<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6128622652732034671\x26blogName\x3dPenyakit+dan+Pengobatannya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\x26vt\x3d5488503446235692587', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Leukemia (Kanker Darah)

Leukemia (kanker darah) adalah jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang (bone marrow). Sumsum tulang atau bone marrow ini dalam tubuh manusia memproduksi tiga type sel darah diantaranya sel darah putih (berfungsi sebagai daya tahan tubuh melawan infeksi), sel darah merah (berfungsi membawa oxygen kedalam tubuh) dan platelet (bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah).

Leukemia umumnya muncul pada diri seseorang sejak dimasa kecilnya, Sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih yang berkembang tidak normal atau abnormal. Normalnya, sel darah putih me-reproduksi ulang bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Tubuh manusia akan memberikan tanda/signal secara teratur kapankah sel darah diharapkan be-reproduksi kembali.

Pada kasus Leukemia (kanker darah), sel darah putih tidak merespon kepada tanda/signal yang diberikan. Akhirnya produksi yang berlebihan tidak terkontrol (abnormal) akan keluar dari sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Jumlah sel darah putih yang abnormal ini bila berlebihan dapat mengganggu fungsi normal sel lainnya, Seseorang dengan kondisi seperti ini (Leukemia) akan menunjukkan beberapa gejala seperti; mudah terkena penyakit infeksi, anemia dan perdarahan.

  • Penyakit Leukemia Akut dan Kronis

  • Leukemia akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan, dan memburuk. Apabila hal ini tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kematian dalam hitungan minggu hingga hari. Sedangkan leukemia kronis memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari 1 tahun.

  • Leukemia diklasifikasikan berdasarkan jenis sel

  • Ketika pada pemeriksaan diketahui bahwa leukemia mempengaruhi limfosit atau sel limfoid, maka disebut leukemia limfositik. Sedangkan leukemia yang mempengaruhi sel mieloid seperti neutrofil, basofil, dan eosinofil, disebut leukemia mielositik.

    Dari klasifikasi ini, maka Leukemia dibagi menjadi empat type sebutan;
    1. Leukemia limfositik akut (LLA). Merupakan tipe leukemia paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih.
    2. Leukemia mielositik akut (LMA). Ini lebih sering terjadi pada dewasa daripada anak-anak. Tipe ini dahulunya disebut leukemia nonlimfositik akut.
    3. Leukemia limfositik kronis (LLK). Hal ini sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak.
    4. Leukemia mielositik kronis (LMK) sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit.

  • Penyebab Penyakit Leukemia

  • Sampai saat ini penyebab penyakit leukemia belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi frekuensi terjadinya leukemia.
    1. Radiasi. Hal ini ditunjang dengan beberapa laporan dari beberapa riset yang menangani kasus Leukemia bahwa Para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia, Penerita dengan radioterapi lebih sering menderita leukemia, Leukemia ditemukan pada korban hidup kejadian bom atom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.

    2. Leukemogenik. Beberapa zat kimia dilaporkan telah diidentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukemia, misalnya racun lingkungan seperti benzena, bahan kimia inustri seperti insektisida, obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi.

    3. Herediter. Penderita Down Syndrom memiliki insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal.

    4. Virus. Beberapa jenis virus dapat menyebabkan leukemia, seperti retrovirus, virus leukemia feline, HTLV-1 pada dewasa.

  • Tanda dan Gejala Penyakit Leukemia

  • Gejala Leukemia yang ditimbulkan umumnya berbeda diantara penderita, namun demikian secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:
    1. Anemia. Penderita akan menampakkan cepat lelah, pucat dan bernafas cepat (sel darah merah dibawah normal menyebabkan oxygen dalam tubuh kurang, akibatnya penderita bernafas cepat sebagai kompensasi pemenuhan kekurangan oxygen dalam tubuh).

    2. Perdarahan. Ketika Platelet (sel pembeku darah) tidak terproduksi dengan wajar karena didominasi oleh sel darah putih, maka penderita akan mengalami perdarahan dijaringan kulit (banyaknya jentik merah lebar/kecil dijaringan kulit).

    3. Terserang Infeksi. Sel darah putih berperan sebagai pelindung daya tahan tubuh, terutama melawan penyakit infeksi. Pada Penderita Leukemia, sel darah putih yang diterbentuk adalah tidak normal (abnormal) sehingga tidak berfungsi semestinya. Akibatnya tubuh si penderita rentan terkena infeksi virus/bakteri, bahkan dengan sendirinya akan menampakkan keluhan adanya demam, keluar cairan putih dari hidung (meler) dan batuk.

    4. Nyeri Tulang dan Persendian. Hal ini disebabkan sebagai akibat dari sumsum tulang (bone marrow) mendesak padat oleh sel darah putih.

    5. Nyeri Perut. Nyeri perut juga merupakan salah satu indikasi gejala leukemia, dimana sel leukemia dapat terkumpul pada organ ginjal, hati dan empedu yang menyebabkan pembesaran pada organ-organ tubuh ini dan timbulah nyeri. Nyeri perut ini dapat berdampak hilangnya nafsu makan penderita leukemia.

    6. Pembengkakan Kelenjar Lympa. Penderita kemungkinan besar mengalami pembengkakan pada kelenjar lympa, baik itu yang dibawah lengan, leher, dada dan lainnya. Kelenjar lympa bertugas menyaring darah, sel leukemia dapat terkumpul disini dan menyebabkan pembengkakan.

    7. Kesulitan Bernafas (Dyspnea). Penderita mungkin menampakkan gejala kesulitan bernafas dan nyeri dada, apabila terjadi hal ini maka harus segera mendapatkan pertolongan medis.

  • Diagnosa Penyakit Leukemia (Kanker Darah)

  • Penyakit Leukemia dapat dipastikan dengan beberapa pemeriksaan, diantaranya adalah ; Biopsy, Pemeriksaan darah {complete blood count (CBC)}, CT or CAT scan, magnetic resonance imaging (MRI), X-ray, Ultrasound, Spinal tap/lumbar puncture.

  • Penanganan dan Pengobatan Leukemia

  • Penanganan kasus penyakit Leukemia biasanya dimulai dari gejala yang muncul, seperti anemia, perdarahan dan infeksi. Secara garis besar penanganan dan pengobatan Leukemia bisa dilakukan dengan cara single ataupun gabungan dari beberapa metode dibawah ini:

    1. Chemotherapy/intrathecal medications
    2. Therapy Radiasi. Metode ini sangat jarang sekali digunakan
    3. Transplantasi bone marrow (sumsum tulang)
    4. Pemberian obat-obatan tablet dan suntik
    5. Transfusi sel darah merah atau platelet.

    Sistem Therapi yang sering digunakan dalam menangani penderita leukemia adalah kombinasi antara Chemotherapy (kemoterapi) dan pemberian obat-obatan yang berfokus pada pemberhentian produksi sel darah putih yang abnormal dalam bone marrow. Selanjutnya adalah penanganan terhadap beberapa gejala dan tanda yang telah ditampakkan oleh tubuh penderita dengan monitor yang komprehensive.

    143 Komentar:

    • apa dgn donor sumsum penyakit ini bisa disembuhkan? apa ada yg sembuh dari penyakit ini?

      Oleh Anonymous rahmad, Pada 18 September 2008 16.07  

    • Penyakit Leukaemia apabila dapat dideteksi/diketahui sedini mungkin terutama pd usia kanak-kanak, maka memiliki kemungkinan untuk sembuh yang cukup besar.

      Ada byk kasus Leukaemia yang sudah dapat menjalani hidup normal kembali setelah mereka menjalani therapy yang comprehensif.

      Mengenai bone marrow, dengan penggantian bone marrow tidak menjamin kesembuhan. Biasanya harus di kombinasikan dengan tindakan kemotherapy. tentunya dalam tahapan yang cukup lama sampai pihak medis menyatakan tidak adanya perkembangan cell darah yang abnormal.

      Oleh Anonymous khomsah@infopenyakit.com, Pada 18 September 2008 19.53  

    • Tunanngan saya terkena Leukemia stadium 2 dan mendekati 3, gejalanya sering mimisan, kepalanya sakit dan merasa sakit pada perutnya, tapi saya tidak tahu jenis Leukemianya... apakah nantinya kami bisa mempunyai keturunan? apakah dengan obat 6-mercaptopurine/6-MP dpat disembuhkan total 100%? bahkan ada yang mengaku bisa menyembuhkan dengan Terapi Nurshifa (http://www.nursyifa.net/pengobatan/info_penyakit/leukemia.html), apa benar bisa terbukti?

      Oleh Anonymous Lukman, Pada 12 November 2008 15.50  

    • Buat Lukman : Leukemia yang telah diketahui sudah stadium 2 masih sangat memungkinkan mendapatkan kesembuhan.

      6-mercaptopurine/6-MP adalah jenis immun anti kanker yang diberikan sebagai obat kemoterapy, proses penyembuhan 100% tentunya turut bergantung dengan kondisi penderita, gizi tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, support dari lingkungan dan tentunya dari izin Allah SWT.

      Mengenai segala bentuk pengobatan yang mengatasnamakan Al-Qur'an dan Hadits, silakan anda nilai dengan bijaksana dan carilah informasi kebenarannya dengan beberapa ksus yang telah tertangani mereka.

      Kemungkinan memiliki keturunan tentu saja ada, jalani proses pengobatan sampai dikatakan tim medis complit baru memutuskan memiliki keturunan!

      Oleh Blogger khomsah, Pada 14 November 2008 14.58  

    • apabila saya mengetahui ada teman saya menderita leukemia,,apa yang harus saya lakukan?
      Dia berumur 18 tahun,dan mempunyai gejala seperti leukemia.
      Dia sering mimisan,terutama malam hari saat dingin dan kalu udara panas,kepalanya sering pusing yang teramat sangat, setiap hari,lebih sering malam,,lalu di lengannya terdapat bintik-bintik merah yang ga wajar ditemukan pada orang pada umumnya,,lalu dia suka pucat, keringat dingin, dan kalu kecapean badannya gemeteran...Dia juga kadang-kadang pencernaannya terganngu(suka diare).
      Dia sudah ke dokter, dan dokternya bilang,dia harus banyak istirahat,.dia diberikan terapi untuk menghentikan mimisannya(kadang-kadang disuntik),lalu terapi untuk mengurangi pusingnya.
      Saya masih belum mengetahui dia positif leukemia atau tidak, karena teman saya tidak mau menceritakannya.
      Dari cerita saya tersebut, apakah bisa dibilang dia menderita leukemia?
      Dan apakah dia masih bisa sembuh?mengingat dia sudah mendapat penanganan dokter
      Terima kasih sebelumnya...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 21 November 2008 14.53  

    • Dari cerita yang anda sampaikan memang cukup mengarah ke gejala dan tanda Leukemia, namun demikian setidaknya dapat dilakukan pemeriksaan dasar (Pemeriksaan darah {complete blood count (CBC)}).

