<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6128622652732034671\x26blogName\x3dPenyakit+dan+Pengobatannya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\x26vt\x3d-7741652081408545161', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Cacar (Herpes)

Penyakit Cacar atau yang disebut sebagai 'Herpes' oleh kalangan medis adalah penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok. Penyakit Cacar atau Herpes ini ada 2 macam golongan, Herpes Genetalis dan Herpes Zoster.

Herpes Genetalis adalah infeksi atau peradangan (gelembung lecet) pada kulit terutama dibagian kelamin (vagina, penis, termasuk dipintu dubur/anus serta pantat dan pangkal paha/selangkangan) yang disebabkan virus herpes simplex (VHS), Sedangkan Herpes Zoster atau dengan nama lain 'shingles' adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang menimbulkan gelembung cairan hampir pada bagian seluruh tubuh.

Herpes zoster juga dikatakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) karena virus yang menyerang adalah sama, Hanya terdapat perbedaan dengan cacar air. Herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di bagian punggung, dahi atau dada.

  • Cara Penularan Penyakit Cacar (Herpes)

  • Secara umum, seluruh jenis penyakit herpes dapat menular melalui kontak langsung. Namun pada herpes zoster, seperti yang terjadi pada penyakit cacar (chickenpox), proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah. Pada penyakit Herpes Genitalis (genetalia), penularan terjadi melalui prilaku sex. Sehingga penyakit Herpes genetalis ini kadang diderita dibagian mulut akibat oral sex. Gejalanya akan timbul dalam masa 7-21 hari setelah seseorang mengalami kontak (terserang) virus varicella-zoster.

    Seseorang yang pernah mengalami cacar air dan kemudian sembuh, sebenarnya virus tidak 100% hilang dari dalam tubuhnya, melainkan bersembunyi di dalam sel ganglion dorsalis sistem saraf sensoris penderita. Ketika daya tahan tubuh (Immun) melemah, virus akan kembali menyerang dalam bentuk Herpes zoster dimana gejala yang ditimbulkan sama dengan penyakit cacar air (chickenpox). Bagi seseorang yang belum pernah mengalami cacar air, apabila terserang virus varicella-zoster maka tidak langsung mengalami penyakit herpes zoster akan tetapi mengalami cacar air terlebih dahulu.

  • Tanda dan Gejala Penyakit Cacar (Herpes)

  • Tanda dan gejala yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum adalah demam, menggigil, sesak napas, nyeri dipersendian atau pegal di satu bagian rubuh, munculnya bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung cair. Keluhan lain yang kadang dirasakan penderita adalah sakit perut.

  • Penanganan dan Pengobatan Penyakit Cacar (Herpes)

  • Pada penderita penyakit cacar hal yang terpenting adalah menjaga gelembung cairan tidak pecah agar tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk bagi kuman lain (infeksi sekunder), antara lain dengan pemberian bedak talek yang membantu melicinkan kulit. Penderita apabila tidak tahan dengan kondisi hawa dingin dianjurkan untuk tidak mandi, karena bisa menimbulkan shock.

    Obat-obatan yang diberikan pada penderita penyakit cacar ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala yang ada seperti nyeri dan demam, misalnya diberikan paracetamol. Pemberian Acyclovir tablet (Desciclovir, famciclovir, valacyclovir, dan penciclovir) sebagai antiviral bertujuan untuk mengurangi demam, nyeri, komplikasi serta melindungi seseorang dari ketidakmampuan daya tahan tubuh melawan virus herpes. Sebaiknya pemberian obat Acyclovir saat timbulnya rasa nyeri atau rasa panas membakar pada kulit, tidak perlu menunggu munculnya gelembung cairan (blisters).

    Pada kondisi serius dimana daya tahan tubuh sesorang sangat lemah, penderita penyakit cacar (herpes) sebaiknya mendapatkan pengobatan terapy infus (IV) Acyclovir. Sebagai upaya pencegahan sebaiknya seseorang mendapatkan imunisasi vaksin varisela zoster. Pada anak sehat usia 1 - 12 tahun diberikan satu kali. Imunasasi dapat diberikan satu kali lagi pada masa pubertas untuk memantapkan kekebalan menjadi 60% - 80%. Setelah itu, untuk menyempurnakannya, berikan imunisasi sekali lagi saat dewasa. Kekebalan yang didapat ini bisa bertahan sampai 10 tahun.

    119 Komentar:

    • obat yang bagus apa? trus nyebar ga? n makanan pantangannya apa? bisa ga herpes timbul karena faktor keguguran? kasih gw info donk.........

      Oleh Blogger adinda, Pada 21 Maret 2008 pukul 21.06  

    • Pengobatan penyakit cacar berfokus pada keluhan yang timbul, misalnya demam, menggigil, nyeri dipersendian, bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung cair.

      Obat yg seharusnya diberikan :
      1. Paracetamol tablet
      2. Acyclovir tablet
      3. Bedak Talek
      4. Vitamin Neurobian/neuroboran

      Hindari makanan yg memang anda alergi bila memakannya, terutama yg menyebabkan gatal agar tidak bertambah gatal pada gelembung cacar. Lainnya tidak ada pantangan khusus, bahkan harus meningkatkan konsumsi makanan bergizi untuk perbaikan daya tahan tubuh.

      Keguguran tidak ada hubungannya dengan herpes (cacar). Herpes disebabkan oleh virus yang masuk melalui sentuhan kulit, bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah, serta prilaku sex (ML, oral sex) seperti pada herpes genetalis.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 24 Maret 2008 pukul 02.39  

    • Anak saya berusia 16 bulan terkena cacar air. Apa obat yang pas untuk anak seusia dia? Mohon juga petunjuk pemakaiannya...

      Terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 9 Oktober 2008 pukul 12.54  

    • Buat Darnoji :
      Cacar pada bayi umumnya tidak menimbulkan komplikasi, dapat sembuh dengan perbaikan daya tahan tubuh (pemberian vitamin). Namun demikian gejala demam dan gatal menjadi perhatian kita tentunya.

      Anak Anda dapat diberikan (puyer) zovirax (obat yang kandungannya Acyclovir). *Tablet Acyclovir 20 mg per kg berat badan 4x/hari.

      Oleskan Salep zovirax dan bedak salicyl pagi dan sore setelah mandi.

      Berikan penurun demam (syrup paracetamol) sesuai dosis petunjuk pada kotak obat.

      Anak Anda dapat dimandikan dengan air mandi dicampur PK (Kalium Permanganat) atau dettol supaya bersih dari kuman yang menempel dan anak akan merasa segar.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 10 Oktober 2008 pukul 17.28  

    • aku tinggal serumah dengan iparku, dia kena cacar lagi sejak tanggal 26 okt 08 kemaren (waktu kecil pernah kena), gimana cara menghindari penularannya sama keluarga yang lain?, soalnya aku masih punya bayi umurnya 10 bulan, aku khawatir banget...

      Oleh Blogger Unknown, Pada 29 Oktober 2008 pukul 10.49  

    • 1. Proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah. Nah, upayakan sebisa mungkin menghindari hal-hal tersebut.

      2. Bagaimana imunisasi MMR bayi Anda? karena beberapa wilayah ada yang sudah memberikan pd bayi usia 9 bulan.

      3. Immun bayi umumnya masih jauh lebih baik dari seseorang dewasa, pemberian ASI yg baik sangat membantu memberikan daya tahan tubuh sang Bayi terhadap kekebalan penyakit. Semoga begitu pula dengan bayi Anda, sehingga terhindar dari kemungkinan tertular cacar.

      4. Klo pun terjadi penularan cacar pada bayi Anda, ikuti langkah yang saya jelaskan terhadap komentar saudara Darnoji.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 29 Oktober 2008 pukul 20.20  

    • teman saya mengalami bengkak pada bagian mata, dan pada bagian paha mengalami kulit yg memerah.......
      setelah ke dokter dia divonis mengalami penyakit herpes
      yg saya mau tau jenis herpes ap yg diderita teman saya...
      dan berbahaya ga??

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 8 Desember 2008 pukul 11.36  

    • Anonim (Tentang herpes) :
      Anda mengatakan bengkak pada mata dan merah bagian paha, apa tidak salah mendeskrisikan itu?

      Herpes adalah penyakit cacar, jadi bukan pembengkakan. Melaikan adanya gelembung berisi cairan. Kalau maksud Anda adanya gelembung kemerahan di area tersebut, maka teman Anda terkena herpes Zoster.

      Ini tidak begitu berbahaya, Hanya perlu meningkatkan gizi agar daya tahan tubuh pulih kembali. Selanjutnya adalah meminum obat penurun panas dan Acyclovir (antiviralnya).

      Oleh Blogger khomsah, Pada 8 Desember 2008 pukul 13.55  

    • saya mau tny..usia saya thun ini 21 th,,saya belum pernah berhubungan intim paling jauh hanya ciuman..tetapi di lingkar pinggang saya ama selangkangan sampai ke pantat semua ada bekas warna coklat seperti bekas luka.awalnya gatal,setelah saya garu ternyata berubah spt tu.apa itu termasuk herpes???kira - kira penyebabnya apa??padahal saya tidak punya alergi terhadap makanan.sementara ini saya hanya menggunakan minyak "Tawon".Gatalnya agak berkurang tetapi bekasnya belum hilang.Lalu cara pengobatan yang efektif bagaimana???Trima kasih sebelumnya..tolong jawaban dikirim ke email saya ( surya_3005@yahoo.co.id )

      Oleh Blogger 86 -, Pada 5 Januari 2009 pukul 22.04  

    • Jawaban Buat 86 :
      Dari cerita yang disampakain, kami menduga itu adalah suatu ekzima yg berawal dari faktor allegi. Pencetus allergi mungkin dari pakaian dalam yang kotor, jenis bahan, terlalu ketat.

      Anda dapat menggunakan salep kulit yang mengandung hydrocortison dan antibiotik (Betason-N). Semoga lekas sembuh!

      Oleh Blogger khomsah, Pada 6 Januari 2009 pukul 15.27  

    • kalo obat untuk penghilang noda bekas herpes zoster apa ya?nyeri akibat penyakit itu juga masih timbul tenggelam, untuk menghilangkan nyeri itu obatnya apa ya?terimakasih!

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Februari 2009 pukul 15.00  

    • Herpes? Cobalah Daun Petai

      Saya pernah terserang herpes. Sebelah leher dan tengkuk melepuh seperti luka bakar. Nyeri dan panas, rasanya. Atas saran dokter, saya kemudian mengonsumsi tablet acyclovir dan tablet neurobion. Untuk mengobati luka pada kulit, saya juga memakai salep acyclovir. Tapi karena rasa nyeri dan panas pada kulit susah hilang, kemudian saya mencoba obat alternatif yang mudah, murah dan mujarab.
      Dalam hal ini, saya memakai daun petai (Parha speciosa). Caranya: daun-daun petai yang hijau dan berukuran kecil-kecil itu digerus hingga lumat, ditambah dengan sedikit air. Setelah lumat, ramuan itu kemudian dioleskan pada permukaan kulit yang terserang herpes. (Untuk mengoleskannya, saya sendiri menggunakan kuas kecil seperti yang lazim digunakan untuk mengoleskan bedak).
      Hasilnya luar biasa: ramuan yang terasa dingin itu ternyata mampu meredakan rasa nyeri dan panas. Bahkan permukaan kulit yang tadinya menggelembung itu pun kemudian mengempis. Setelah ramuan itu kering, saya ulangi pemakaiannya beberapa kali hingga kulit yang terserang herpes terasa pulih kembali.
      Barangkali Anda juga dapat mencoba ramuan alternatif ini. Mudah-mudahan, Anda lekas sembuh.

