<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6128622652732034671\x26blogName\x3dPenyakit+dan+Pengobatannya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\x26vt\x3d5488503446235692587', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.

Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

A. Penyebab Gagal Ginjal

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang didedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :
  • Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
  • Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
  • Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur)
  • Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
  • Menderita penyakit kanker (cancer)
  • Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
  • Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah ; Kehilangan carian banyak yang mendadak ( muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis.

Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal 2 macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.

B. Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain : Bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah /darah, sering kencing. Kelainan Urin: Protein, Darah / Eritrosit, Sel Darah Putih / Lekosit, Bakteri.

Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain : Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi. Kelainan urin: Protein, Eritrosit, Lekosit. Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positif.

C. Penentuan Diagnosa Gagal Ginjal

Seorang Dokter setelah menanyakan riwayat kesehatan penderita dan tanda serta gejala yang timbul, untuk menentukan adanya/terjadinya kegagalan fungsi ginjal maka Beliau akan melakukan pemeriksaan fisik yang difokuskan pada kemungkinan pembesaran organ ginjal atau pembengkakan sekitar ginjal. Apabila dicurigai terjadinya kerusakan fungsi ginjal, maka penderita akan dikonsultasikan kepada seorang ahli ginjal (Nephrologist).

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan laboratorium baik darah ataupun urine guna melihat kadar elektrolit sodium dan potassium/kalium. Pada kasus-kasus tertentu tim medis mungkin melakukan pemasangan selang kateter kedalam kantong urine (bladder) untuk mengeluarkan urine. Bila diperlukan, Tim medis akan menyarankan pemeriksaan pengambilan gambar struktur ginjal dengan metode Ultrasound, Computed tomography (CT) scans atau dengan cara Magnetic Resonance Imaging (MRI) scans. Bahkan ada kemungkinan dilakukannya tindakan biopsy, yaitu pengambilan contoh (sample) jaringan ginjal.

D. Pengobatan dan Penanganan Gagal Ginjal

Penanganan serta pengobatan gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebagai contoh, Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.

Seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal sangat perlu dimonitor pemasukan (intake) dan pengeluaran (output) cairan, sehingga tindakan dan pengobatan yang diberikan dapat dilakukan secara baik. Dalam beberapa kasus serius, Pasien akan disarankan atau diberikan tindakan pencucian darah {Haemodialisa (dialysis)}. Kemungkinan lainnya adalah dengan tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal.

E. Tindakan Pencegahan Terserang Penyakit Ginjal

Kita yang dalam kondisi "merasa sehat" setidaknya diharapkan dapat melakukan pemeriksaan kedokter/kontrol/laboratorium. Sedangkan bagi mereka yang dinyatakan mengalami gangguan Ginjal, baik ringan atau sedang diharapkan berhati-hati dalam mengkonsumsi oabat-obatan seperti obat rematik, antibiotika tertentu dan apabila terinfeksi segera diobati, Hindari kekurangan cairan (muntaber), Kontrol secara periodik. Semoga artikel ini berguna bagi Anda yang membutuhkan, Terima kasih.

63 Komentar:

  • terimakasih mbak semoga dengan membaca tulisan ini semakin banyak orang yang mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan terutama ginjal sekali lagi terima kasih semoga apa yang telah mbak lakukan dibalas oleh tuhan yang maha kuasa

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 21 Agustus 2008 05.50  

  • banyak orang yang secara kalimat tahu tentang gagal ginjal, tapi tidak secara mendetail. BUtuh dukungan dari barbagai sisi untuk mengedukasi smua orang tantang ajaibnya fungsi organ seperti ginjal. tulisan mbak membuat semua bahasa-bahasa medis yang njlimet bisa di pahami secara sederhana. tetap konsist!!!

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 September 2008 15.22  

  • numpang tanya,
    kalo penyakit ginjal udah sampe tahap cuci darah, separah apakah penyakitnya?
    dan apa penyebabnya sampai bisa separah itu?

