<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6128622652732034671\x26blogName\x3dPenyakit+dan+Pengobatannya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\x26vt\x3d5488503446235692587', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Asma (Asthma)

Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit Asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir.

  • Penyebab Penyakit Asma

  • Sampai saat ini penyebab penyakit asma belum diketahui secara pasti meski telah banyak penelitian oleh para ahli. Teori atau hypotesis mengenai penyebab seseorang mengidap asma belum disepakati oleh para ahli didunia kesehatan.

    Namun demikian yang dapat disimpulkan adalah bahwa pada penderita asma saluran pernapasannya memiliki sifat yang khas yaitu sangat peka terhadap berbagai rangsangan (bronchial hyperreactivity = hipereaktivitas saluran napas) seperti polusi udara (asap, debu, zat kimia), serbuk sari, udara dingin, makanan, hewan berbulu, tekanan jiwa, bau/aroma menyengat (misalnya;parfum) dan olahraga.

    Selain itu terjadinya serangan asma sebagai akibat dampak penderita mengalami infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) baik flu ataupun sinisitis. Serangan penyakit asma juga bisa dialami oleh beberapa wanita dimasa siklus menstruasi, hal ini sangat jarang sekali.

    Angka peningkatan penderita asma dikaitkan dengan adanya faktor resiko yang mendukung seseorang menderita penyakit asma, misalnya faktor keturunan. Jika seorang ibu atau ayah menderita penyakit asma, maka kemungkinan besar adanya penderita asma dalam anggota keluarga tersebut.

  • Tanda dan Gejala Penyakit Asma

  • Adapun tanda dan gejala penyakit asma diantaranya :

    - Pernafasan berbunyi (wheezing/mengi/bengek) terutama saat mengeluarkan nafas (exhalation). Tidak semua penderita asma memiliki pernafasan yang berbunyi, dan tidak semua orang yang nafasnya terdegar wheezing adalah penderita asma!
    - Adanya sesak nafas sebagai akibat penyempitan saluran bronki (bronchiale).
    - Batuk berkepanjangan di waktu malam hari atau cuaca dingin.
    - Adanya keluhan penderita yang merasakan dada sempit..
    - Serangan asma yang hebat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan.

    Pada usia anak-anak, gejala awal dapat berupa rasa gatal dirongga dada atau leher. Selama serangan asma, rasa kecemasan yang berlebihan dari penderita dapat memperburuk keadaanya. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.

  • Cara Menghindari Serangan Asma

  • Langkah tepat yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan asma adalah menjauhi faktor-faktor penyebab yang memicu timbulnya serangan asma itu sendiri. Setiap penderita umumnya memiliki ciri khas tersendiri terhadap hal-hal yang menjadi pemicu serangan asmanya.

    Setelah terjadinya serangan asma, apabila penderita sudah merasa dapat bernafas lega akan tetapi disarankan untuk meneruskan pengobatannya sesuai obat dan dosis yang diberikan oleh dokter.

  • Penanganan dan Pengobatan Penyakit Asma

  • Penyakit Asma (Asthma) sampai saat ini belum dapat diobati secara tuntas, ini artinya serangan asma dapat terjadi dikemudian hari. Penanganan dan pemberian obat-obatan kepada penderita asma adalah sebagai tindakan mengatasi serangan yang timbul yang mana disesuaikan dengan tingkat keparahan dari tanda dan gejala itu sendiri. Prinsip dasar penanganan serangan asma adalah dengan pemberian obat-obatan baik suntikan (Hydrocortisone), syrup ventolin (Salbutamol) atau nebulizer (gas salbutamol) untuk membantu melonggarkan saluran pernafasan.

    Pada kasus-kasus yang ringan dimana dirasakan adanya keluhan yang mengarah pada gejala serangan asma atau untuk mencegah terjadinya serangan lanjutan, maka tim kesehatan atau dokter akan memberikan obat tablet seperti Aminophylin dan Prednisolone. Bagi penderita asma, disarankan kepada mereka untuk menyediakan/menyimpan obat hirup (Ventolin Inhaler) dimanapun mereka berada yang dapat membantu melonggarkan saluran pernafasan dikala serangan terjadi.