      (Hawe Setiawan, Bandung)

      Oleh Blogger Hawe Setiawan, Pada 4 Februari 2009 pukul 09.39  

    • 1. herpes genetalis sama ga ma HIV ?
      2. pengobatan herpes genetalis bagaimana dan menyebabkan kematian tidak ?
      3. herpes genetalis dan herpes zoster berapa lama sembuhnya ?

      Oleh Blogger miraclecinta, Pada 5 Februari 2009 pukul 17.07  

    • kalo timbul kayak cacar air disekitar kemaluan wanita itu penyakit herpes atau apa? trus obatnya apa?
      terima kasih

      Oleh Blogger Unknown, Pada 7 Februari 2009 pukul 08.05  

    • dok, sudah seminggu ini di hampir sekujur badan saya timbul bintik merah dan sangat gatal, tidak banyak, tapi ada di setiap bag tubuh (di kaki 3 bintik, tangan kanan & kiri @ 2 bintik, pinggang, betis, leher, masing2 3 bintik), sejauh ini tidak mengandung air. tapi ada satu bintik di kaki kiri yang agak besar (yg lain kecil2) dan mengandung air.
      sakit apa ya saya dok?apa herpes?mhn jawabannya, saya hrs minum obat apa?terimakasih...

      salam,
      bundanaufal

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Februari 2009 pukul 14.30  

    • Buat Bunda Naufal :
      Data yang anda berikan kurang mendukung untuk ditegakkan diagnosa herpes. Apakah ada demam? perih disekitar bintik-bintik tersebut?

      Namun yang jelas kemungkinan besar itu disebabkan jenis virus, Saya hanya dapat menyarankan supaya hubungi dokter atau pelayanan kesehatan terdekat.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 16 Februari 2009 pukul 16.21  

    • saya terkena di bagian penis tp saya tidak pernah melakukan oral sex dan sebagainya, apakah bisa karena hal lain? bahaya tidak ya?

      Oleh Blogger qwerty, Pada 4 Maret 2009 pukul 17.48  

    • saya terkea herves disekitar/atau mungkin seluruh leher saya leher, hervesnya teras panas namun tidak gatal atau yang lain.tolond donk...saya minta saran untuk menggobati penyakit ini!!!!!!

      plese saya menunggu.
      tolong segera kirim pesan sebelum penyakitnya sembuh.

      trimakasih...**

      Oleh Blogger Gerson Didi, Pada 9 April 2009 pukul 17.11  

    • apa benar penyakit herpes genetalis bisa menyebabkan kemandulan

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 29 April 2009 pukul 16.33  

    • gmna cara ngilangin bekas cacar air yg udh lama dan bekasnya udh jd keloid..
      trme ksh

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 Juni 2009 pukul 09.05  

    • Saya remaja berumur 19tahun. Saya mengalami cacar air/herpes dan sudah menjalar d sekujur tubuh. Saya sudah meminum obat acyclovir dan salepnya juga. Yang jadi pertanyaan saya adalah seberapa lama penyakit ini menyerang. Berikan jawabannya karena saya harus beraktivitas di kampus. Terima kasih. Danie

      Oleh Blogger Danie, Pada 30 Juni 2009 pukul 09.29  

    • selamat malam dok..kalo bayi berumur 10 bulan menderita penyakit herpes zoster (hampir di seluruh bagian tubuhnya bercak n bergelembung merah) dan kata dokter itu herpes,sudah di beri obat tapi belum ada perubahan.. menurut dokter bagusnya di beri obat apa ya dok? terima kasih dok

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 12 Juli 2009 pukul 19.39  

    • Dokter,
      anak saya 1.3thn terkena Herpes setelah cek DSA,
      ada bercak merah dan bergelembung berisi air di sekitar leher dan kepala. saya sudah berkan salep Acyclovir dan lr PK (untuk mandi).
      kemungkinan sembuhnya berapa lama yah?, kasihan melihat si kecil jadi gerah dan gatal.
      DSA juga memberikan Antibiotik "Amoxicilin", apakah perlu minum obat ini?, karena Herpes karena virus bukan bakteri

      mohon pencerahannya


      Thanks,
      Hardi

      Oleh Blogger Unknown, Pada 17 Juli 2009 pukul 17.42  

    • dok dulu saya pernah kena yang katanya HSV sekarang muncul lagi di bagian lengan areanya tidak seluas dulu cirinya putih seperti terbakar api rokok tapi tidak ada cairan justru bagian putih tersebut masuk ke bagian dalam kulit apakah benar ini disebabkan virus hsv?
      apakah hsv itu virus turunan dari cacar air? waktu kecil saya pernah kena cacar air
      dulu saya terjangkit herpes setelah berjalan jauh dengan kendaraan motor sekarang mucul lagi setelah camping di bukit, dari proses tsbt apakah virus ini bisa menular atau aktif dari udara karena perubahan suhu?
      dari wikipedia katanya belum ada obat buat mematikan virus ini apa itu benar?
      sebelumnya saya ucapkan terima kasih terimakasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 24 Juli 2009 pukul 18.33  

    • pak, saya penderita herpes zoster.saya sudah mengkonsumsi obat dari dokter & sama persis yang telah bapak sebutkan sebelumnya
      1. Paracetamol tablet
      2. Acyclovir tablet
      3. Bedak Talek
      tapi selama 2 minggu ini saya masih belum juga sembuh dan tidak ada perubahan yang buat hati senang.
      dan pertanyaan saya pak.
      apakah ada obat yang lebih bagus dari itu?
      mohon bantuanya pak...
      karena saya harus kembali ke kampus untuk kembali belajar seprti dulu.
      terima kasih....
      semoga tuhan membalas kebaikan bapak.
      amin...