      Sebaiknya pemeriksaan lebih lanjut segera harus dilakukan untuk kepastian diagnosa, jangan sampai terlambat diketahui pasti dan pengobatan yang terlambat.

      Leukemia yang diketahui sejak dini akan mudah mendapatkan pengobatan dan perawatan, sehingga proses kesembuhan tidak memberikan efek samping terhadap kondisi secara umum.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 21 November 2008 19.06  

    • saya punya teman perempuan usianya sekitar 18 tahun dia sering mengeluh kepalanya sering pusing,badannya terlihat lemas,terdapat bintik-bintik merah dibagian badannya dan dia sering mengeluarkan cairan putih dihidungnya(meler)dan dia sering batuk-batuk,bahkan mengeluh perutnya sakit,tapi ia susah disuruh makan atau tidak nafsu makan setahu dia, dia menderita leukemia saya sudah membujuknya untuk segera berobat tetapi ia tdk mau??

      pertanyaannya..

      kalau seumuran itu jenis leukemia apa yang dideritanya dan masuk kesetadium tahap berapa??
      dan apakah masih ada kemungkinan besar untuk sembuh dan bertahan hidup lebih lama??
      apa yang saya harus lakukan sekarang ini??

      Oleh Blogger edy, Pada 24 November 2008 15.08  

    • Jawaban kpd Edi :

      Untuk menentukan jenis dan type leukemia adalah melalui hasil pemeriksaan laboratorium (sediaan darah tepi), yaitu bagaimana leukemia mempengaruhi sel tubuh (sel limfosit atau sel mieloid).

      Dari keluhan tersebut, kemungkinan besar beliau menderita Leukemia mielositik kronis (LMK).Jenis ini terkadang hanya menampakkan beberapa gejala, bahkan terkadang tidak sama sekali. Namun pada saat memasuki fase serius, maka perkembangan sel kanker akan sangat cepat dan membahayakan.

      Mengenai tingkatan stadium, tentunya dapat dilihat dari hasil pemeriksaan sejauhmana penyebaran dan komplikasi yang terjadi. Dengan gambaran keluhan saudara di atas, kemungkinan telah terjadi pembengkakan disalah 1 organ tubuh (dalam perut : ginjal, hati dan empedu) da dapat dikatakan stadium sedang.

      Kemungkinan untuk sembuh tentunya ada, secepatnya hubungi RS setempat dimana mereka akan menyarankan langkah selanjutnya. Beri semangat! itu yang dapat Anda lakukan terhadapnya.

      Oleh Anonymous Khomsah, Pada 25 November 2008 19.47  

    • pacar saya baru saja terdiagnosa terkena kanker darah, dia tidak ada gejala apapun cuma tiba2 muntah darah,ternyata kata dokter kanker darah dan sama dokter hanya dikasih obat jalan saja. Apakah dengan obat jalan saja bisa sembuh?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 Desember 2008 10.37  

    • Jawaban berobat jalan :

      Informasi yang sangat tidak jelas, apakah dokter sdh melakukan berbagai pemeriksaan darah atau lainnya?

      Jika itu sudah, dan benar hasilnya menunjang ke arah kanker darah. Maka apabila msih tahap dini, proses penyembuhan dengan pemberian obat-obatan sangat mungkin dilakukan.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 5 Desember 2008 06.30  

    • Ayah saya berumur 55 thn bulan dsember ini.1 bulan yg lalu dokter menvonisnya menderita leukimia. Ini berdasarkan hasil pemeriksaan darah dimana leukositnya mencapai 121,HB nya 3 dan trombosit 6.Kemudian gusi ayah saya bengkak dan suka mengeluarkan darah. Memang dari 4 bulan yg lalu nafsu makannya berkurang drastis, tp dia mash bisa melakukan aktifitas seperti biasanya, sampai akhr oktober kemarin ayah saya drop dan harus dirawat karena batuk dan dadanya sesak. Kira2 pengobatan apa yg harus dilakukan?apakah dari gejala2 itu ayah saya positif?kira2 masih ada harapan untuk sembuh 100% ? mohon petunjuknya.terima kasih.

      Oleh Blogger chika, Pada 7 Desember 2008 10.05  

    • Buat Chika :
      Dari kondisi yang diceritakanmu, maka beliau terlambat terdeteksi Leukemia nya.

      Pengobatan dengan melihat usia dan kondisi umum kesehatannya adalah Chemotherapy dan obat-obatan tablet ataupun suntik. Selanjutnya yang terpenting Transfusi sel darah merah.

      Perbaikan gizi sangatlah penting untuk menghindari komplikasi akibat daya tahan menurun.

      Kemungkinan sembuh ada, yang penting setelah dinyatakan boleh pulang dari RS sebaiknya rutin kontrol ke dokter.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 7 Desember 2008 12.55  

    • mas, pacar saya sudah stadium dua.. apa pengobatan alternatif yang bisa kami berikan ke dia? kira2 kemungkinan untuk sembuh gimana? dia rutin 2 kali sebulan cuci darah.. yang agak mengherankan, badan nya itu lho, gemuk mas.. kmaren aja naik jadi 60.. tapi punya penyakit kanker darah.. dia dah periksa dan 6 bulan ini mnderita penyakit itu mas.. gimana?

      Oleh Blogger arief, Pada 24 Desember 2008 18.25  

    • Buat Arief :

      Maaf, Saya tidak menjabarkan mengenai obat tradisional disini. Mengenai gemuk, merupakan dampak pasien bagi yg dilakukan kemotherapy.

      Dgn gemuk, setidaknya gizi baik dan daya tahan tubuh meningkat. Ini penting untuk membantu proses penyembuhan.

      Oleh Anonymous khomsah, Pada 25 Desember 2008 05.15  

    • Istri saya berumur 31 tahun, kami menikah 6 tahun yang lalu. 3 tahun yang lalu dia pernah iseng periksa darah di RS, trus ada indikasi leukemia, akhirnya kami periksa ke Laboratorium di Medan, hasilnya tidak ada indikasi tersebut. semenjak satu tahun terakhir ini dia selalu mengeluh pusing dan kelelahan dan puncaknya 2 bulan terakhir, dia sangat sering kelelahan dan pusing2 dan sering timbul memar2 tanpa sebab disekitar kaki dan paha serta tangan tapi hilang begitu saja. Sekarang ini kami menduka sprtinya ini adalah leukemia, shingga saya sendiri saat ini sangat bingung. Sebenarnya saya hendak membawa dia periksa, ttpi saya takut dia akan semakin down kalau tau dirinya mengidap penyakit menakutkan tersebut. Yang mau saya tanyakan : Dengan tanda2 ini, brapa persen kemungkinan istri saya terkena penyakit leukemia.
      Tolong penjelasannya. Terima kasih
      "anonim-mdn'

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 Januari 2009 11.01  

    • pacar saya sekarang sedang mengidap leukemia ALL. dan sekarang sedang menjalani pengobatan. masih adakah harapan untuk sembuh?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 1 Februari 2009 13.49  

    • kakak saya terkena penyakit leukemia,mulai tau ketika di observasi di rsu magelang selama 3minggu sampai sekarang.munurut dokter termasuk jenis leukemia LMK stadium 2 mendekati 3.pengobatan yang sudah dilakukan; opname di RSU karyadi semarang sampai sekarang,dan di berikan kemoterapy yaitu baru transfusi trombosit 4 kantong,hemoglobin 2 kantong, tablet 10 biji per hari.
      dampak yang terlihat sekarang;
      platelet[pendarahan di jaringan kulit jenis lebar-lebar], sakit di perut,pembengkakan di lambung,sesak bernafas tapi tidak menggunakan oxigen, flu dan batuk-batuk.
      pertanyaan saya;
      1. ketika apa penyakit leukemia jenis ini bisa mematikan?
      2. apa yang harus dilakukan untuk penyambuhan dan membutuhkan waktu berapa lama sampai bisa sembuh total?
      3. apakah ada proyek pabrik pengobatan dari AS untuk penyakit khusus leukemia di indonesia? kalau ada kita bisa menghubungi di rumah sakit mana? dan apakah di RSU karyadi semarang bisa?

      Oleh Blogger cute'z, Pada 5 Februari 2009 11.35  

    • saya wanita berumur 20thn...
      saya mengalami beberapa gejala seperti ini...
      wajah saya pucat,,sehabis makan terasa mual,,perut saya menjadi keras dan kaku kadang terasa nyeri di uluhati sampai di bagian dada terasak sesak,,keringat dingin mudah lelah,,tiba-tiba kepala pusing,,telapak tangan yang tidak wajar karena muncul bintik-bintik merah,,Lebam d bagian kaki hingga paha yang muncul dan hilang dengan sendirinya,,Keluar cairan putih bila di udara yang dingin,,dan tubuh saya panas pada malam hari di sertai batuk yang sesekali,,dan rambut saya makin lama makin parah kerontokannya...

      apakah gejala di atas merupakan gejala dari penyakit leukemia...???
      apa yang harus saya lakukan..???

      Trimakasih...

      Oleh Blogger strawberrycemonk, Pada 24 Februari 2009 09.01  

    • Saya punya kK, di vonis punya pnyakit leukemia setahun yang lalu.
      Dan sekarang sudah stadium akhir, dia masih SMA kelas 3.
      Dan sekarang itu yang dia inginkan hanya mantan'nya..
      Dia bilang itu permintaan'nya yang terakhir..
      Saya bingung, harus melakukan apa?
      Apa masih ada harapan untuk sembuh?
      Dan saya mau melakukan apa saja untuk menyembuhkan penyakit kk saya.
      Termasuk mendonorkan tulang rusuk saya sekali pun.
      Tapi, apa dengan cara itu bisa sembuh?