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 31 Maret 2009 13.24  

  • kalo mang sakit ginjal itu udah parah,kira2 hidupnya akan bertahan brapa lama.

    Oleh Blogger kardiana Metha Rozhana, Pada 8 April 2009 16.37  

  • saya juga terkena penyakit gagal ginjal, sepengetahuan saya, setiap yang menjalani tahap cuci darah biasanya dia akan mengalaminya seumur hidup.... teman-teman saya yang HD(hemodialisa) memiliki riwayat 35 sampai 40 kali cuci darah hingga kini.... kawan saya yang dari Tangerangpun hingga beliau meninggal dunia... beberapa bulan lampau....

    Oleh Blogger AZ-ZAHRO CELLULER, Pada 24 April 2009 09.18  

  • eh, ada loh... temenku sembuh dari gagal ginjal, padahal udah di vonis dokter umurnya tinggal 1 bulan lagi.

    Sampai hari ini, 4 bulan sejak di vonis dokter malah tambah sehat.
    baca ulasannya di:

    http://ekojuli.wordpress.com/2009/05/04/sahabat-saya-sembuh-dari-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/

    Oleh OpenID ekojuli, Pada 16 Mei 2009 12.25  

  • mencegah penyakit gagal ginjal bisa kita lakukan dengan pola hidup sehat. 75% tubuh kita terdiri dari air, oleh sebab itu minumlah air yang hanya mengandung H2o aja. kita tidak perlu mengkonsumsi air yang banyak mengandung mineral, karena mineral dalam air banyak kandungan anorganik alias tidak bisa hancur didalam tubuh, dan saya hanya menyarankan pengobatan dengan bahan-bahan herbal.

    Oleh Blogger eko, Pada 16 Juli 2009 21.56  

  • Terimakasih sebelumnya atas informasinya. Saya ingin menayakan mengenai gejala yg saya alami selama ini. Awalnya saya tidak memperdulikan sakit dipinggang yang saya rasakan selama ini, tp lama-kelamaan jadi tambah sakit, ditambah lagi sering mual mual kalau mandi, cuma gejala lain yang mbak sebutkan tidak ada, o ya kalau bangun tidur kalau pinggangnya sakit pasti kencingnya bau. Apakah ini gejala ginjal. Tolong jawabannya di imel ke choirrizal@yahoo.com. Terimakasih

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 13 Agustus 2009 22.29  

  • eberapa penyakit ginjal kadang bukan dari makanan/minuman, namaun dari pikiran kita yang mungkin tertekan dan stress dalam jangka panjang, sehingga menimbulkan hormon berlebihan dan menyebabkan reaksi komplex yang akhirnya kena ginjalnya. Jika parah bisa mengarah ke lupus..
    Free Donwload Expert Advisor

    Oleh Anonymous Matt, Pada 7 September 2009 13.26  

  • trims. edukasinya untuk pencerahan di hari ginjal sedunia, semoga semakin banyak yg peduli terhadap kesehatan terutama ginjal.

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 29 September 2009 00.29  

  • Terima kasih atas infonya tentang ginjal. Kemarin orang tua saya sudah periksa ke dokter dan telah
    melalui tahap ronsen, tetapi doketer yang memeriksa kelihatanya agak kesulitan melihat/menganalisa
    penyakitnya, karena setelah di ronsen tidak ditemukan penyakitnya maka dokter menyimpulkan bahwa
    ortu saya terkena penyakit ginjal dengan berdasarkan wawancara/konsultasi tentang yang sebenernya
    dirasakan ortu saya. Yang mau saya tanyakan apa yang seharusnya saya lakukan/ langkah apa yang
    sebaiknya dilakukan untuk mengetahui lebih jelas penyakit yang diderita ortu saya kalo emang dengan
    hasil ronsen tidak menemukan kepastian? kalaupun ortu saya terkena ginjal obat apa yang lebih bagus
    untuk dikonsumsi? Kalau anda punya kenalan dokter khusus penyakit dalam tolong diinfokan email atau
    blok yang harus saya kunjungi suya ortu saya bisa sembuh total dari penyakitnya. sebelumnya kami
    ucapkan terima kasih, kalau anda bersedia tolong balas ke email saya. mulyono.shut@yahoo.co.id,
    terima kasih....