      Oleh Blogger can u help me?, Pada 29 Juli 2009 pukul 21.00  

    • www.infopenyakit.com

      Oleh Blogger budi.santoso0818, Pada 12 Agustus 2009 pukul 10.47  

    • Halo,pak. Saya ingin bertanya, saya sakit hampir 1 minggu. Awalnya flu, demam, menggigil, mata panas, nafas juga panas, badan pegal2, kepala berat, susah berkeringat. Di hari ke-3,muncul bercak2 kemerahan di kulit tapi tidak ada gelembung air dan terasa agak gatal.
      Kata dokter, saya terkena virus. Apa virus yang menjangkit saya ini masih dalam satu turunan dengan virus cacar air?
      Terimakasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 26 Agustus 2009 pukul 10.01  

    • Dok klo mndinya pke air hngat atau air biasa?

      Oleh Blogger Pick Lamp, Pada 29 Agustus 2009 pukul 01.19  

    • PA,... MOHON BANTUANYA BANGET,...
      SAYA PRIA BERUMUR 40 TH,...SETAHUN YG LALU SAYA PERNAH TERKENA HERPES TAPI LUPA JENISNYA, ,.... YAITU SEKITAR DADA DEPAN MELINGKAR SAMPAI PUNGGUNG SEBELAH KIRI. PERSIS GARIS MELINGKAR SETENGAH,...
      PADA SAAT ITU SAYA DIBERI OBAT ANTI VIRUS, PENURUN PANAS, DAN ANTIBIOTIK, SERTA VITAMIN YANG CUKUP MAHAL. ALHAMDULILAH SEMBUH PA,..!!!
      CUMA MASALAHNYA ADALAH :
      1. SETELAH SEMBUH BEKAS SAKIT TERSEBUT MENJADI BAAL KULITNYA DAN SERING GATAL2,...NGILU,...DAN SUDAH BERLANGSUNG SAMPAI SAAT INI.
      2. KLO BEBAN KERJA SAYA TINGGI LUPA MAKAN DAN CAPEK,...MUNCUL LAGI BINTIK2 MERAH PERIH DAN PANAS DIBAGIAN LAIN, DAN SEIRING DGN DIOBATI SEMBUH KEMBALI.

      PERTANYAANYA :
      1. ADAKAH OBAT DAN CARA UNTUK MENGHILANGKAN SAKIT BEKAS HERPES YANG SEPERTI SAYA SEBUTKAN NO 1 TADI PA (ATAU BAAL YANG MELINGKAR DI DADA SAMPAI PUNGGUNG KIRI ) ,...?
      2. BISAKAH DIIMUNISASI KEMBALI ,...?

      CATATAN :
      SAYA PERNAH TERKENA CACAR AIR DIWAKTU KECIL LEBIH KURANG WAKTU BERUMUR 10 TAHUN.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 5 September 2009 pukul 09.49  

    • saudara saya pernah menderita cacar air,
      setelah 8 atau 9 hari saudara saya sudah biasa di katakan sembuh.
      setelah 7 hari badan saudara saya gatal-gatal dan keluar bercak kehitam-hitaman,
      lalu saudar saya memeriksakan ke dokter kembali,
      kata dokter cacar saudara saya yang kemarin belum keluar semua karna di tahan oleh daya tahan tubuh saudara saya.

      PERTANYAAN :

      1. Apakah benar yang di katakan dokter bahwa cacarnya belum keluar semua sebab di tahan oleh daya tahan tubuh saudara saya ??

      2. Apakah saudara saya bisa terserang penyakit Herpes Zoster dan HIV ??

      TOLANG JAWABANNYA !!!
      SEBELUMNYA TERIMA KASIH.

      Oleh Blogger randis, Pada 29 September 2009 pukul 11.30  

    • isteri saya saat ini sedang hamil 6 bulanan, dilengannya muncul merah melingkar dan tengahnya perih dan memar, dan dipunggung kiri ada gelembung kecil berisi air dan sekarang menjalar ada merah2 di sekitar pipi kiri dan telapak tangan sebelah kanan. menurut dokter kulit kemungkinan terkena sejenis herpes(virus kulit), dan dikasih salep Acyclovir 5%, dan dikasih obat Imboost force dan Asthin Force.
      Pertanyaan:
      1.Apakah benar itu penyakit herpes? apakah bisa menular dengan sentuhan? dan berbahaya tidak buat janin?
      2. Bagaimana solusi pencegahan dan pengobatannya yang cepat mengingat isteri saya sedang hamil?

      terimakasih.
      ditunggu masukannya.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 November 2009 pukul 10.50  

    • permisi dok , saya wanita umur 17 tahun . sudah beberapa bulan ini saya terserang penyakit yg saya tidak ketahui . gejalanya bintik" merah di sekitar daerah kelamin dan pantat . kalau di garuk dy tambah gatal dan semakin membesar .
      penyakit apa itu dok ? apa obatnya ? thx .

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 14 Desember 2009 pukul 04.04  

    • Sekilas riwayat penyakit herpes saya :
      -waktu kecil pernah kena herpes di mulut (kelas 3sd) justru saya tau itu herpes setelah sekarang dewasa dan dapat info dari internet, dgn gejala bibir melepuh pecah-pecah dan sempat dirawat di RS selama beberapa hari. setelah itu hingga sekarang sering kambuh disekitar bibir, namun timbulnya kecil2 berair dan berkelompok dan setelah becah dalam beberapa hari hilang dan tidak meninggalkan bekas, sangat disesalkan orang tua saya tidak memberitahukan bahwa pada saat kecil saya terkena herpes ini, hingga sekarang saya tahunya justru dari informasi di internet.
      - Smp kelas II saya terkena cacar air
      - Sekarang usia saya 35 th dan terserang herpes lagi di tangan kanan, oleh dokter sudah diberikan obat dan salep untuk herpes, setelah hampir 2 minggu benjolan2 tersebut sudah mengering, apakah ada efeknya ke buang air seni yang terasa panas..? namun saat herpes mengering rasa panas pada saat buang air juga berkurang..?