      MakasiH. . .

      ~LeNny~

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Maret 2009 17.53  

    • Ass,,

      Saya Andita umur 18 thn..saya ingin bertanya kelebihan berapa persen leukositkah sampai seseorang dinyatakan leukemia?

      Saya sudah cek darah secara lengkap,dan hasilnya Leukosit saya ada yg aneh..Di bagian neutrofil,basonofilnya itu kurang dari yang semestinya..tapi di bagian Limfositnya Lebih banyak dari yang seharusnya..apakah ini termasuk leukemia jenid limfotik?

      Oleh Blogger andita, Pada 18 Maret 2009 11.26  

    • nama saya Benny. saya punya teman yang berumur 21 tahun.
      Dia difonis oleh dokter telah mempunyai gejala anemia. Dan baru akan memasuki stadium 1.

      Pertanyaan saya. Bagaimana caranya agar penyakitnya itu tidak dapat berkembang terus..?
      Terima kasih.

      Oleh Blogger ie-ben, Pada 18 Maret 2009 12.29  

    • Gw mau minta tolong........
      Ibu saya sedang sakit Leukemia, kondisi Fisik semakin kurus, sering keluar keringat, perutnya membesar...minta tolong dong buat teman2 yang tau gimana cara pengobatannya...???

      Oleh Blogger Marzan, Pada 18 April 2009 21.38  

    • saya punya teman umurnya 18 tahun , dia kena leukemia . dia sudah selalu cuci darah . apakah orang penderita leukemia yang selalu cuci darah seperti teman saya itu berarti penyakit leukemia udah parah ?????

      Oleh Blogger destia, Pada 1 Mei 2009 21.02  

    • saya punya teman y telah d vonis terkena penyakit leikimia stadium 4. dia telah pergi ke jerman selama 2 bulan untuk pengobatannya. sekembalinya, dia menjalani kemoterapi serta penggunaan obat-obatan. apakah masih ada kemungkinan baginya untuk sembuh 100%?
      mohon dijawab/dibalas ke alamt e-mail saya. terimakasih banyak atas perhatiannya.
      zait_famz@ymail.com

      Oleh Anonymous Frans Adenan, Pada 5 Mei 2009 18.50  

    • Assalamu'alaikum wr. wb.
      saya Fiki,20 tahun, tinggal d kota Malang, saya memiliki seorang pacar yang tinggal di jakarta, umurnya 25 tahun, beberapa minggu yang lalu dia di vonis Leukimea oleh dokter di Singapura. menurut dokter tersebut usianya hanya akan sampai 5 bulan, sekarang kakinya tidak dapat digerakkan, hingga dia menggunakan kursi roda. saya ingin tahu berada pada stadium berapakah pacar saya ini? dan apakah masih ada kemungkinan sembuh total? dan apakah misalnya saya mendonorkan sumsum tulang saya ada kemungkinan lebih besar untuk dia sembuh?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Mei 2009 07.02  

    • Ass,,, sy pnya tman permpuan yang menderita leukimia. umurnya 15 th, yg sy tahu gejala yang sering di katakan sering mimisan, pendarahan dan pingsan. tapi berkat berobat keluar kota gejala2 itu semakin hari semakin berkurang. sampai suat saat dia mendngar orang tuanya membicrakan tntang pnyakitnya, mreka blang penykait tman sy itu sdh stdium akhir.
      yg sya ingn tnyakan, dlm pnyakit leukimia ada brp stdium dan gejalanya apa saja?? dptkah pnyakit ini disembuhkan?? sy sngat menyayanginya

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Mei 2009 12.49  

    • sy punya adik yg tinggal di smg,pae umur 22 tahun,dia sudah di vonis menderita leukemia stadium 2. obat yang di konsumsi adalah 6-MP,apa dengan mengkonsumsi obat ini penyakit dia bisa sembuh total?
      apa pengobatan lain seperti terapy mempunyai persentasi kesembuhan yang lebih besar di banding dengan mengkonsumsi obat pil. . .
      terima kasih. ..
      (ace-smg)

      Oleh Blogger ace, Pada 30 Mei 2009 18.31  

    • Saya mau bertanya nihh..sy punya tunangan umur 30 yg 2 bln trakhir ini sering mengalami pendarahan di hidung,susah bernafas, sakit pada dada, kadang pinsan dan lelah serta pucat dah jgu pernah mengalami lebam dikulit tetapi hilang dengan sendirinya....

      pertanyaan Saya :
      1. Apakah tunangan saya ini menderita Leukemia...??
      2. klu iyaa Jenis Leukemianya termasuk dalam golongan mana serta stadium brp..?

      terima kasihh untuk waktu dan penjelsannya...

      salam (val-bdg)

      Oleh Blogger Tempe, Pada 4 Juni 2009 08.08  

    • Permisi, saya mau bertanya... saya mempunyai adik yang divonis menderita penyakit leukimia yang sudah stadium 4, apakah anda dapat memberikan solusi untuk saya ?

      terima kasih sebesar-besarnya atas solusinya....

      hiryu_fire16@yahoo.com

      Oleh Blogger HiRyu, Pada 9 Juni 2009 03.15  

    • saya punya teman positif terkena leukimia sejak tahun 2005,meskipun berbagai pengobatan sudah dia jalani tapi belum juga kunjung sebuh,malah dia pernah bilang kalau dia pernah di Vonis 3 bulan oleh Dokter yang merawatnya di hongkong.sekarang ini kondisinya belum juga ada perubahan,bahkan sampe satu tulang iga nya hilang terkena penyakit leukimia.
      yg mau saya tanyakan apa benar leukimia bisa merusak tulang.teman sy itu mau menjalani operasi tulang iga katanya cuma di kesulitan mencari donor tulang yg terjangkau karena di sana untuk satu tulang iga dihargai US$500,lewat forum ini sy mohon informasi atas permasalahan teman saya itu,sekaligus kalau2 ada yg tau dimana dia bisa mendapatkan donor tulang.terima kasih atas jawabannya.

      Oleh Blogger abila_4biel, Pada 25 Juli 2009 12.22  

    • Saya mau bertanya, saya punya tman, dia mengidap leukimia stadium 2 dan sudah, dilakukan operasi sebanyak 2 kali, operasi kedua dilakukan padan saat teman saya kls 3 smp, dan teman saya dinyatakan sudah sembuh, tetapi, setelah taman saya ini, naik kls 2 smk, tiba-tiba penyakitnya kembali lagi, tolong berikan penjelasan, kenapa penyakitnya bisa kambuh lagi ?. Terimakasih atas jawabannya

      Oleh Blogger ari, Pada 28 Juli 2009 18.21  

    • saya mempunyai co katanya menderita penyakit leukimia.gejalanya dy sering pendarahan di hidung,lalu dy jga sering mengalami pusing kepala.dan muncul bintik-bintik di lengan tangan nya.kalau dia pusing pasti dia mengalami pendarahan di hidung.yang saya tanyakan jenis penyakit leukimia apa yang di derita co' saya???dan apakah masih ada kemungkinan untuk sembuh.
      makasih...........

      Oleh Blogger munirohcute, Pada 18 Agustus 2009 10.16  

    • Assalamu'alaikum.
      Saya yeni, temn saya mengalami tanda-tanda seperti mudah lelah, sering pusing, sering mimisan apalagi pada malam hari, sering demam dan pucat. Kalau benar dia menderita leukimia, kira-kira tindakan pertama apa yang dapat dilakukan sebagai teman untuk menolongnya?

      Oleh Blogger Yeny Kristiani, Pada 20 Agustus 2009 15.51  

    • artikel yang bagus.
      saya punya sedikit pengalaman,
      kunjungi saya di :
      http://ocekojiro.wordpress.com/
      trimakasih

      Oleh Blogger laskar Allah, Pada 11 September 2009 20.06  

    • asalamualaikum..

      sy mau brtanya?!
      ap btuL pnyakit tmn saya ini adlh nyakit leukimia.
      dy pd mlm hari sring kali Lemas,dan Badan nya terasa sakid..
      udh gtuh badanya tuh lemah bgt.
      pdhaL cmn k'snggoL ajj dya sdh sakid.

      dan prtnyaan saya?!
      apa benar tmn saya trsbut Terkena Penyakit Leukimia?!
      Dan kira" sdh Stadium brp?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 September 2009 01.45  

    • tunangan saya berumur 22 thn, akan sgera menikah, dan baru saja saya ketahui bahwa dia terkena leukimia stasium 4 ....
      saya sangat terpukul, dan saya sangan mengharapkan pertolongan ...
      apakah masih ada kemungkinan sembuh pada badannya ??
      dia sering sekali pusing akkkuuuutttt-bahkan sepertinya sangat menyakitkan... mimisaaaann ... dan sakit perut berlebihan ...
      apa yang harus saya lakukan ???
      please .. help me ...

      apa dia masih bisa sembuh ???

      Oleh Blogger Rizky, Pada 20 September 2009 12.04  

    • adik saya sekarang sering demam,badannya kurus padahal dia suka ngemil.dia berumur 9 tahun yang ngebuat saya khawatir leukositnya setelah periksa darah 18.700 dan rambutnya juga rontok. kakinya terkadang suka ngilu, kalau sudah capek sedikit ga berapa lama pasti demam.dokter belum mau memberikan jawaban. apakah dia terkena kanker darah??

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 27 September 2009 18.10  

    • Saya ingin mencari informsi dan menynyakan tntang kanker darah (Leukemia).

      1.Apakah penykit trsbut memtika/berbahaya?
      2.Apakah penyakit tersbut bisa disembuhkan?
      3.Penyebab/ciri" penykit Leukemia apa saj?
      4. Ada ga obat yg bisa menyembuhkan penyakit tersebut?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Oktober 2009 07.38  

    • Artikel yang sangat bagus, dan juga ikut prihatin dengan kds saudara2 qta yg terkena Leukemia. Saya pernah ada pengalaman menangani teman yg kena leukemia stadium akhir dengan ramuan herbal dan Alhamdulillah peyakitnya telah di sembuhkan oleh ALLAH. kalo ada yg berminat saya siap berbagi mgk bisa membantu meringankan kds saudara2 qta yg terkena leukemia. silakan hubungi saya di herbalpilihan@gmail.com

      Oleh Blogger Herbal Pilihan, Pada 16 Oktober 2009 10.36  

    • ada kisah seorang pria yang ternyata memiliki gejala yang sama yang telah di sebutkan diatas. bahkan lebih aparah hingga muntah darah.
      dia telah difonis oleh dokter ternyata dia menderitak leukemia sudah mencapai stadium 3. menurut anda ap sebaiknya tindakan yang dilakukan dan apa obatnya ?