    Oleh Blogger mulyono, Pada 18 Oktober 2009 14.15  

  • Artikel yang menarik. Saya ingin tanyakan, seberapa efektifnya hemodialisa untuk penanganan klien dengan gagal ginjal ?

    Oleh Anonymous Budix, Pada 24 Oktober 2009 19.43  

  • terima kasih untuk informasinya, sangat berguna bagi saya di sini..

    Oleh Blogger Sleepy, Pada 3 November 2009 15.56  

  • ibu saya di fonis gagal ginjal. sakit dari bulan maret dan sudah cyci darah. saya merasa kasian karena hidupnya seperti di gantung. kami sudah berusaha dengan juga mengikuti pengobatan alternatif tapi tidak hasil yang signifikan. hingga pada akhirnya harus tetap cuci darah...
    yang jadi pertanyaan bagaimana kalau yang di cuci darah itu sedang mengandung bayi di dalamnya? apa pengaruhnya?

    Oleh Blogger queen b, Pada 5 November 2009 20.00  

  • assalamu'alaikum wr.wb.
    saya sendiri adalah penderita gagal ginjal, dan saya sudah menjalani tahan cuci darah selama 3thn.

    dengan usia yg terbilang masih sangat muda(23thn), kadang saya merasa sangat depresi. kadang saya berpikir, sampai kapan saya harus menjalani keadaan seperti ini??

    pengobatan alternatif juga sudah banyak saya datangi, namun hasil nya belum ada sampai sekarang.

    u/ teman2 disini, saya hanya mengharapkan doa dari teman2, agar saya bisa kembali sembuh dan sehat.
    amiiin.
    terimaksih, wassalam.

    Oleh Blogger reza, Pada 12 Desember 2009 11.31  

  • Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
    Obat Alami untuk penderita penyakit gangguan ginjal bisa dengan PROPOLIS.

    Propolis dikumpulkan getah-getah pohon dan dicampur dengan cairan dari tubuh lebah dan dugunakan untuk melindungi sarang dan koloninya dari bahaya virus, bakteri, maupun jamur. Sarang lebah menurut penelitian merupakan tempat hunian paling steril di dunia.

    Setelah membaca banyak artikel mengenai Manfaat Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah bisasa membantu penyembuhan penderita diabetes & segala macam penyakit yang lain (luar dalam). Propolis memiliki manfaat yang berfungsi sebagai:
    1. Antibiotika Alami (Anti infeksi, antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
    2. Anti Radang
    3. Anti Alergi
    4. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
    5. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
    6. Nutrisi (memperbaiki dan mempercepat regenersi sel-sel tubuh)
    7. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)

    Kandungan Bioflavanoidnya yang tinggi pada PROPOLIS (1 tetes setara dengan yang terkandung pada 500 buah jeruk) sangat berguna pada pemulihan system kapilari, kerapuhan dan kebocoron pembuluh darah.

    Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

    “……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

    Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com

    Semoga bermanfaat. InsyaAllah.

    Oleh Anonymous obat ginjal alami, Pada 26 Januari 2010 00.00  

  • aku ngak tau kenapa dr. yang menangani pasien yang terkena penyakit ginjal ( GGK, GGA) sindrom neprotic lainnya. kurang begitu peduli sehingga banyak kasus pasien yang menderita penyakit ginjal dimana tepat ruah sakit saya bekerja hapir 80% berakhir dengan kematian.