      Setelah membaca beberapa referensi mengenai herpes ini, saya juga jadi teringat bahwa anak saya yang ke 2 pada usia 3th juga pernah terkena herpes di telinga, saya juga ingat orang tua saya laki2 juga pernah terkena herpes di leher, bahkan hingga mengganggu saraf mulut (mulut sampai mencong2 tidak bisa berbicara) namun setelah menjalani terapi orang tua saya sembuh kembali..

      pertanyaannya :
      1. apakah istri saya juga sudah terkena herpes walaupun hingga kini dia belum menunjukan gejalanya..? namun dia mengalami alergi di sekitar kulit kelamin seperti bintil2 yang terasa gatal, namun kata dokter itu efek dari pemakaian KB suntik yang 3 bulanan, sekarang dia memakai KB suntik yang 1 bulan dan bintil2 serta rasa gatel sudah menghilang.
      2. apakah herpes kulit dan kelamin itu sama/beda..? atau pembedaan nama diberlakukan karena perbedaan lokasi terkenanya?
      3. apa solusi yang paling baik buat saya pribadi agar periode herpes dibibir saya tidak cepat dampaknya dan tidak menulari orang lain?, karena dari referensi yang saya baca, herpes akan timbul lagi pada saat kondisi tubuh turun/drop
      4. Perilaku apa yang harus saya ajarkan ke keluarga saya agar virus ini tidak berkembang ke semua keluarga ataupun pada orang lain..?
      5. dengan perilaku sex oral kami , apakah ini berbahaya dok untuk penularannya, mengingat saya sudah termasuk positif herpes..?

      Oleh Blogger Unknown, Pada 18 Desember 2009 pukul 11.40  

    • Hi...
      Suami saya mengalami Herpes beberapa bulan lalu..dan beliau sempat di rawat 5 hari di RS..dan sesampai na di rumah saya lah yg mengurusi suami saya...dan dengan usil na saya mengelopeki yang sudah kering terkadang masih ada yg basah...apakah itu akan menular ke saya nanti na???
      dan bagai mana dengan anak2 saya yang masih suka cium dan peluk2 ayah na...apakah mereka akan tertular juga dengan penyakit Herpes???

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Desember 2009 pukul 15.53  

    • istri sy di nyatakan herves sama dokter hasil lab menyatakan IgG HSV 2 positip dan IgM HSV negatip, kira kara berbahaya ga dok?

      Oleh Blogger iwan, Pada 25 Desember 2009 pukul 22.09  

    • herpes apakah penyakit bahaya....dan apakah bisa kambuh sewaktu-waktu selain itu orang yang terkena herpes apa selamamya ga akan sembuh????kasih solusinya donk...!!!

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 1 Februari 2010 pukul 15.05  

    • Permisi !

      Sy berumur 17 thn jln. Sekarang saya sedang menderita suatu penyakit kulit.

      Ciri2: di tangan kiri,paha kanan+kiri dan beberapa tempat di kaki terdapat beberapa gelembung cair dan binitk2 kemerahan yang terasa gatal. Tapi belum merambah seluruh tubuh saya, hanya sebagian kecil saja.

      1. Apakah benar itu cacar??
      2. Apakah ciri2 tersebut bisa bertambah banyak??
      3. Bagaimana cara penanganannya??
      4. Obat merk/jenis apa yang harus saya konsumsi??


      Mohon DIJAWAB SECPATNYA!!
      Supaya saya tidak terlalu menderita dan orang lain pun tidak terkena imbasnya.
      TERIMA KASIH!!![^_^]

      Oleh Blogger Abang, Pada 11 Februari 2010 pukul 23.34  

    • ass. dok saya ingin bertanya, ibu mertua saya terkena herves saya mengajurkan beliau untuk meminum obat yang telah dokter anjurkan pada penderita herves lainnya tetapi ibu mertua saya ini menderita penyakit diabetes melitus/kencing manis yang ingin saya tanyakan apakah boleh ibu mertua saya itu mengkonsumsi obat yang sama dengan penderita lain terima kasih, wass

      Oleh Blogger meri, Pada 20 Februari 2010 pukul 12.53  

    • Dooooooookkk..... Jawaban untuk pertanyaan2 di atas mana??? saya mewakili seluruh orang yang menanyakan hal tersebut diatas..dan salh satu pertanyaan saya sudah ada yg menanyakan tpi belum di jawab...Terima aksih

      Oleh Anonymous gamma, Pada 20 Februari 2010 pukul 18.55  

    • Dok,, beberapa bulan ini sy ditumbuhi bintil2 berisi air pa daerah sela jari tangn, kaki, punggung, dan rasanya gatal.. trus benjolan tidak berair pada daerah paha, perut, pusar, bawah perut, seluruh vital, kantung vital, hingga pantat, juga gatal2.. pada lingkaran pinggang kalau digaruk jd seperi berkerak.. saat ini sudah jalan 6 bulan, padahal awalnya cuma beberapa bintil di lipatan jari kelingking..
      Kira2 saya sakit apa ya dOK??
      apa benar itu Herpes Simplex?
      Trims ya dOk jawabannya..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 26 Februari 2010 pukul 01.28  

    • saya mau tanya nih soal herpes zoster.. jadi saya terkena penyakit itu udah 2 tahun lamanya dan tanpa pengobatan karena tidak ada nyeri / tanda2 apapun..
      akhirnya saya berobat ( maret 2010 ).. saya cuman pengin bekas luka saya itu yang seperti garis2 ( ada yang di dada dekat ketiak juga di pantat ) untuk segera hilang.. obat / salep apa ya kira2 yang harus saya pakai..
      terimakasih dok..