      Oleh Blogger dj, Pada 20 Oktober 2009 19.45  

    • saran anda sangat sayta butuhkan. sia sudah sering mimisan pinsan susah nafas...

      Oleh Blogger dj, Pada 20 Oktober 2009 19.49  

    • Anak saya usia 3 thn didiagnosa terkena leukemia, dan rencananya akan dilakukan chemoterapy.Mohon informasi persiapan yang hrs dilakukan menjelang chemoterapy tsb. dan jg mohon informasi penyembuhan alternatif herbal.

      Oleh Blogger Risyad, Pada 24 Oktober 2009 09.05  

    • dulu saya punya adik. tapi sekarang dia sudah meninggal di karenakan kanker darah. tapi yang masih jadi ganjalan dalam hati saya tuh, kan awal nya dia jatuh di lantai sampai akhirnya dia tidak bisa berjalan, terus setelah di bawa ke para ahli pijat keadaannya jadi semakin parah bahkan sampai tidak bisa bergerak sama sekali,setelah dibawa ke RSHS ternyata dia di vonis kanker darah yang jadi pertanyaan
      1 apakah penyakit itu di timbulkan karena dia jatuh sampai tak bisa bergerak sama sekali
      2 terus apakah penyakit itu merupakan penyakit tuurunan

      Oleh Blogger FERRI FAJRIN, Pada 25 Oktober 2009 17.27  

    • Pakde saya juga meninggal karena kanker darah

      Oleh Anonymous Belajar blogging,SEO dan online money, Pada 3 November 2009 05.57  

    • wajah saya sering kelihatan pucat, mudah kelelahan... lalu terkadang sering pusing, memang saya menderita tekanan darah rendah dan gula darah rendah. belakangan ini saya sering sekali pusing terutama malam hari, lalu keringatan dan merasa kedinginan, mengenai pencernaan, saya memang sering sekali mengalami masalah pencernaan, spt diare. apakah mungkin saya terkena leukimia...? thx atas infonya

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 November 2009 16.20  

    • Anak saya terkena leukemia sejak berumur 2,3 tahun. Sudah 3 bulan lebih anak saya menjalani pengobatan/kemoterapi selama 2 tahun. Awalnya saya tidak tahu kalau anak saya menderita leukemia. Hampir setengah bulan anak saya pucat dan dalam satu minggunya sama sekali tidak mau makan. Perutnya besar seperti orang yang busung lapar. Denga keadaan itu saya khawatir sekali dan akhirnya saya bawa anak saya ke dokter spesialis anak yang kebetulan dokter tersebut pernah menangani penyakit ini selama 15 tahun di rumah sakit ternama di Jakarta. Akhirnya dengan berbagai macam tes-tes diantaranya BMP, tes darah dan lain-lain untuk dapat melihat benar atau tidaknya anak saya terserang leukemia atau tidaknya. ternyata anak saya benar-benar positip menderita leukemia ALL standard. Saya ikuti dan jalani semua jadwal pengobatan kemoterapi. Alhamdulillah anak saya ada perkembangan yang begitu pesat.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 6 November 2009 14.53  

    • calon suami saya divonis terkena leukimia..gejalanya hanya muntah darah dan pusing saja.bulan kemaren sudah menjalani operasi sumsum tulang belakang di singapura...tetapi kemaren pingsan dan merasakan kesakitan yang luar biasa sampai dibawa ke rumah sakit..dan hasil lab menyatakan bahwa leulimia yang diidap oleh calon suami saya langka dan tidak pada umumya leukimia biasanya.pengobatan seperti apa yang sekiranya bisa kami lakukan padahal calon suami saya sudah melakukan operasi? terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Desember 2009 12.01  

    • Selamat sore,
      Obat kanker darah bisa dengan Propolis. Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.

      Setelah membaca banyak artikel mengenai manfaat Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah Propolis bisa membantu penyembuhan penderita gejala kanker darah & segala macam penyakit yang lain (luar dalam).

      Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

      "……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan."

      Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com

      Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
      Wslm.Wr.Wb.
      Rahmah

      Oleh Anonymous rahmah, Pada 22 Desember 2009 22.34  

    • mass numpang tanya...
      saya punya seorang bi2 umurnya 22 - 23an.
      Waktu kecil emank dia anemia...
      baru beberapa minggu ini dia melakukan tranfusi darah sebanyak 3 kantong... dan tepat saat itu juga... di laporkan bahwa dia terkena kanker leukimia...
      dan untuk ke 2 saat mengecek di Khuching dan di sana juga dia dikatakan sudah terkena leukimia akut...
      dan katanya hidupnya hanya tinggal 9 bln... dan untuk mengobatinya katanya perlu dana 300 jt... apakah benar kanker leukimia itu bisa di sembuhkan? dan 300jt itu menggunakan metode apa... ~~

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 23 Desember 2009 21.03  

    • Saya Yanah dari PT. Prima Solusi Medika,perusahaan kami bergerak di bidang Herbal,Yaitu obat untuk mengatasi berbagai penyakit ganas, seperti Kanker, Jantung, Diabetes, Kista, Kanker Payudara, dan penyakit lainnya.
      saya ingin menawarkan kepada anda, tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyembuhkan penyakit.
      Disini kami ada Sarang Semut dan Minyak Buah Merah yang berasal dari Papua.
      Untuk keterangan lebih lanjut, bapak bisa menghubungi saya di 0818 0850 9714, atau no. telp kantor saya: 021-5435 3522/5435 0314
      E-mail : solusi.prima@yahoo.com

      Oleh Blogger Yanah, Pada 29 Desember 2009 11.40  

    • Trims atas sharingnya.

      Oleh Anonymous http://nursingbegin.com/askep-aml/, Pada 17 Januari 2010 10.32  

    • Pernah kah Anda ke Wamena Papua ? untuk melihat scara langsung sumber obat alami yang tiada duanya seperti TUMBUHAN SARANG SEMUT & SARI BUAH MERAH. Kaka2 kami ada disana bersedia membantu bagi siapa saja yg membutuhkan obat alami ini, smg kita dpt membina hubungan baik untuk saling membantu salam kenal... salam persaudaraan 0812 8039 6464

      Oleh Blogger umarlan, Pada 17 Januari 2010 10.33  

    • anak saya baru berumur 5 bulan dan telah divonis dokter terkena leukemia adakah cara untuk mengobatinya selain kemoterapi
      saya mohon bantuannya untuk bisa sedikit memecahkan masalah saya
      terima kasih
      Sigit Armawan (sigit_one@telkom.net)

      Oleh Blogger Sigit, Pada 23 Januari 2010 23.11  

    • ak pnya tmen, dy blang dy pnya pnyakit leukemia. ak bngung dy prgi ke singapor untuk transfusi sel darah putih. apa ia dngan sel darah putuh itu dy bsa brtahan lma. trus segampang apa c transfusi sel darah putih itu???????

      Oleh Blogger dewi yanti, Pada 24 Januari 2010 20.08  

    • aq puny cowk ktnya cwok aq nh punya penykit leukimia.
      gejalanya dia selalu lemas.
      leukimianya udah stadium berapa ya???
      trus bsa sembuh gak?????

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 28 Januari 2010 20.28  

    • q pny tmn laki2.......dy trkna pnyakit leukimia stadium 4,,,,,,,,,sjak dy tw,,,klo dy mendrita itu,dy dh g semangt lg wat hdup,,,,,ap lg doktr sdh memvonis,,,bhwa umr dy tgl 3 bln lg...q kshn ma dy....and dy lum siap mnerima smw ni...
      p pnyakit ni bisa dsmbuhkan?????and dg cra p j yg bsa mnyembuhkannya,,,,,,,

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Februari 2010 11.57  

    • Mohon dijelaskan tntang penularan leukemia melalui apa saja ? terima kasih.

      Oleh Blogger Nurul, Pada 21 Februari 2010 10.59  

    • pacar saya terkena leukimia akut ,saya tidak tau kalo dia terkena leukimia karena orang tua nya tidak memberitaukan kepada saya ataupun pacar saya .. stelah perawatan pertama hingga 2 bulan berikutnya dia sudah meninggal ...saya mengetahuinya seminggu setelah dia meninggal dari ayahnya , kata ayahnya Dia sering konsumsi mie instant ....
      (pertanyaan)
      apakah bila kita mengkonsumsi mie instant secara berlebihan akan terjangkit penyakit ini ?

      Oleh Blogger Xezo, Pada 23 Februari 2010 12.43  

    • As5.
      Saya silmi dri sukabumi umur saya 15 thunan.
      Gni saya mmpunyai m5lh,akhir" ini kpala sya srin9 p5ing dan prut saya sakit dn kdang" j6 saya srnw meler.
      Pertanyaannya
      apkah itu t'msuk gejala leukimia dan stadium yang keberapa? ?
      Lalu kekuatan sya hdup kira" berapa hari tau brapa blan jg?

      Oleh Blogger cilmi, Pada 23 Februari 2010 19.37  

    • Saya pgn tau untuk bintik2 merah pada jaringan kulit itu nampak nya seperti apa ya? kalo yg sy baca itu di artikel lain,merahnya sebesar biji jagung. apa benar?

      Oleh Blogger Yany, Pada 2 Maret 2010 16.29  

    • Assalamu'alaikum

      Mengenai leukimia ini saya pernah mendapatkan informasi tentang Tahitian Noni Juice yang sering digunakan oleh orang Amerika untuk penyembuhan leukimia ini, dan banyak juga para ahli dari dalam dan luar negeri yang sudah setuju dengan terapi meminum juice ini untuk terapi penyembuhan leukimia ini, dan sudah sekiar 70% pasien yang sembuh dengan mengkonsumsi Tahitian Nono Juice, Jadi menurut anda apakah ini bisa kita konsumsi sebagai penganti Obat yang 6 itu ? MOHON PENJELASANNYA

      Thanks

      Hendry (jakarta)

      Oleh Anonymous hendrykartiko, Pada 8 Maret 2010 18.14  

    • Mohon pencerahan..