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 1 Maret 2010 21.51  

  • ass.....
    langsung saja yach...1bulan yang lal;u saya divonis kalau saya terkena infeksi kandung kemih..saya ingin bertanya apakah kalau infeksi yang saya derita ini dapat menyebabkan gagal ginjal apabila tidak segera diobati?

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Maret 2010 17.05  

  • apakah berbahaya minum air putih terlalu banyak untuk penderita penykit gagal ginjal?
    tmksh

    Oleh Blogger andi gelz, Pada 16 April 2010 20.45  

  • Mau Share Ya. Propolis merupakan solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk gagal ginjal, yg bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (seperti yang telah dinyataka dalam Q.S. An Nahl Ayat 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com

    semoga bermanfaat
    sodikin

    Oleh Anonymous sodikin, Pada 23 April 2010 07.08  

  • saya adalah seorang penderita gangguan ginjal,setahun yang lalu saya senpat dirawat diRs selama 1 bln, krena kurangnya informasi yang saya terima sampai saat ini saya tidak tahu seberapa parah keadan saya,pd wkt masuk RS saya dijadwalkn untuk cuci darah, namun stelah 1 minggu dirawat,penjatwalan itu dibatalkan. dan saya tidak jadi menjalani cuci darah.
    yang ingin saya tanyakan disini, apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh seorang penderita gagal ginjal? dan apakan bahayanya terlalu banyak minum air putih? karena saya termasuk orang yang banyak minum air putih.

    Oleh Blogger tarisaamalia, Pada 2 Mei 2010 20.19  

  • SAYA INGIN MENDONORKAN SALAH SATU GINJAL SAYA UTK MENOLONG PARA PASIEN
    GAGAL GINJAL. UMUR SAYA 21 TAHUN, GOLONGAN DARAH O, TIDAK PERNAH
    MEROKOK, TIDAK PERNAH KONSUMSI ALKOHOL, TIDAK MENGIDAP PENYAKIT
    APAPUN, GINJAL SEHAT 100% (BISA DICEK). BILA ADA YG BERMINAT BISA
    HUBUNGI SAYA LEWAT EMAIL DI DIPTA_Y@STUDENTS.ITB.AC.ID. TERIMAKASIH

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 8 Mei 2010 18.29  

  • terima ksih buat infox.....
    semoga bermanfaat buat semuax...
    trus, apkah seseorang yang mengalami gagal ginjal dapat sembuh dan hidup normal kembali???

    Oleh Blogger ass, Pada 27 Mei 2010 09.01  

  • Kalo dah sakit gagal ginjal n mesti cuci darah tuh kasihan bgt.. tetanggaku juga, kirain cuma berapa bl aja cuci darah, eh malah udah 4 th bolak balik RS Semarang buat cuci darah. Tapi herannya bulan mei kmrn waktu aku ketemu, udah ga cuci darah lagi!kata dokternya, ginjalnya udah sehat. aku sampe heran... ternyata dia pergi ke spesialis gagal ginjal di mangkang, smg barat. katanya murah & dah byk yg sembuh ;)
    sekedar info aja deh..daripada keluar duit puluhan juta, sakit lagi... cari aja fb nya ya.. namanya: miracle naturotherapy
    kalo fb aku: bea sharon

    c ya

    Oleh Anonymous nona, Pada 17 Juni 2010 15.34  

  • Propolis bantu menyembuhkan gagal ginjal
    http://propolispropolis.blogspot.com/2010/06/propolis-stop-cuci-darah-gagal-ginjal.html

    Oleh Blogger Tommy Widiatmo, Pada 27 Juni 2010 19.40  

  • mmm menurut q asal kita semengat untuk sembuh n jangn menyerah untuk bisa sembuh pasti bisa sembuh, kita ga tau apa yang akan terjadi d masan akan datang semua sudah ada yang atur , kita hanya bisa berusaha.semngat lah dalam jalani hidup, semua pernyakit asal kita semangt hidup pasti akan hilang dengan sendirinya.