      Oleh Blogger yakuchiki, Pada 30 Maret 2010 pukul 09.07  

    • saya saat ini sedang kena Cacar Zoster ini..
      kalau memang nanti virus ini tidak akan hilang selama nya tetapi akan tetap ada d dalam tubuh kita, apa nantinya kalau hamil tidak menurun k anak? apa tidak ada efek yg membahayakan?
      saya banyak membaca d artikel internet, menunjukan bahwa penyakit ini menyerang daerah pingga ke atas, HSV2 itu menyerang pinggang k bawah, penjelasan ini membingungkan saya.
      karena saya sudah k dokter n mengatakan HSV1 tp saya terkena kaki bagian kanan dan pinggang bagian belakang d garis pakaian dalam
      thx dok

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 4 April 2010 pukul 15.51  

    • DOK ISTRI SAYA PERNAH TERKENA HERPES KIRA2 2MINGGU YANG LALU DI BAGIAN SEKITAR LEHER DAN PUNDAK, SEKARANG SUDAH SEMBUH,HERPES YANG DI DERITA ISTRI SAYA ITU KATA DOKTER NYA YANG KALAU BERPUTAR BISA MENGAKIBATKAN KEMATIAN.SAAT INI ANAK SAYA YANG BERUSIA 10TH SEDANG MENGALAMI CACAR AIR YANG TIMBUL GELEMBUNG BERAIR DI SELURUH TUBUH NYA TAPI SAYA TIDAK TAHU JENIS HERPES APA ITU.APAKAH ITU SEMUA ADA KAITAN NYA DENGAN PENYAKIT ISTRI SAYA?DAN BAGAIMANA CARA NYA UNTUK MENGHILANGKAN RASA GATAL TERSEBUT?KARENA DENGAN BEDAK TALEK TIDAK BISA.SAYA SUDAH MENCOBA MENGOLESKAN VICKS OBAT GOSOK,APAKAH ITU TIDAK MENIMBULKAN EVEK SAMPING?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 April 2010 pukul 20.32  

    • Dok,saya udah 3taun ni kena penyakit kulit,kalau cirinya kaya cacar,timbul gelembung2 cairan d selakangan paha dan pantat,tapi tidak pernah timbul rasa demam atau panas.
      Dulu pertamany muncul d lutut, tapi udah sembuh.
      Saya sangat tidak tahan bila hawa panas atau berkeringat,karena sangat gatal sekali.
      Saya mau tanya,sebenarnya saya kena penyakit apa dan bagaimana pengobatanya??
      Sebelumnya terimakasih

      Oleh Blogger Unknown, Pada 15 April 2010 pukul 11.27  

    • siang dok, saya mau tanya sama dokter, usia saya sekarang 30 thn, tangan dan kaki saya terkena penyakit yang saya tidak ketahui penyakit apa itu. gatal2 trus sekarang memerah tapi tidak bernanah, karena gatal saya garuk sekarang merah tersebut tambah banyak. awalnya saya ml ma pasangan saya, br 2 kali ml dy kena kencing bernanah, beberapa minggu kemudian saya terserang gatal, saya sudah menggunakan obat tradisional yaitu getah gaharu, saya oleskan pada tangan dan kaki saya luka yang akibat garukan saya berkurang, saya juga minum obat antibiotik, tapi sampai sekarang masih belum sembuh juga. apalagi kalau cuaca panas, merahnya makin kelihatan dan gatal. apakah penyakit saya ini bisa dibilang herpes? satu hal yang dokter harus ketahui kalo saya sering mencukur bulu tangan dan kaki saya menggunakan cukuran. itu berlangsung sudah lama, kata orang tua saya merah2 yang timbul dikulit saya akibat seringnya bulu tangan dan kaki dicukur. tapi kenapa baru sekarang timbul. mhn petunjuknya dok, karena saya orang awam tentang penyakit ini. terima kasih sebelumnya.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Mei 2010 pukul 14.46  

    • saya remaja usia 20 tahun 3 tahun lalu saya mengalami gatal yang sangat sekali sampai sekarang di daerah pantat selakangan tapi suadah agak mendingan daripada pas pertama rasanya. dulu mula2 kelamin saya agak memutih tapi lama2 hilang dan beralih ke selakngan. saya tidak dapat berkonsentrasi di kampus sekarang karena sering kmbuh. yang saya mau tanyakan apakah jenis herpes ini. saya tidak pernah berhubungan seksual tapi pernah onani dulu... apakah ini bisa sembuh terus terang saya tersiksa karena biasanya ada orang jarak beberapa meter ya sekitar 5 meter sudah merasa gatal walaupun itu sebentar. tolong bantuanya saya tidak ingin seumur hidup tersiksa seperti ini serta bagaimana jika saya hendak melamar kerja nanti..... tolong sangat dibantu!

      Oleh Blogger Cak_Eko, Pada 18 Mei 2010 pukul 23.13  

    • selamat malam...
      saya adl seorang mahasiswi yg mempunyai masalah diselangkangan paha saya.
      awalx saya kira gatal-gatal yg saya rasakan hanya karna perobahan cuaca yg mnjadi panas...
      setelah saya coba pkai talk, gatal2 it masih ttap muncul dan bertambah parah malahan. saya lihat area gatalnya itu sudah melebar dari yg pertama saya lihat.. apakah ini juga disebut herpes??????
      gimana cara tanggulangannya lagi???
      karna gatalnya itu sangat ,menggoda untuk digaruk. tapi alhasil itu akan melebar dan meninggalkan bekas.

      cara apa yg harus saya lakukan dan apa obat yg bs menyembuhkannya??
      terima kasih.