      Tunangan saya umur 21 tahun, menunjukan adanya indikasi leukimia,
      cepat letih, muncul lebam-lebam di beberapa bagian tubuh tanpa sebab, sering merasakan pusing yang datang tiba-tiba, berat badan yang menurun.

      yang ingin saya tanyakan :
      - apakah benar ia menderita leukimia?
      - apakah ada obatnya atau pengobatan alternatif yang bisa menyembuhkan leukimia? (mohon diberi alamatnya)
      - makanan dan minuman apa saja yang baik untuk diberikan?
      - apakah ada pantangan konsumsi suatu makanan?
      - seberapa besar kah kemungkinan untuk sembuh?

      mohon diberikan pencerahan nya..

      Oleh Blogger yoo, Pada 3 April 2010 17.02  

    • guru saya terkena kanker darah,dokter sudah memvonisnya namun saya gak tau stadium berapa yang ia derta,namun pada bagian perutnya membesar,dan badanya kurus banget,,sungguh sangat mengkhawatirkan,,yang ubun saya tanyakan bisakah penyakit guru saya bisa sembuh total sedia kala,dan aya juga ingin tahu stadium berapa yang di derita guru saya!!mungkin saat ini beliau hanya bisa pasrah kepada ALLAH SWT!!!semoga guruku bisa sembuh total,dan bisa mengajar kembali seperti sedia kala,mengngat usianya masih sangat muda!!

      Oleh Blogger tedy cool, Pada 8 April 2010 01.33  

    • guru saya terkena kanker darah,dokter sudah memvonisnya namun saya gak tau stadium berapa yang ia derta,namun pada bagian perutnya membesar,dan badanya kurus banget,,sungguh sangat mengkhawatirkan,,yang ubun saya tanyakan bisakah penyakit guru saya bisa sembuh total sedia kala,dan aya juga ingin tahu stadium berapa yang di derita guru saya!!mungkin saat ini beliau hanya bisa pasrah kepada ALLAH SWT!!!semoga guruku bisa sembuh total,dan bisa mengajar kembali seperti sedia kala,mengngat usianya masih sangat muda!!

      Oleh Blogger tedy cool, Pada 8 April 2010 01.33  

    • Putra saya berusia 2 thn terkena kanker darah akut awalnya dia panas saya bawa ke puskesmas selama 3 hari dia sembuh, 3 hari kemudian dia panas lagi saya bawa ke rumah sakit akhirnya bersama dokter di anjurkan rawat inap selama rawat inap panas naik turun, dia positif Demam Berdarah, selama hampir satu minggu di rawat inap kondisi anak saya membaik akhirnya dokter memperbolehkan anak saya pulang,
      sampai di rumah 2 hari kemudian panas anak saya naik lagi hingga 40"c saya bawa ke rumah sakit lagi disana di ambil darahnya dan hasil labnya menunjukan Hb 8,6 lekousit 800 trombositnya 3900
      anak saya sempat mendapatkan tranvusi darah akhinya saya rujuk ke rumah sakit yang lebih besar/lengkap
      di sana lebih dari 10 hari anak saya di rawat mendapat lebih dari 4 labu tranvusi darah, 3 labu tranvusi sel darah putih dan plasma
      tapi akhirnya anak saya di panggil oleh Yang Maha Kuasa
      3 hari terakhir terjadi pendarahan, terjadi pembengkakan hati,sehingga mendesak paru2nya sehingga dia sesak nafas di samping itu di paru2nya terdapat cairan karena dia punya sakit batuk akhirnya pada tanggal 8 april 2010 anakku menghembuskan nafas terakhirnya
      selamat jalan anakku Doa' Ayah Ibumu menyertai mu Amin....
      kepada teman2 yang ingin saya tanyakan apakah kanker darah itu penyakit kelainan genetika?
      dan jika kelak saya mempunyai anak lagi apakah mungkin bisa terkena?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 13 April 2010 08.56  

    • benarkah leukimia dapat menyebabkan kerontokan rabut hingga mengalami kebotakan. mengapa itu bisa terjadi?
      apakah leukimia bisa terjadi dari kecil dan mengidap penyakit leukimianya hingga dewasa?
      jika bukan bawaan dari lahir mengapa seseorang dapat mengidap leukimia?
      mohon diberikan penjelasannya.
      terimakasih...........

      Oleh Blogger nindya, Pada 24 April 2010 21.06  

    • saya punya keponakan berumur 7 tahun yang didiagnosa dokter gejala leukimia, dan dianjurkan untuk hemodialisa,, yang saya ingin tanyakan apa kegunaan dari cuci darah untuk leukimia?? apakah memang diperlukan untuk cuci darah?? apakah tidak akan menggangu fungsi sistem tubuh lainnya?? mohon dibantu penerangannya.. terima kasih..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 24 April 2010 22.54  

    • Nama : Surya
      Pak mohan bantuan solusinya....
      Saya punya teman yang menderita leukemai darah.
      teman saya belum tahu tentang penyakitnya ini, saya dan keluarganya menyembunyikan tentang penyaki yang diderita sama dia, apa kah kami harus jujur sama dia bahwa dia menderita leukemai? karena dia slalu masuk keluar rumah sakit terus dan menanyakan apa penyakit yang di deritanya?
      saya dan keluarga tidak tega untuk membohongi dianya terus dan tidak berani untuk menceritakan semua ini kepadanya, karena kami takut dia hilang untuk semangat hidup... apa yang harus kami lakukan supaya dia tetap semangat?
      dan bertahan untuk menghadapi semua ini?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 1 Mei 2010 20.10  

    • saya mau tanya...
      kalau untuk penyakit leukimia apakah ada teraphy_nya??
      teraphy tersebut seperti apa???

      Oleh Blogger Stella Devina, Pada 24 Mei 2010 15.56  

    • kakek saya berumur 56 tahun asalnya dia seorang atlit sepak bola, dia mengalami perubahan berat badan yang bertubuh tinggi besar kini menjadi seperti tiang listrik,kalau bisa dikatakan tinggal tulang dan kulitnya saja, itu tuh kira2 berat badannya turun 22kg dalam kurun waktu 4 tahun itu. kakek saya juga bilang kalau dia pergi kerja selalu memakan sarapan roti keju dan minum sirop rasa mangga karna seneng mangga itu tuh di lakukan tiap hari. trus yang kakek saya rasakan banyak.
      1 kakinya terasa lunglai saat melangkah.
      2 perutnya suka keroncongan saat kerja katanya
      3 sering bulak balik kamar mandi
      4 trus matanya suka terasa berkunang- kunang,tangan dinggin sama suka terjatu.

      itu tuh kenapa???

      apa penyebabnya ??

      kalau sakit apa yang harus di cek??

      bisa di obati gax???

      Oleh Blogger ekay, Pada 26 Mei 2010 13.55  

    • dgn cara apakah pnyakit ini bsa d smbuhkan dgn cepat.....?

      Oleh Blogger Ddinz, Pada 28 Mei 2010 00.52  

    • saya nak tahu penykit leukimia berpunca dari apa? adakah penyakit ini berjangkit atau boleh merebak pd kwn2 yg sering dekat dgn si penghidap leukimia? tlg reply..

      Oleh Blogger HIKMAT SAKTI, Pada 28 Mei 2010 16.35  

    • q pnna tmend,,,yg pnna pnkit leukmia,,,,kra2 dia bsa brthan brpa lama???????tlong d bri komentar,,,,,sberpa persen kmungknan untk sembuanha,,,,

      Oleh Blogger dhicha dimyn, Pada 7 Juni 2010 11.59  

    • Ayah saya(57 thn) di vonis terkena kanker darah dengan gejala pembengkakan limpa di bawah dadatapi beliau tidak menunjukkan pucat,cepat letih maupun pendarahan dan nafsu makannya normal.Pertanyaan saya sudah stadium berapakah kanker ayah saya itu dan apakah bisa di obati lalu apa obatnya??

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Juni 2010 09.15  

    • pacar saya berumur 14tahun terkena leukimia stadium 2,apakah msh bisa disembuhkan?dan berapa lama waktu penyembuhannya?berapa persen tingkat kesembuhannya?apakah dengan obat tradisional bisa di sembuhkan?
      Terima kasih....

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 23 Juni 2010 06.37  

    • sahabat saya berumur 13 tahun sekarang, dia sering pusing pusing, mengeluh sakit di sekitar perut, memar dan puncaknya muntah darah. ketika di cek, ternyata positif leukimia tetapi baru stadium awal. bagaimana pengobatannya? apakah bisa sembuh seperti sedia kala? terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 1 Agustus 2010 09.21  

    • .Leukimia apakah bisa sembuh totaL???
      .kalau udah diperkirakan akan bertahan hidup 4 bulan???

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Agustus 2010 19.35  

    • apakah tahitian noni juice itu sangat membantu untuk penyembuhan Leukimia??

      Oleh Blogger syamsir se, Pada 12 Agustus 2010 10.29  

    • apa dengan menkomsumsi tahitian noni juice itu bisa menyembuhkan???? dan apakah ada terapi yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut???

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 12 Agustus 2010 10.37  

    • gusi saya sering berdarah,,dan badan saya juga sering demam tanapa sebab, wjah saya satu ntahunterakhir ini sering pucat dan tubuh saya mudah lelah...
      Kulit saya juga mudah memar,,di cubit sedikit saja sudah menampakkan bekas merah,,,
      apa itu ciri" sya terkena leukimia????
      tolong dijelaskan... sya sangant bngung dngan kondisi badan saya yang stahun ini selalu lemah dan mudah lelah padahal sya sudah mengkonsumsi penambah darah..
      Saya tkut mengkonsumsi vit c karna takut lambung saya tidak kuat..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Agustus 2010 23.10  

    • saya sering merasakan demam yang tiba2..kemuadian saya juga sering muntah cairan putih..
      dan terkadang juga saya mimisan yang berlebihan, cepat capek, dan mudah pusing...
      saya tidak tau harus ngobatin bagimana penyakit ine karena saya mengalami komplikasi ginjal...
      apa yang harus saya lakukan??