    Oleh Blogger syarif hidayatulloh, Pada 8 Juli 2010 06.33  

  • semua pernyakit pasti ada obatnya,

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 8 Juli 2010 06.35  

  • wuichh. . . . keren.....

    q mau tanya,gimana kalo penyakit alzheimer menyerang remaja di bawah usia 20tahun...????
    kirim jawabane ke email saya : dimas_bepe@yahoo.com

    Oleh Blogger dimas bepe, Pada 3 Agustus 2010 04.30  

  • PROGRAM PEMULIHAN GAGAL GINJAL KRONIS, MENGURANGI CUCI DARAH, HINGGA MENGHENTIKAN CUCI DARAH DGN MENYEMBUHKAN GINJAL SENDIRI TANPA OPERASI CANGKOK GINJAL YG BERESIKO DAN MEMBUTUHKAN MIN SETENGAH MILIAR- SATU MILIAR RUPIAH.

    http://ginjalsehat.wordpress.com

    TERSEDIA PROGRAM DGN GARANSI KESEMBUHAN(PREMIER)

    baca://ginjalsehat.wordpress/testimony

    SATISFIED GUARANTY

    email: rumahginjalsehat@yahoo.com

    GUARANTY PROVED dgn perjanjian terlebih dahulu

    Oleh Anonymous sary, Pada 18 September 2010 20.56  

  • saya sangat berterima kasih atas semuanya,,
    mudah-mudahan ibu saya lekas sembuh....

    maaf sebelum'a saya ingin tau bagai mna cara menangani penyakit itu dengan baik dan benar....

    hal apa saja yg tidak boleh di lakukan,, dan hal apa yang yg tidak blh di makan dan d minum?
    terimakasih

    Oleh Blogger pitri, Pada 22 November 2010 08.57  

  • pantangan untuk orang sakit ginjal: kurangi manis, kurangi pikiran, jangan makan daging merah dan hindari makanan yang mengandung bahan kimia sintetis, info pengobatan herbal penyakit ginjal http://jellygamatgoldg.biz/obat/obat-herbal-untuk-penyakit-ginjal.html

    Oleh Blogger Santya, Pada 25 November 2010 22.10  

  • apakah sering mengalami sakit pinggang itu merupakan sudah terkena sakit ginjal

    Oleh Blogger jalil, Pada 13 Desember 2010 01.02  

  • apakah sakit pingang itu telah dikatagorikan terkena sakit ginjal dan kalau sering mengalami sakit pinggang disebabkan oleh apa dan bagai mana cara mengobatinya

    Oleh Blogger jalil, Pada 13 Desember 2010 01.05  

  • Kepada temen2 yang pernah mendengar saudaranya atau temen, atau tetangganya menderita gagal ginjal coba sarankan untuk mengkonsumsi propolis dikombinasikan dengan habbatussauda' cair, dan madu. Beberapa waktu yang lalu, saudara saya sudah difonis wajib cuci darah. Alhamdulillah setelah mengkonsumsi herbat di atas, perkembangannya cukup baik bahkan mulai dapat beraktivitas seperti biasa yang sebelumnya hanya mampu tidur saya.

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Januari 2011 07.41  

  • terimakasih atas infonya... sangat bermanfaat bagi saya... semoga blog ini terus berkembang di masa yang akan datang...

    salam HerbalMaster

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 27 Mei 2011 17.14  

  • banyak produk bagus untuk mengurangi frekuensi cuci darah,
    namun sistem pemulihannyalah yang harus benar" diperhatikan.
    kami menyediakan konsep kesehatan dengan produk bergaransi dan berkualitas.
    insyaallah akan banyak membantu,
    cp : 0856 225 7771 (annisa)