    33 Komentar:

    • Bagaimana caranya mengindentifikasi tingkat keakutan atau kekronis dari penyakit asma ini ? Selain dari nafas yang berbunyi apa ada ciri yang lain ?
      Postingan di atas sangat cukup membantu saya dalam memahami penyakit ini

      Oleh Anonymous Gemparuang.Com, Pada 27 Mei 2009 07.22  

    • Sebenarnya kalau sesak nafas dalam asma harus pakai inhaler atau tidak? bagaimana ciri2 seorang yang lagi sesak napas dalam asma? saya ingin tahu karena saya adalah seorang penderita asma sejak kecil

      Oleh Blogger Samuel_Punch, Pada 30 Mei 2009 10.19  

    • apa pantangan tuk orang2 yang punya penyakit asma................?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Juni 2009 22.09  

    • Bila penderita asma adalah wanita yg sedang hamil atau menyusui bagaimana mengatasinya?

      Oleh Blogger kurnia, Pada 8 Agustus 2009 13.55  

    • Dulu sewaktu saya masih kecil,saya memiliki penyakit asma.Tapi dewaSa ini saya merasa penyakit itu tidak ada lagi.
      Apakah penyakit ini dapat timbul kembali????????????????
      selain saya,adek perempuan saya juga terserana penyakit asma.Sekarang ini dia sudah berumur 13 tahun.Adakah cara untuk mengurangi rasa sakitnya Apabila asma nya tersebut kamuh/kumat????????????????

      Oleh Blogger mei chemut, Pada 30 Agustus 2009 00.15  

    • Wah bagus banget artikelnya,sangat membantu dan sangat informatif. Good Post. TXU.

      Oleh Anonymous cari uang, Pada 5 Desember 2009 13.31  

    • Saya mencadangkan kepada mereka yg mengalami asma supaya mencuba Smart Coco A+ sbg ikhtiar. Ada antara mereka yg telah mencuba dan dapat perubahan yg positif. Cuba layari http://anep-enterprise.blogspot.com/

      Oleh Anonymous aneps, Pada 12 Januari 2010 21.39  

    • saya punya anak yg menderita asma penyebabnya flu , maka dirumah hrs ada persedian obat batuk dan obat piliek , sedangkan obat btuknya hrsnya expetorant dan klu terlanjur flu hrs cepat cepat diobati klu tidak akan memperberat kondisi asmanya ...,cari penyebabnya catat dibuku klu anak serangan hbs makana/minum apa..? .sehingga kita tau akibat apa .. hrs selalu mengaontrol dan memberitahu kepada anak tersebut utk penghindari peneyabnya

      Oleh Anonymous enigma, Pada 3 Juli 2010 22.05  

    • bagaimana cr meminimalisir rs sakit, tepat pd saat asma tsb kambuh?????

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 13 Juli 2010 14.11  

    • Article yg bagus tentang asma.tetanggaku skr kena bronkitis kata dokter klo ga di obatin katanya jadi asma.apakah benar begitu?

      Oleh Anonymous Propolis Melia Nature, Pada 21 Juli 2010 23.38  

    • Saya adalah penderita penyakit sama sejak kecil. Sudah lebih dari 12th hampir stp harinya saya musti minum obat. Awalnya dokter mendiaknosa saya terkena bronkhitis,shng selama ini saya salah mengkonsumsi obat. Bukannya sembuh, yang ada malah ketahanan tubuh saya bertambah lemah. Asma memang sangat membebani saya, bahkan saya hampir putus asa. terlebih sekarang ini jantung juga mulai membengkak. Terlalu bnyak menghindari pantangan juga hanyaa membuat saya bertambah stres. saya ga tau lg bagaimana caranya agar astma saya tdk kambuh lg. Menghindari alergen,mulai dari mkanan,udara dingin, udara kotor, bau menyengat,olahraga, dan juga pikiran semua saya coba kendalikan. Namun nyatanya saya tetap kambuh juga. Mungkin pengaruh hormonal juga, krn stp menstruasi wlo semua elergen saya hindari saya tetap kambuh, apalagi jika pemicu mendukung. ga cukup hanya obat tablet dan ventolin inheler, pasti hrs ada oksigen yang membantu. Rasanya lelah. Tapi saya tetap ingin berjuang bersama penyakit ini hingga hembusan nafas terakhir. Karena penolakan akan kehadirannya hanya menambah rasa sakit yang saya rasakan.

      Oleh Anonymous genuelek, Pada 8 Agustus 2010 13.58  

    • apakah orang yg mengidap penyakit asma juga berpotensiterkena penyakit TBC

      Oleh Blogger acoet, Pada 7 September 2010 22.22  

    • saya menderita sesak napas sudah 4thn,saya sekarang di saudi arabia,saya menderita sesak napas kalo di saudi,tapi di indonesia saya merasa sesak itu nga ada,maaf minta pendapat,apakah yang saya derita ini dikatakan asma?.....