      Oleh Blogger saya bukan cewek lemah, Pada 2 Oktober 2010 16.47  

    • apakah orang yg trkena pnyakit leukosit pasti akhir nya akan trkena pnyakit leukimia sja apakah tdk ada pnyakit lain.......

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 17 Oktober 2010 17.56  

    • saya dimas panggil saja boy
      saya terkena leukimia sudah difonis terkena stadium awal
      tapy dokter belum merujuk saya untuk menggunakan 6-MP
      saya merasa keanehan setelah membaca dari beberapa posting di blog
      saya sangat sering mimisan dan muntah darah
      pernah satu kejadian saya pingsan karena rasa sakit di perut yg tidak bisa saya tahan
      lalu apa yang harus saya lakukan
      apa ada obat yg bisa menyembuhkan saya???
      lalu apa kegunaan 6-MP???
      tolong di bantu ya

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 November 2010 15.29  

    • cew saya menderita leukimia kTanya siih dr kcill
      kTa dy gg aD obatnya
      tLong donk cph aJ kLO thu obtnya kzih tau ....
      tlong bntu eea ...
      tankz

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 24 November 2010 19.20  

    • temen saya mengalami penyakit leukimia, dan dia ingin kami semua menjauhinya, karena dia takut penyakitnya itu menular. apakah benar penyakit leukimia itu menular..?

      Oleh Blogger Annisa Yuni Ashri, Pada 28 November 2010 16.22  

    • teman sekelas sy ada yang terkena leukimia sdh stadium 4,dan kemarin dari rumah sakit katanya butuh 6 kantong darah,yang ingin sy tanyakan apakah seseorang yang terkena leukimia itu harus terus-terusan membutuhkan darah sebanyak itu???penyakit leukimia itu maksimum sampai stadium berapa???
      jika agar teman saya bisa sembuh langkah apa yang bisa dilakukan apakah harus transplantasi sumsum tulang atau harus bagaimana??
      tolong bantuannya .terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 30 November 2010 19.49  

    • Apakah ada obat/cara yang bisa menyembuhkan secara total leukimia?Kebetulan teman saya mengalami hal yang serupa.trimakasih

      Oleh Blogger Adrie, Pada 12 Desember 2010 22.54  

    • tolong bantu saya mas...
      cewek saya udah beberapa bulan ni trkena kanker darah....
      blom bisa dsembuhin,,,,
      kenker darahnya blom sempet dsmbuhin malah dia d'vonis kena kanker otak lgi...
      saya bngung mas msti nglakuin pa buat cewek saya....
      pa masih da harapan buat cewek saya sembuh...????

      Oleh Blogger arwind_chy, Pada 7 Januari 2011 02.18  

    • permisi, bisakah saya diberitahu lokasi rumah sakit khusus yang menangani penyakit leukimia selain RS DARMAIS JKT yang sekiranya ada di JAWA TENGAH ?

      Terimakasih GbU

      Oleh Blogger New Words from Okke :), Pada 10 Januari 2011 14.35  

    • Saya kemaren cek ke ruma sakit dan lab trnyata saya kelebihan sel drah putih , normanya kan 10.000 tp saya uda mncapai 14.000
      badan saya akhir2 ini sering lemes , pucet dan bhkan telapak tngan sayapun pucet ..
      knp yaa ?
      bs di jwb ?
      apa saya bakal terkena leukimia ?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 28 Januari 2011 15.57  

    • assalamualaikum
      adik saya gejala awalnya sakit perut muntah,gak selera makan,lemas dan mudah letih,tp dari gejalanya kata dokter dia sakit asam lambung sehingga awal bulan januari adek saya drop lagi dan diopname karen,perutnya bengkak,kaki bengkak,kata dokter dia terkena over hidrasi..terakhir kami pindah dokter,ternyata hb adek saya turun drastis dan harus transfusi darah smapi 5 kantong, terakhir adek saya muntah darah dan berak darah kemudian dia kembali kepadaNYA...terakhir saya ketahui status pasien adek saya dia menderita leukimia,tetapi itupun tidak ada pemberitahuan dari dokter kami tahu melalui orang dalam karena dokter hanya mengatakan pembengkakan pada hati.apakah gejala diatas bisa dikategorikan leukimia?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Februari 2011 06.40  

    • Apakah obat2n utk penderita leukemia dpt menyebabkan insomnia?
      kmudian kalo misalkan jam utk tidur kurang dari 3 jam apakah akan mempersulit kesembhan si pendrita?

      Oleh Blogger neni, Pada 26 Februari 2011 12.07  

    • mas, pacar saya mengidap pnyakit leukemia ini, ia udah msuk stadium 2. Dia blang, umurnya tinggal 4 blan lagi. Pha mungkin scepat itu?

      Oleh Blogger vi, Pada 1 Maret 2011 23.40  

    • saya mau bertanya..
      teman saya menderita leukemia kronis apakah teman saya itu bisa sembuh total atau tida ada harapan tuk sembuh dan hidup lagi?

      mohon jawabannya dan apa yang harus di jalani biar bisa sembuh total dan punya harapan hidup.

      minta alamat rumah sakit yg menangani penyakit seperti itu karna tempat tinggal temen saya jauh dari rumah sakit lengkap.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Maret 2011 20.01  

    • nama saya amel, saya berumur 12 tahun.
      saya sering mimisan dan kepala terasa sakit
      sering kali mual dan perut nyeri
      aku mau minta priksa sama mama-papa tapi katanya, 'jangan berpikiran kaya gitu'
      jadi aku tanya ke sini, sebenarnya aku kena penyakit leukemia atau tidak?

      makasi

      Oleh Anonymous amelia farah, Pada 5 Maret 2011 11.08  

    • asslamualaikaum
      saya punya adik klas dia brusia 13 thn skarang ini..,.,dia sring mngalami mimisan bhkan dlan stu hari bisa mncapai 20x lbih.,.badannya selalu terasa lemas,mukanya pucat,dan sering berkeringat dingin.mungkin sudah ada satu thn lbih dia mngalami seperti itu.,.,
      sampai skarang ini kondisinya menurun dan dia menjalani terapi.,
      apakah itu mndekati kpada leukimia?

      Oleh Anonymous hamidah, Pada 19 April 2011 19.43  

    • siang. temna saya menderita kanker darah. divonis 2 tahun yg lalu. dia pernah menjalani terapi selama 1 thn lebih. saya kurang tau terapi apa yg dijalani tapi dia bs bertahan sampai skrg. saat ini dia tdk menjalani terapi ato perawatan apapun. hanya saja belakangan ini tulang belakang nya kembali nyeri tak tertahankan dan sering demam hingga 42 derajat jg tidak memiliki nafsu makan. saya ingin bertanya apakah itu termaasuk proses sudah mao sembuh atau sebalik nya karena penyakit nya kambuh? apakah kanker darah bisa sembuh secara total? haruskah dia menjalani perawatan lagi? terimakasih atas saran yg diberikan

      Oleh Blogger wanzhen, Pada 23 April 2011 14.11  

    • siang. temna saya menderita kanker darah. divonis 2 tahun yg lalu. dia pernah menjalani terapi selama 1 thn lebih. saya kurang tau terapi apa yg dijalani tapi dia bs bertahan sampai skrg. saat ini dia tdk menjalani terapi ato perawatan apapun. hanya saja belakangan ini tulang belakang nya kembali nyeri tak tertahankan dan sering demam hingga 42 derajat jg tidak memiliki nafsu makan. saya ingin bertanya apakah itu termaasuk proses sudah mao sembuh atau sebalik nya karena penyakit nya kambuh? apakah kanker darah bisa sembuh secara total? haruskah dia menjalani perawatan lagi? terimakasih atas saran yg diberikan

      Oleh Blogger wanzhen, Pada 23 April 2011 14.23  

    • ibu saya menderita leukimia sudah melakukan kemoterapi tpi tidak dilanjutkam krna faktor ekonomi , skrng ibu saya lgi pendarahan ga kunjung brhenti , minta saran terbaik , saya bingung sekali , terimakasih

      Oleh Blogger dhanic, Pada 17 Mei 2011 19.18  

    • ibu saya menderita leukimia lebih dari 2 thn sudah pernah divonis tak bernyawa oleh dokter tpi subhanallah msh bisa di beri kesempatan untuk hidup , tpi skrng lgi mengalami pendarahan yg tak kunjung berhenti , minta sarannya mba tolong saya bingung sekali , terimakasih

      Oleh Blogger dhanic, Pada 17 Mei 2011 19.24  

    • apakah leukimia bisa menular?
      lalu kalau bisa, melalui apa saja?
      ada saran kah buat berobat kemana?
      trimakasih

      Oleh Blogger dwi, Pada 26 Mei 2011 09.02  

    • ASS,sedikit berbagi saya nesya 21 Thn 22 maret 2011 saya melakukan bnp / cek sum sum tlg belakang, sebelumnya saya diopnam dgn 4 LABU darah karna hb saya 3,78 . hasil bnp di rscm dan hasil lab juga dibawa ke rs darmais saya divonis menderita leukimia dengan jenis all pada tgl 27 mret. saya cukup kaget karna tidak adanya tanda2, saya hanya merasakan pusink dan lemas serta pucat..
      setelah itu saya dirawat krna hb saya menjadi 4,4 lagi seratkeadaan saya yang demam 39,3 derajat,, setelah 6 HARI DENGAN 6 labu darah hb saya mnjadi 11,3 setelah keluar 1 mggu saya hrs cek darah dan persiapan kemoterapi, jelang 1 MGGU 11, april hb saya jadi 9.6 tapi saya belum siap untuk kemoterapi , byk alasannya salah satunya saya masih menjalani pendidikan disalah satu sekolah kedinasan negara, saya kembali ke banjarmasin dan saya dapet info untuk meminum rebusan daun sirsak , liat mjlah trubus edisi april,, alhamdillah setelah 1 mggu hb saya naik jadi 10,, dan sekrg tgl 7 juli hb saya 11,3 ,,kenaikan normal tanpa ranfusi yang terjadi pada pasien all sangatlah tidak mungkin namun saya dapat melewatinya walau belum dapat dikatan sembuh namun saya punya keyakinan untuk sembuh , liat surat asy syuara 80, JIKA AKU sakit , maka Dia lah yang mentembuhkan ku,,, dan berkat doa dan semgat orang2 SEKITAR Saya kondisi saya sudah lebih baik,,,

      saya harap bagi rekan rekan yang menderita sakit ini atau yang saudaranya sakit ini jagan menyerah dan patas semgat krna tuhan punya rencana dan ingat keajaiban selalu ada......semoga bermanfaat dan kita semua dapat bersyukur dalam sehgal kondisi.....

      info tentang daun sirsal liat mr google... dan majlah trubus,,,

      sirsak adalah buah untuk menyakit kanker yang ditutupi oleh peneliti yg menginkan keuangan karna dapt mghancrkan sel kanker tanpa merusak sel baik.. lebih baik dar kemoterapi..... selamat mencoba

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 7 Juli 2011 18.29  

    • saya punya kakak yg di vonis leukemia...gejala yg sering di keluh kan muntah darah,mimisan dan semua tubuh bengkak,perut pun semakin membesar...hampir seluruh tubuh dan muka'nya hitam gosong.. jenis leukemia apakah yg di derita kakak saya ? apa masih ada harapan untuk kembali normal ? mengingat sering'nya penyakit'nya sering kambuh,skarang kakak saya tidak bisa berjalan,menggerakan tubuh pun kesakitan...