    Oleh Blogger Rahmany, Pada 3 Juni 2011 06.14  

  • banyak produk bagus untuk mengurangi frekuensi cuci darah,
    namun sistem pemulihannyalah yang harus benar" diperhatikan.
    kami menyediakan konsep kesehatan dengan produk bergaransi dan berkualitas.
    insyaallah akan banyak membantu,
    cp : 0856 225 7771 (annisa)

    Oleh Blogger Rahmany, Pada 3 Juni 2011 06.14  

  • terimakasih atas infonya
    saya sedang berusaha mencari informasi penyakit ini karena ayah saya sedang dalam masa pemulihan

    Oleh Blogger Ahmad Indra Bahar, Pada 8 Juni 2011 10.37  

  • saya seorang ibu berusia 35thn,baru tau kalau ginjal saya cuma 1 sebelah kiri saja yg sebelah kanan tdk ada pd hal sy tdk pernah mendonorknx,berarti ini dari sejak lahir,sy mau tanya apa harus sy lakukan untuk mengatasi yg supaya sy tdk di kena namax gagal ginjal dn pantanganx apa aja tlg infox sy tunggu email sy alamsutra19@yahoo.co.id trimakash sebelumx

    Oleh Blogger syamsuddin nur, Pada 19 Juni 2011 22.14  

  • apa ada sejak lahir ginjalx cuma 1 untuk mencegah yg namax gagal ginjal apa aja yg harus sy lakukan dn pantanganx apa aja trimaksih sy tunggu infox

    Oleh Blogger syamsuddin nur, Pada 19 Juni 2011 22.20  

  • saya berharap disini kita bisa saling kontak & silahturahmi antara sesama pasien gagal ginjal... tuk share & bagi pengalaman & info lainnya... mungkin ada yg bisa sembuh... mari kita saling kontak... hub saya : 081331939505

    Oleh Blogger deddy s, Pada 10 Juli 2011 18.26  

  • saya sering sekali mengalami sakit pinggang....
    dan saya juga sering mengalami kecapean...
    kalau saya boleh tau ni,, cara mengatasi nya itu bagaimana ya...
    trima kasih..

    Oleh Blogger maria, Pada 22 Juli 2011 21.11  

  • pantangan untuk orang sakit ginjal: kurangi manis, kurangi pikiran, jangan makan daging merah dan hindari makanan yang mengandung bahan kimia sintetis

    Oleh Anonymous gagal ginjal, Pada 27 Juli 2011 12.55  

  • Thanks infonya lumayan buat jaga-jaga...

    Oleh Blogger Sidik Pramono, Pada 14 Agustus 2011 11.31  

  • munkin saya bisa bantu untuk pengobatan dengan metode hipnotherapy hub. di no. 085742023572 praktek di jogja...optimis sembuh...!!!

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Agustus 2011 12.06  

  • Bersyukur sekali saya menemukan artikel ini. saya laki-laki berumur 28 tahu belum menikah.pada hari rabu, 7 september 2011 saya naik bus. pada saat itu saya gak kuat menahan kencing. malamnya saat saya tidur gak terasa celana saya basah oleh air kencing. esokan harinya setelah bangun pagi pinggang kiri saya terasa sakit, dan selalu merasa ngantuk.baru siangnya rasa skitdi pinggangberkurang, tapi rasa ngantuk tetap ada. apakah ini juga merupakan gejala penyakit ginjal. kalau memang benar, apa yang harus saya lakukan, trimakasih atas iformasinya. saya tunggu bantuan nasehatnya ke alamat email saya "worokoes7@gmail.com"

    Oleh Blogger kus, Pada 8 September 2011 14.17  

  • saya penderita polysytic kidney and ren. saya ingin mengetahui perawatan dan pantangan yang harus saya lakukan agar tidak terjadi gagal ginjal.