      Oleh Blogger mex, Pada 25 Oktober 2010 05.51  

    • karna penyakit asma termasuk penyakit pernafasan, maka yang perlu di perhatikan adalah kebersihan lingkungan, terutama kebersihan udara (udara yang sehat dan bersih)

      Oleh Anonymous sehat walafiat, Pada 12 November 2010 07.05  

    • genuelek// coba pake symbicort..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Desember 2010 22.54  

    • genuelek@ jangan putus asa saya dukung perjuanganmu :) berdoa saja secara maksimal , karena setiap penyakit sudah disediakan obatnya oleh Allah , hanya saja kita belum menemukan obatnya ..
      saya juga penderita asma , selama ini saya atasi dengan berfikiran tenang , tidak terlalu capek bekerja , diperbanyak ibadah ..
      yang Alhamdulilah itu lebih JITU dibanding mengkonsumsi obat yang berlebihan .
      semoga dapat teratasi

      aktikel yang bagus :)

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Januari 2011 17.47  

    • adakah pantangan makanan untuk penderita asma?

      Oleh Blogger deilin_rashtya, Pada 6 Februari 2011 09.59  

    • Kalau menderita asma, kita harus perhatikan faktor0faktor yang bisa menjadi pencetus asma.
      bisa liat di web ini ya www.balitasamrt.com

      Oleh Anonymous azestinova, Pada 3 Maret 2011 10.06  

    • alhamdulillah, penyakit asma saya sampai hai ini masih ada,.
      dan semakin akut,.

      bagi rekan2 yg memiliki penyakit asma, .
      mungkin bisa menoba saran dari saya,.
      1. jgn terlalu stres & terlalu gembira,.
      2. jgn berolahaga yg terlalu menguras tenaga,. tapi kalau berenang, itu oke, manfaat sangat terasa (tapi yg rutin ya, &* pakai gaya dada,.
      3. jgn makan gorengan yg berlebihan, terutama yg minyaknya terlalu banyak (pisang goreng),.
      4. jgn minum es atau pun yg bersifat dingin, kalau bisa minum air hangat aja,.
      5. jika sudah terlalu akut, hindari tempat2, yg berpolusi udara, seperti debu, dan bau2an yg sangat menyengat,.
      6. hati unta di minum dgn kopi,. itu mantap lho, saya sering coba, kalau lagi mau kumat,. langsung makyus,.
      7. untuk sharing lebih lanjut add, ym saya aja, aiglu@ymail.com
      semoga membantu,. tq

      Oleh Blogger BENGKEL HANDPHONE, Pada 3 Mei 2011 11.16  

    • saya jg skit asma
      asmanya asal dri mana yah?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 27 Mei 2011 20.38  

    • saya menganjurkan untuk mengkonsumsi TAHITIAN NONI JUICE karena sudah teruji secara human clinical trial dan mendapat 52 paten internasional produk untuk info lebih lanjut baca http://nonisolution.com/ atau http://tasya-tahitiannoni.blogspot.com/ atau hubungi vita syafitri 085711372946.
      semoga bermanfaat

      Oleh Blogger tasya, Pada 29 Mei 2011 11.20  

    • Kl sy dr kcil memang pendrita asma,Alhamdulillah bebrp thun terakhir ini sy meminum ramuan raga prima(cap payung) shngga asma sy hmpir tdk prnh kambuh lg...mgkn teman2 bisa coba.

      Oleh Blogger satria, Pada 17 Juli 2011 08.14  

    • saya juga mengidap penyakit asma sejak kecil, dan sekarang umur saya udah 1/4 abad,,,penyakit saya dulu sering kambuh hampir 3 bulan sekali..ada yang menayarankan untuk mengkonsumsi apel hijau tiap hari tanpa di kupas kulitnya,,,alhamdulillah hasilnya mantapp...tapi lama kelamaan musim apel d tempat saya agak jarang,,,e malah kambuh lagi,,,tapi sekarang saya mengatasinya dengan cara minu air tanpa menggunakan gelas,,mksudnya gelek langsung dari kocornya,,sy lkukan setiap sebelem tidur n setelah bangun tidur...insyaAllah ada perubahan...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 9 Agustus 2011 00.47  

    • saya dulu sewaktu kecil memiliki asma
      tapi semenjak saya berumur 10 tahun penyakit itu serasa hilang
      saya sekarang berumu 15
      apakah saat nanti saya dewasa dapat kambuh kembali???
      dan cara mencegahnya bagaimana??