      Oleh Blogger lieyna, Pada 8 Juli 2011 08.37  

    • apakah penyakit leukemia level 3 bsa sembuh??mohon di beri penjelasan
      kalau tidak bsa berapa waktu dia hidup

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 30 Juli 2011 16.49  

    • saya punya temen usianya 21 tahun. dia menderita leukimia . pertanyaan saya adalah dimna tempat pengobatan leukimia gartis di daerah cirbon. trims

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 5 Agustus 2011 14.04  

    • misi ,
      saya punya tmen umur 14 tahun . dia kena penyakit Leukimia . tmen saya tny , apa ada mkanan dan mnuman yg baik buat penyakit Leukimia ?
      thx before , :) .

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 31 Agustus 2011 17.38  

    • asallammualaikum..
      selmt mlm ^_^ .
      saya vina saya ingin menanyakan sesuatu ...
      yg akhir2 ini sering saya alami..
      stelah membac artikel ini saya ingin tau lbih jauh. 3 bln trkhir ini saya sering merasakn pusing d'bagian kpl belakang kiri. dgn brsama'a rasa mual d'perut saya.. saya jgga sring flu sperti batuk pilek, dan sampain saat ini tak kunjung sembuh.. saya sgt mudah kelelahan.. mata saya kadang trlihat buram.. sering pucat. dan pegal2 pd bgian tulang2 pasti saya alami.. saya hanya ingin tau sbnar'a ad aph gn saya. karna ingn chekup k'dkter tp saya'a msh takut.. mohon bantuan'a yh, sbnar'a saya knp ? an ciri2 itu gejala aph? terimakasih.. d'tunggu jawaban'a ^_^
      asalam'mualaikum

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 13 September 2011 23.00  

    • asslmualaikm wr wb?
      saya richo.
      sebelumnya terimakasih.
      istri saya sering pusing kalau mendapatkan masalah/banyak pikiran atau kecapekan. dia jga dadanya sering sesek/sulit bernafas.kira kira penyakit apakah yang diderita istri saya?

      Oleh Blogger PT PUJA PERKASA, Pada 22 September 2011 15.03  

    • teman saya pnya pnyakit leukimia tetapi ia tidak melakukan berobat ke dokter apa itu berbahaya?

      saya ingin bertanya apakah penyakit leukimia ini bisa menurun kepada keturunan berikutnya nanti...

      Thanx before...

      Oleh Blogger Abdurrahman Naufal, Pada 24 September 2011 17.58  

    • adik saya sedang dirawat di RS, tapi belum mndapat kepastian tentang penyakitnya, akan tetapi tanda dan gejalanya hampir sama dengan yg ada di teori, seperti Hb menurun, sering mimisan, kepala pusing, badan panas..!!
      apakah itu suda dikatakan leukemia
      dan apa antisipasinya.?

      Oleh Blogger sandy, Pada 25 September 2011 13.34  

    • misi saya punya pacar menurut pemeriksaan dokter dia terkena leukimia stadium 3 apakah bisa sembuh atw kha tidak mohon jawabannya??
      gejalanya dia sering meriang batuk"lemes keringetan,dan sering sekali pingsan???

      Oleh Blogger wahyudi setiawan, Pada 25 September 2011 23.15  

    • misi saya punya pacar ber umur 17 thn menurut pemeriksaan dokter dia terkena leukimia stadium 3,lalu apakah ada pengobatanya dan bisakah dia selamat dan bsa sehat,gejalanya sering meriang,lemes,keringetan di seluruh tubuh,sampai"pingsan,..tolong tanggapannya???

      Oleh Blogger wahyudi setiawan, Pada 25 September 2011 23.19  

    • tunangan saya mengidap leukemia stadium 3, n dia tidk mau dichemotherapy hanya mengkonsumsi obat2n saja, dia divonis dokter umur'a hanya tinggal 3 bulan lagi apakah ada cara lain untuk menyembuhkan'a 100%

      Oleh Blogger ody_amel, Pada 12 Oktober 2011 23.36  

    • misi mama saya umur 60thn dan memiliki latar belakang alzaimer (pikun)...tgl 15 oktober 2011 kemarin mukanya pucat lalu kita ambil darah di prodia untuk mengecek darahnya dan hasilnya Hb=3.1..hematokrit=9.7..eritrosit=0.82..MCV=118.3..MCH=3.2..MCHC=32...leukosit=13.8....
      lalu kita bawa keRS dan disana diberikan tranfusi darah dan hasilnya ada perubahan (hasil terakhir tgl 19 okt 2011)WBC=15.39...RBC=2.48...HB=7.5...hematokrit=23..MCV=92.7..MCH=30.2..MCHC=32.6...trombosit=10...RDW=18.2...
      setelah itu dilakukan lg test anti trombosit AB dan hasilnya positf...
      sedangkan hasil test blood smear adalah RBC= anisositosis normochrom, rouleaux pos
      WBC=jumlah meningkat, tampak 8% sel blast dengan sitoplasma bergranula
      trombosit=sangat sedikit
      kesan=bisitopenia dengan sel blast 8%
      saran=BMP dan immunophenotyping

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Oktober 2011 18.52  

    • misi mama saya umur 60thn dan memiliki latar belakang alzaimer (pikun)...tgl 15 oktober 2011 kemarin mukanya pucat lalu kita ambil darah di prodia untuk mengecek darahnya dan hasilnya Hb=3.1..hematokrit=9.7..eritrosit=0.82..MCV=118.3..MCH=3.2..MCHC=32...leukosit=13.8....
      lalu kita bawa keRS dan disana diberikan tranfusi darah dan hasilnya ada perubahan (hasil terakhir tgl 19 okt 2011)WBC=15.39...RBC=2.48...HB=7.5...hematokrit=23..MCV=92.7..MCH=30.2..MCHC=32.6...trombosit=10...RDW=18.2...
      setelah itu dilakukan lg test anti trombosit AB dan hasilnya positf...
      sedangkan hasil test blood smear adalah RBC= anisositosis normochrom, rouleaux pos
      WBC=jumlah meningkat, tampak 8% sel blast dengan sitoplasma bergranula
      trombosit=sangat sedikit
      kesan=bisitopenia dengan sel blast 8%
      saran=BMP dan immunophenotyping
      apa mungkin mama saya kena leukimia??
      tolong dibantu...terima kasih sebelumnya...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Oktober 2011 18.54  

    • saya adalah anak yang berumur 15 tahun, setiap hari saya selalu demam, pusing, mual dan lemes sudah 2 bulan lebih begitu tiap hari, setiap sudah olahraga pasti langsung sakit dan lemes, dan hampir semua gejala - gejala di atas saya merasakannya kecuali yang sakit dada, saya jarang sakit dada, dan kalau sakit dada biasanya 2 atau 3 hari baru sakit.
      apakah saya bisa dibilang kena penyakit leukimia tersebut ?
      Mohon jawabannya.
      Makasih banyak

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 November 2011 01.46  

    • saya mmpunyai kk ipar, dia sering mimisan dan pusing serta tubuh nya hampir biru2 smua, dia sering mngalami sakit itu tapi tdak pernah, mngeluh bahkan crita pada siapa pun,
      beberapa hari ini dia mengalami muntah darah dan pingsan, sudah dirawat di RSU, tp pihak RSU blum mmberikan hasil LAB..hal yg demikian ini apakah termasuk golongan leuQimia??dan apakah sudah parah?dan bisakah di sembuhkan?

      Oleh Blogger trie alea, Pada 24 November 2011 12.28  

    • teman saya mengidap leukimia stadium 3, sering mimisan dan timbul bercak2 merah di kulit, apa masih bisa disembuhkan ?

      Oleh Blogger Juru Sapuh, Pada 29 November 2011 09.46  

    • tunangan saya suka mimisan dan pingsan..pas di cek kedokter ternyata terkena gejala leukimia..dokter bilang katanya terkena leukimia, dokter juga udh memvonis tunangan saya :( tp dokter bilang katanya bisa sembuh, klo tunangan saya ga bnyk tekanan pikiran'a dan terlalu cape beraktifitas. mohon saran"nya..bagaimana cara penangannya :( dmn saya harus terhapy tunangan saya??? makasih banyak..

      Oleh Blogger ivan, Pada 10 Desember 2011 12.02  

    • trie alea @ leukimia tanda dan gejalanya seperti yg disebutkan pd artikel, terutama linu dan nyeri sendi apabila sudah stadium lanjut krn sel darah putih disumsum tlg sdh jauh lbh banyak.

      Muntah darah, terutama darah kotor kemungkinan ada kaitannya dgn luka lambung atau usus kronis. Namun demikian hasil lab yg akan sangat membantu, terutama memastikan Leukaemia atau bukan.