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 10 September 2011 10.29  

  • Ass..
    Insya Alloh saya juga bisa membantu dengan berbagi informasi untuk pengobatan gagal ginjal menggunakan metode medis Timur/Persia yang obatnya menggunakan ekstrak serangga, hewani dan tumbuhan. Dengan formula Alqanun seperti yang tertulis dalam kitab Alqanun FI-Attib, berdasarkan ilmu Canon Medicinae Ibnu Sina.
    Cp : 085659373636 (Hana Marwati)

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 September 2011 22.56  

  • sekedar info: seseorg di katakan sakit ginjal bila pemeriksaan lab darah untuk ureum dan kreatininx di atas normal. Yg hrs dlakukan bila menderita gagal ginjal adalah menjada asupan cairan/ hari agar tdk berlebihan yaitu disesuaikan dgn dgn brp jumlah urin/kencing yg dikeluarkan setiap hari ditambah 500ml. Jadi kalau volume kencing/hari 1000ml, maka cairan yg d konsumsi maksimal 1000ml + 500ml = 1500ml. cairan ini sdh termasuk air minum dan kuah sayur yg di santap/ hari. Dan yg paling penting adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan yg mengandung garam (ucapkan selamat tinggal pada garam), tdk boleh mengkonsumsi makanan yg banyak mengandung kalium seperti air kelapa, umbi2an (kentang, ubi kayu, ubi jalar, dll),rambutan dan langsat, dan menjaga asupan makanan agar tidak berlebihan dan jgn sampai menderita anemia (minum suplemen penambah darah setiap hari). Semoga bermanfaat

    Oleh Blogger vina mars, Pada 23 Oktober 2011 15.10  

  • gagal ginjal dapat diketahui dengan pemeriksaan laboratorium darah yaitu pemeriksaan ureum dan kreatinin. Bila hasilx d atas nilai normal maka anda mengalai gangguan pada fungsi ginjal. Bagi yang mengalami gagal ginjal harus membatasi asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan. Caranya: cairan yang masuk/hari adalah jumlah cairan yang dikeluarkan/hari (kencing) + 500ml. Contoh: bila volume kencing 1000ml/ hari, maka total jumlah cairan yang dikonsumsi perhari adalah 1000ml + 500ml = 1500ml (ini sdh termasuk cairan kuah sayur yang di makan dan air minum). Dan yang paling penting adalah TIDAK BOLEH MENGKONSUMSI GARAM,jadi ucapkan selamat tinggal pada makanan yang mengandung garam krn sangat berbahaya bagi ginjal (memperparah fungsi ginjal), selain itu tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi seperti air kelapa, umbi2an (kentang, ubi jalar, ubi kayu), pisang, rambutan, dan langsat. Jaga pula asupan makanan yang mengandung protein agar tidak berlebih tetapi jangan sampai kekurangan darah (anemia), sehingga perlu diberikan suplemen penambah darah untuk mencegah anemia (penderita gagal ginjal cenderung menderita anemia). Semoga bermanfaat.

    Oleh Blogger vina mars, Pada 23 Oktober 2011 15.25  

  • Trimz pengetahuan nya tentang ginjal kalau penyakit gagal ginjal to apa obatnya ia ...??

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 12 November 2011 04.57  

  • pacar saya punya penyakit gagal ginjal yg cukup parah,mohon doa nya agar cepat cepat sembuh..

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 10 Desember 2011 15.48  

  • asslkm, saya pebbi berusia 20 tahun,
    saya sering sekali mengalami sakit pinggang sebelah kiri dan sakit punggung..kalau bangun tidur sering sekali saya rasakan sakit yang luar biasa di daerah pinggang dan pungggung...sakit pinggang sudah saya rasakan semenjak sma kelas 3 sampai sekarang, apakah saya menderita sakit ginjal ya??saya belum pernah memeriksakan ke dokter karna saya dengar biayanya mahal.mohon info nya ya di pebbitiffany@yahoo.com
    wsslkm

    Oleh Blogger Coretan Pebbi, Pada 14 Desember 2011 04.23  

  • Kalau misalkan si penderita itu muntah apa yang harus saya lakukan? Terus kan gak boleh makan yang mengandung garam? Apakah ada pengganti garam? Makanan seperti apa yang boleh di konsumsi? Terus kalau minum apa harus air putih saja? Kalau susu bagaimana?