      Oleh Blogger nurul wachidah, Pada 21 November 2011 19.29  

    • bagaimana cara meredakan kambuhnya asma ketika ditempat yang jauh dari rumah sakit atau klinik dan tidak membawa obat,,..??

      Oleh Blogger Ndo' cHiLiNz eA jUleO mIttWocH, Pada 30 Desember 2011 10.08  

    • bagaimana cara meredakan kambuhnya asma ketika ditempat yang jauh dari rumah sakit atau klinik dan tidak membawa obat,,..??

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 30 Desember 2011 10.17  

    • Sy baru tahu anak sy usia 5 th mempunyai asma. Sedih klo lihat dia kena serangan. Bagaimana ya cara mengatasi anak yg aktif sementara dg asmanya ini dia nggak boleh terlalu capek...dari post2 diatas ada yg asmanya tdk mun cul setelah besar, semoga anak saya juga demikian.. Aamiin

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 4 Februari 2012 17.26  

    • kalo ada obatnya kasih tauya gan ...

      Oleh Blogger Nayla Ona, Pada 7 Februari 2012 20.01  

    • sama, anak saya 14bln terkena asma, dan sekarang masih diberi obat yang dianjurkan dokter, sedihnya anak saya gak mau makan mungkin karena sesaknya , jadi hanya minum asi.. Mudah2an lekas sembuh

      Oleh Anonymous ibusara, Pada 23 Februari 2012 01.01  

    • saya astma dah 25 taun berbgai obt dah tak coba tp tetep aja bengek.bntuin dong...

      Oleh Blogger my sweet blogger, Pada 20 Maret 2012 16.50  

    • Saya rasa obat untuk menyembuhkan asma belum ada,tp obat untuk mengurangi tingkat kambuhnya dan tingkat sakit pada saat kambuh aja.Saya penderita asma turunan,dan sudah 20thn lbh saya bergelut dengan asma saya ini.Hal yg hrs dihindari penderita asma adalah debu dan alergi makanan (kalo saya alergi udang dan kepiting ),kemudian aktifitas yg berlebihan atau terlalu cape dan jg stress jg dapat memicu asma, lalu udara dingin dan lembab jg dapat memicu asma untuk beberapa orang..bila asma anda kambuh mungkin anda bisa mencoba cara saya,minta bantuan teman atau siapapun yg dekat dengan anda untuk memijat punggung anda perlahan,krn pijitan tersebut dapat membantu membuat rileks pernafasan anda (catatan posisi anda hrs duduk jgn tidur )akan lebih bagus bila anda tau titik pijatan refleksi pernafasan pd kaki bisa membantu meringankan pernafasan, ganjal punggung anda dengan bantal bila nafas terasa sesak jgn dipaksa tidur krn nafas akan semakin berat ( kecuali anda telah minum obat utk meringankan sesak nafas ), minum teh hangat juga dapat meringankan sesak nafas,bila terasa nafas mulai membaik segera cari udara segar..itu cara saya mengatasi kambuh pada asma saya...terimakasih,dan mohon maaf bila ada salah2 kata...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 24 Maret 2012 03.50  

    • Tengs mas bro sarannya, krn artkel nya saya jd tau gmn cr nanggulangin asma, tengs bget mas. . . . :)

      Oleh Blogger Debby Pratama, Pada 17 Mei 2012 04.53  

    • kalau saya punya astma dr kcl krna faktor keturunan juga..dr kcl sering pindah2 rmh sakit tp sampai skrg asma saya ga sembuh2....apalagi sdh 2thn ini hmpr tiap hr saya selalu kambuh padahal saya jarang capek tapi untuk sekarang2 ini kenapa setiap kambuh pasti nafas saya terganjal ditenggorokan dan sangat tersiksa sekali karena jadi ga bisa nafas sama skli dan rasanya seperti mao mati saja klw sdh kambuh apalagi sekarang hampir setiap hari saya kambuhnya...ga mengenal mlm or pagi pasti bisa kambuh...kira2 apa penyakit saya sdh tambah parah y?

      Oleh Blogger TOKO ONLINE QOE, Pada 30 Mei 2012 09.21  

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]



    << Beranda