      Oleh Anonymous khomsah, Pada 10 Desember 2011 16.52  

    • adhe sya dh 2x operasi pncangkokkn sumsum tulang belakang tapi malah sekarang jadi amnesia. Trkadang ingat trkadang dy lupa sapa dia dn smua orng dikeliling. Apa it pngaruh dri operasi?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Desember 2011 08.10  

    • permisi tanyak, saya punya tman usia kurang lebih 23 tahun, dia kadang sering mimisa dan pusing jika terlalu capek,serta sesak nafas, dan pada pagi hari ludah bercampur darah,apakah itu gejala leukimia atau penyakit yang lain?? trim's

      Oleh Anonymous kinan, Pada 20 Desember 2011 12.11  

    • bagaimana cara penanganan unutuk pasien yang menderita gejala leukimia,saya takut terjadi apa apa dengan tunangan saya.. terimakasih banyak.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 21 Desember 2011 12.18  

    • apa penyaki leukimia bisa sembuh?
      saya mempunyai manatan dan sampai saat sekarang dia masih dekat dengan saya.
      dia sudah menderita penyaki ini st.3.
      apa kemungkinan ini bisa sembuh????

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 5 Januari 2012 02.31  

    • permisi..
      saya agus...
      pacar saya menderita leukimia stadium 3...
      apakah masih dapat sembuh total...?
      n gmana nyembuhinnya..?
      please.. answer...?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 6 Januari 2012 00.10  

    • saya mau tanya obat buat kangker darah stadium 1 apa sayah takut tr jadi apa'a sama pcr saya kata dokter yg memeriksanya dia bisa mati kpn aja sayah takut itu tr jd pcr sayah
      sayah mohon bantuannya sayah tunggu kabar anda secepatnya sayah mohon

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 10 Januari 2012 04.13  

    • keponakan saya baru usia 1 bulan, tp dia di diaknosa leukimia, gmn ya, dia masih bisa di sembuhkan ga? dan seberapa besar biaya untuk menyembuhkan leukimia ini? ada obsen lain untuk mengobatinya kalo kita tidak punya cukup biaya untuk beli obat dan terapi? thanks .fr johan..

      Oleh Blogger johannes lubis, Pada 11 Januari 2012 23.55  

    • Aslm. Saya pny tmn perempuan, brusia 23 thn, dy mngidap pnyakit leukimia stadium 3. Itu yg sy dngar, dy sering mngeluhkn pndarahan, sakit perut, muka pucat pasih, nmun dr segi fisik trlihat berisi n dy bs bkerja sperti layaknya org normal. Yg sy dngar jg dy dberi suntik hormon.
      Yg ingin saya tanyakan,
      1. Apakah dgn stadium 3, msh bs smbuh?
      2. Sbnrnya dgn kemotherapi, rambut pasien psti akan rontok?hingga botak, soalnya tman sy blg dy sering kemo, tp dr fisik trlihat normal, rambut normal, rontok hny sdkit sja.
      3. apakah dgn suntik hormon tersebut dr segi fisik bs mnjadi terlihat normal?
      4. Apa sesungguhnya fungsi suntik hormon tersebut?
      Terima kasih sbelumnya, wassalam

      Oleh Blogger musik, Pada 22 Januari 2012 05.59  

    • ibu saya mengalami penyakit tersebut stadium 3 saya kwtir apkh bs sembuh total?dy skrng lg mnjalani perwatan di rs. dr sutomu surabaya , apa obt yg paling ampuh untuk menyembuhkanx. mohon sranx.thanks

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 5 Februari 2012 21.16  

    • apakah gejala mimisan dan sering merasakan sakit kepala dan nyeri d bagian perut merupakan ciri awal penyakit leukemia ??
      mohon penjelasanx...

      Oleh Blogger Beibcintz, Pada 9 Februari 2012 10.26  

    • Ingin sedikit bertanya nich. Tetangga saya punya anak umur 2 tahun lebih. Pada waktu lahir prematur 7 bulan. setelah lahir sampai sekarang tiap dua bulan perlu untuk transfusi darah. Tetapi ketika saya bertanya dibilangnya sakit Anemia kata dokter. Apakah Anemia yang parah membutuhkan transfusi darah secara rutin, ataukah hal tersebut sudah mengarah ke Leukimia. Kalaupun Leukimia masih satdium awal seandainya bagaimana cara menyembuhkan. Jujur saja saya merasa kasihan. Sekedar info setiap habis Transfusi darah biasanya anak tersebut akan lebih aktif dibanding sebelum transfusi. Apakah ada makanan atau apaun yang bisa membatunya atau apa yang bisa saya sarankan. Karena keluarga tersebut termasuk kurang mampu.

      Terima kasih atas informasi dan penjelasannya. Dan mohon ijin artikel dicopy kalau boleh.

      Salam

      Oleh Blogger Eko PN, Pada 21 Februari 2012 16.39  

    • kurang lebih dua bulan yang lalu, pacar saya sakit tangan, bila diberi tenaga rasanya sakit. dalam seminggu sakitnya hilang, kata dokter tidak apa2. 3 minggu kemudian, dia demam tinggi berhari2, akhirnya dibawa ke rumah sakit, dan katanya dbd, setelah 3 hari ternyata tifus. dia dirawat hanya seminggu. 2 minggu dari keluar rs, dia sakit persendian lagi, sampai2 tidak bisa jalan. jawaban dokter masih sama, katanya tidak apa2, namun tekanan darahnya tinggi terus, dalam seminggu sakit sendinya hilang namun tekanan darahnya tidak juga menurun.
      Dua minggu dari situ, dia demam lagi dan perutnya terasa sakit sekali hingga dilarikan ke rs lagi, awalnya dikira tifus namun ternyata negatif. dari hari ke hari perutnya membesar, itu penyebab dari hati yg bengkak. dalam 20 hari di rumah sakit dia transfusi trombosit 3x, karena transfusi yg pertama dan kedua hanya berpengaruh dalam 1 hari saja, trombositnya sempat sampai 11rb. pada saat transfusi ketiga trombositnya mulai stabil di rentang 35rb, akhirnya pihak rs mengizinkan di pulang, namun perutnya makin hari malah makin sakit, dan demam terus menerus. hati nya masih bengkak, bahkan menekan lambung sehingga makan 4 suap juga sudah membuat perut kekenyangan. dia sempat diambil darah dari tulang dada untuk pemeriksaan dan hasilnya tidak diberi tahu kepada saya dan pasien.

      pertanyaannya apakah mungkin dia mengidap leukeumia? umurnya baru saja menginjak 17 tahun

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 1 Maret 2012 14.35  

    • Saya mau bertanya dok, Ibu saya sudah berusia 49 tahun, 3 bulan belakangan ini Beliau sering demam tanpa sebab, kadang sangat tinggi dan kadang hanya hangat saja, perut nya juga terasa buncit, muka pucat, anemia (setelah cek darah di lab HB hanya 7,4), cepat lelah, kemudian dianjurkan dokter setempat untuk tranfusi darah karna HB yang terlalu rendah, kemudian setelah di tranfusi sebanyak 3 kantong HB sudah nampak normal, lalu seminggu kemudian Beliau demam tinggi lagi tanpa sebab yang jelas, tidak ada nafsu makan, perut terasa panas dan terasa ada sesuatu yang menyesak ke ulu hati sehingga tidak nafsu makan. Sewaktu dirawat di Rs dokter sempat menyarankan untuk mengambil cairan sumsum tulang dada untuk mengetahui penyakit nya, tapi kami tidak setuju karna banyak baca di internet bahwa itu sangat sakit dan membawa trauma yang mendalam buat pasien, kira2 apakah penyakit ini mengarah ke Leukimia dok? mengingat kakak dari Ibu saya baru meninggal 2 bulan yang lalu terkena leukimia, apakah penyakit ini genetik? terima kasih sarannya dok..

      Oleh Blogger Ria Handrina, Pada 2 Maret 2012 10.17  

    • Pcar saya pnya pnyakit leukimia saat ini dya sudah stadium 3, jlan y paling efektif utk dya bsa sembuh ap ya?
      tlong solusi'ya..
      Rudie..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Maret 2012 14.47  

    • teman saya telah menderita leukimia, baru di ketahui 3 bulan ini. apa dengan kemoterapi , bisa sembuh 100%..?
      dari rady

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Maret 2012 11.38  

    • apakah ada daftar pustakanya.?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 Maret 2012 18.09  

    • assalamu'alaikum,wr,wb.. istri saya menderita penyakit leukimia kronis... sampai saat ini masih berobat jalan ke RS, pertanyaan saya " apakah istri saya bisa sembuh dan normal kembali ? karena kami masih muda dan masih ingin mempunyai anak" disamping berobat langkah apa saja yang harus istri saya lakukan supaya cepat sembuh" terimakasih..Ade

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 28 Maret 2012 18.04  

    • Terima kasih infonya

      Oleh Blogger Febri Harianto, Pada 19 April 2012 14.27  

    • Aku menderita penyakit ini sejak kecil, namun aku terus bertahan untuk tetap semangat menjalani hari-hari ku ini. entah sampai kapan ini akan berakhir, aku coba untuk tetap bertahan meskipun aku tau waktu umur ku ini tidak lama lagi. aku ingin tetap hidup seribu tahun lagi, meskipun hanya bisa bermimpi.

      Oleh Blogger oziel rachela, Pada 22 Mei 2012 23.42  

    • kalau orang sering sakit kepala pada saat panas terik, kelelahan, dn stres. dan tiba-tiba flu meski hari panas,nyeri punggung dn tulang, dan +sering diare pa tu di bilang tanda dn gejala leukimia?????

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 30 Mei 2012 14.59  

    • terjumpa info ni, juga pasal leukimia… sharing is caring :) - Sel Darah Putih Punca Leukimia

      Oleh Blogger armouris, Pada 20 Juni 2012 01.02  

    • Hai Oziel Rachela..
      Bagaimana kabarnya skrg? Kalau bolrh tau, leukimianya jenis apa dan stadium berapa? Pacar saya mengidap CLL stad 2. Dia skrg mengkonsumsi obat herbal. Saya lihat kondisinya semakin menurun. Saya tidak tau apa yang harus saya lakukan. Please sharing karena saya tidak bisa bertanya pada dokter yg punya blog ini krn sepertinya beliau sudah tidak aktif lg di blognya.
      Terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 8 Juli 2013 07.22  

    • Sebenernya, leukimia itu bisa disembuhin atau enggak sih?..
      Bagaimana cara untuk mensupport orang terdekat kita yang mengidap leukimia?

      Oleh Blogger ate, Pada 6 September 2014 23.48  

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]



    << Beranda