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Desember 2011 19.34  

  • ibu sya sedang mengalami gagal ginjal. dan sudah cukup lama dan parah.
    kalau dari pihak medis menyarankan agar cuci darah, namun kmi menolak, karena pertimbangan cuci darh hanya memperlambat/penundaan sementara kematian,artinya tidak untuk menyembuhkan.
    jalan yg kalmi ambil sekarang adalah dengan menggunakan obat2 an herbal,

    jika ada saudara2 yg mau membantu informasi,atau nasehat, atau tempat berobat yg bisa di andalkan , share pengalaman bagi yg pernah mengalami, n sembuh..
    kiranya sudi membantu kami...
    087749265349

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 24 Januari 2012 16.35  

  • info yang bagus dan bermanfaat....ijin copas ya....trmksh

    Oleh Blogger endang widjayanti, Pada 6 Maret 2012 16.43  

  • saya christine,,,,saya baru trkena ginjal ringan,,,saya mreasa takut sekalii,,,

    ,,saya sangat sedih sekali,tmn" keluarga tidak ada yAng membri smangat aku untuk sehat kembali,,;(

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 13 Maret 2012 21.39  

  • saya mau tnya bagaimana cara mengatasi y kalau bisa smbuh seperti itu...

    trus berapa kali chek up dlm sebulan y?

    Oleh Anonymous yuliana, Pada 14 Maret 2012 10.44  

  • seminggu sebelum chek up tekanan darah nya 170 mmHg, kemudian di chek laboratorium ke RS hasil nya: asam urat, ureum dan kreatinin nya diatas nilai normal kemudian setelah Chek up dan makan obat pasiennya muntah2 setiap kali makan dan minum apapun, pada pipi nya juga terjadi pembengkakan. saudara sekalian saya mwu nanya, apa itu penyakit gagal ginjal yang sudah parah atau masih gangguan yang masih bisa disembuhkan secepatnya? trimakasih

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 21 Maret 2012 15.28  

  • permisi nimpang nanya.
    kakek saya berpenyakit ginjal, kantung kemih, dan jantung.
    sehingga tidak dapat minum banyak" sedangkan harus minum.
    dan katanya kadar kreatininnya 6,3.
    jadi, apa yang harus kami sekeluarga lakukan?

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 Maret 2012 23.30  

  • Saudara sepupu saya baru menemui ajalnya beberapa hari lalu karena menderita penyakit ginjal yang sudah kronis. Penderitaannya sih sudah setahunan, dan beliau dianjurkan utk cuci darah tapi ditolaknya karena ia pikir itu tidak akan membantu kesembuhannya walaupun biaya pencucian dari sampe berpuluh-puluh maupun beratus-ratus juta utk sekedar memperpanjang umurnya. Tiga minggu terakhir beliau mengalami penurunan kesehatan yg semakin drastis, dan sempat dibawa ke rumah sakit selama 2 hari dan hari ketiga ia menghembus nafas terakhirnya di usianya yg ke 58. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang mulia di sisinya karena beliau adalah insan Allah yang sholeh dan berakhlak mulia. Amin amin amin ya Rabbal Alamin.

    Oleh Blogger Dhile, Pada 28 Maret 2012 19.15  

  • Bapak saya penderita Gagal ginjal Kronik, Beliau harus menjalani terapi Hemodialisis 5 hari sekali. Kami akan tetap berusaha demi kesembuhan beliau. Sekiranya saudara semua apat b erkenan membantu kami. Terimakasih.

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 April 2012 21.56  

  • iyaw gimana pengobatannya?tolong jelaskan scr terperinci makasih.

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 4 Agustus 2012 03.14  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda