya y..
      kbutulan ortu saya di kampung lgi mendrt darting,tapi menurut saran-saran yang masuk lebih bagus pengobatan dengan herbal...ane mo tau ada g si obat herbal yang ampuh n namanya pa y...

      kunjungi blog ane di web ini ya

      <>

      Oleh Anonymous ade wahid, Pada 20 Januari 2012 19.00  

    Poskan Komentar

    Berlangganan Poskan Komentar [Atom]



    << Beranda