      Oleh Blogger brettresia, Pada 4 Juni 2010 pukul 20.43  

    • saya mau tanya anak saya 11 bulan kemarin kan demam, terus saya kasih paracetamol terus demamnya udah normal, tapi sekarang kok muncul bintik-bintik merah di kaki yang dikaki sih bintiknya kecil-kecil tapi yang di paha dua kok agak besar seperti cacar air, tapi besarnya itu gak berisi gelembung air tapi kumpulan bintik-bintik kecil sekitar 3/4 bintik, itu kenapa ya dok? trus obat yang harus saya kasih itu apa?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Juni 2010 pukul 13.48  

    • selamat siang,
      ke 2 anak saya (7bln & 2 th) skrg terjangkit Herpes Zoster di lengan dan perutnya, mohon pencerahaan teman² sekalian...obat apa yg bisa menyembuhkan secara cepat untuk penyakit ini, krn saya & istri kesulitan untuk memberitahukan kepada anak agar tdk digaruk jika gatal, mohon infonya untuk di email ke f_aizhar@yahoo.com
      terima kasih sebelumnya.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 23 Juni 2010 pukul 11.06  

    • ahir ahir ini, kulit saya dibagian bagian tertentu, kaya seperti luka bakar, apa bener itu bagian dari hervest???

      Oleh Blogger Unknown, Pada 24 Juni 2010 pukul 18.05  

    • MUNGKIN DOKTERNYA LAGI LIBUR SAMPAI BATAS WAKTU YANG TIDAK DITENTUKAN :)

      Oleh Anonymous setia, Pada 26 Juni 2010 pukul 06.52  

    • Kalo utk menghilangkan bekas luka cacar agar tidak permanen gimana ?


      Salam dari :
      http://hanya20rb.tk
      Yg mau iseng tp bisa dapat duit sampingan dari internet

      Oleh Blogger Drafter Ngapak, Pada 5 Juli 2010 pukul 18.09  

    • selamat siang dok....


      maaf mengganggu sebentar....


      nama : saya ganda suryanto...
      alamat : jln jeruk 23 pekalongan

      maaf dok,
      Saya mau tanya...


      kenapa penyakit herves saya tidak hilang2 yachh?


      pada hal udah saya kasih obat dari dokter nya....


      1. Asam Mefenamat 500 mg
      2. Amoxilin
      3. Acyclovir 200 mg
      4. neurobion
      5. salep nya Acyclovir 5 gram
      yg 5%

      Saya mau tanya,Dok...


      kenapa kok tidak sembuh2 y...?

      saya minta solusi nya dari dokter....


      trima kasih banyak sebelum nya,dokter....


      salam buat keluarga nya...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 3 Agustus 2010 pukul 12.06  

    • papa ku pernah kena cacar,trus sekarang kena herpes zoster.apa itu hal yang lumrah?

      Oleh Anonymous jasmine, Pada 4 Agustus 2010 pukul 04.57  

    • mau tanya, kalo waktu kecil belum diimunisasi campak bolehkah diimunisasi setelah dewasa (umur sekarang 20 tahun). Terima kasih jawabannya

      Oleh Blogger Unknown, Pada 5 September 2010 pukul 11.14  

    • Law cacar Bleh d suntik nggak?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 9 September 2010 pukul 23.51  

    • Sekedar sharing...sy terkena herpes Zoster/Varicella Zoster,di dada sebelah kanan timbul sekelompok gelembung2x dengan rasa panas dan nyeri diberi obat oleh Dokter :
      1. Acifar Salep
      2. Acyclovir Tablet
      3. Ibuproven
      setelah 3 hari ini belum mengempis gelembungnya,dan masih ada rasa panas,sekarang sy mencoba mengkonsumsi Stimuno ,neurobion dan vitamin C untuk menaikkan daya tahan tubuh,serta makan teratur dan minum susu,Semoga ada perkembangan yg lebih baik..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 18 September 2010 pukul 12.01  

    • teman saya mengalami herpes genetical,
      bagai mana cara mengatasinya...

      Oleh Blogger Unknown, Pada 1 Oktober 2010 pukul 23.59  

    • bagai mana cara mengatasi pernyakit herpes genetical?

      Oleh Blogger Unknown, Pada 2 Oktober 2010 pukul 00.02  

    • alhamdulillah semoga dengan ini herpes saya bisa seumbuh

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 6 Oktober 2010 pukul 14.35  

    • anak saya berumur 12 tahun! dia terkena cacar air, tetapi yang bikin saya bingung , Mengapa dia cacar tapi tidak terkena demam! kenapa ya?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 8 November 2010 pukul 08.16  

    • saya mengalami ciri2 herpes di alat kelamin saya...ciri2nya bengkak dan ditengah tedapat titik hitam...bagaimana cara mengobatinya..
      tolong bantuannya

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 25 November 2010 pukul 13.35  

    • saya wkt masih 3 bulan terkena penyakit. kata dokter itu herpes. kini ada bakat bekas herpes berwarna hitam besar di muka saya. apa yang harus saya lakukan? tolong saya email ke chapuccino.mie@gmail.com

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 25 November 2010 pukul 18.49  

    • dok, bagaimana cara menghilangkan flek-flek hitam bekas penyakit cacar ?

      Oleh Blogger Ucil Anareng, Pada 27 November 2010 pukul 01.43  

    • dok saya ingin bertanya, saya mengalamin penyakit ini, dan yang saya ingin tanyakan apakah penyakit ini tidak tahan terhadap suhu dingin? karena ketika saya terkena dingin terasa sangat sakit.. mohon jawabannya dok? dan terima kasih...

      Oleh Anonymous novan, Pada 11 Desember 2010 pukul 09.20  

    • saya mw tnya , sya remaja umur 16th, saya pnya kluhan d gtal d daerah alat kewanitaan,,,,
      pa gatel sya itu d sbabkn oleh virus herpes ???
      bgmn cara mnghilangkn rasa gatal itu ?????
      dan pa obat'a ????

      Oleh Blogger nenk mpie, Pada 18 Desember 2010 pukul 13.42  

    • jika penyakit herpes cacar ini salah satunya pecah, apakah akan meninggalkan bekas?


      Sebut saja saya Dodo

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Desember 2010 pukul 10.03  

    • Maaf,saya mau tanya,dipunggung saya ada titik hitam,samping nya merah bengkak rasa nya panas.saya sudah coba pakai salep dan bedak tp masih belum sembuh juga,apa itu yg dinamakan herpes?mohon dijawab,trima kasih sebelum nya,harun.(Harunaby99@yahoo.com)

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 31 Desember 2010 pukul 00.36  

    • Sekitar 3 minggu yang lalu semenjak sy komentar disini, saya menderita HERPES ZOSTER kira2 begitu soalnya nyerang daerah punggung dan depan dekat lambung sangat besar dan luas. Rasanya sakit, panas, pegel badan, perih, gatel, pokoknya rasanya nano-nano deh.

      Tp, Alhamdulillah gelembung cair itu udah ga ada lagi, cuma ninggalin bekas kulit seperti terbakar.

      Pengalaman saya hingga hari ini adalah walaupun udah terlihat sembuh dan tidak ada aktivitas penyakit ini lagi, sisa rasa gatel masih tetep ada, susah hilang. sehingga akhirnya pengobatan terus saya lakukan dengan penyalepan menggunakan Acyclovir 5 mg

      Nah, untuk ini saya ingin berbagi pengalaman berobat dengan kalian dari penyakit HERPES ZOROSTER yang pernah saya alami ini

      Anjuran Obat:
      - Acyclovir 200mg 5x1 hari slama 2 minggu
      - Acyclovir 5mg 5x1 hari slama seminggu
      - Imuno tablet 1x1 hari
      - Propolis Diamond 15 tetes + 1/4gelas air hangat /jam /hari

      INGAT !!!
      Virus ini ga akan mati, hanya dikristalkan(ditidurkan) di sel saraf, dan hanya akan bangun(aktif) kembali jika daya tahan tubuh lemah,

      jadi solusi utamanya adalah perbanyak makan dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan Obat Imun pilihan kalian.

      Jangan lupa TOBAT karena skrg udah 2011, bentar lagi kiamat!

      Oleh Anonymous Cepot, Pada 6 Januari 2011 pukul 12.31  

    • Sekitar 3 minggu yang lalu semenjak sy komentar disini, saya menderita HERPES ZOSTER kira2 begitu soalnya nyerang daerah punggung dan depan dekat lambung sangat besar dan luas. Rasanya sakit, panas, pegel badan, perih, gatel, pokoknya rasanya nano-nano deh.

      Tp, Alhamdulillah gelembung cair itu udah ga ada lagi, cuma ninggalin bekas kulit seperti terbakar.

      Pengalaman saya hingga hari ini adalah walaupun udah terlihat sembuh dan tidak ada aktivitas penyakit ini lagi, sisa rasa gatel masih tetep ada, susah hilang. sehingga akhirnya pengobatan terus saya lakukan dengan penyalepan menggunakan Acyclovir 5 mg

      Nah, untuk ini saya ingin berbagi pengalaman berobat dengan kalian dari penyakit HERPES ZOROSTER yang pernah saya alami ini

      Anjuran Obat:
      - Acyclovir 200mg 5x1 hari slama 2 minggu
      - Acyclovir 5mg 5x1 hari slama seminggu
      - Imuno tablet 1x1 hari
      - Propolis Diamond 15 tetes + 1/4gelas air hangat /jam /hari

      INGAT !!!
      Virus ini ga akan mati, hanya dikristalkan(ditidurkan) di sel saraf, dan hanya akan bangun(aktif) kembali jika daya tahan tubuh lemah,

      jadi solusi utamanya adalah perbanyak makan dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan Obat Imun pilihan kalian.

      Jangan lupa TOBAT karena skrg udah 2011, bentar lagi kiamat!!

      Oleh Anonymous Cepotx, Pada 6 Januari 2011 pukul 12.33  

    • sya mw nanya,sya sdh berbulan2 gtal dijari tangan,gatalnya itu ngumpul dan ada airnya.selain itu di daerah kelamin,sikut,lutut,pinggang dan selangkangan juga gtal merah dan tak bisa dithan,kdang sampai lecet bru bisa berhenti.selain gtal juga sering muncul bisul.keluarga sya juga ada yang tertular.apa ini termasuk penyakit herpes?apa bisa sembuh?obat apa yang co2k yg bsa di beli di apotek?mhon infonya ke email iwangokil@yahoo.com,trims

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 Januari 2011 pukul 08.25  

    • sy remaja usia 16 th..
      di hampir seluruh badan sy muncul bintik2 kcil berisi air tetapi tidak sakit dan gatal..
      awalnya sy tidak hiraukan karena semakin banyak sy mulai khawatir..
      kira2 sy menderita sakit apa dok?
      tolong djawab cepat ya? thanx b4

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 13 Januari 2011 pukul 14.45  

    • slmt mlm, dokter, saya punya penyakit yg di duga itu herpes tp saya msh blm yakin. memang blm sempat ke dokter. tp penyakitnya berawal dr ketiak kiri saya yg stlah saya sadari sudah ada bercak2 merah dan gatal. krn saya pikir hanya gatal biasa saya sering menggaruknya. tp lama2 agak membesar dan menjadi kulit yg memerah, bengkak serta melepuh (karena saya sering mengoleskan alkohol 70%).
      makin lama kulit yg sdh memerah, membengkak/menebal serta melepuh itu tdk juga sembuh malah membesar. hingga skrg kedua ketiak saya sudah terkena penyakit ini, dan mulai terlihat seperti gelembung merah yg berair (tdk semua yg berair)dan gatal sdh tumbuh d sekitar kulit yg menebal dan merah itu.
      selain itu juga ada biji2 kecil d lipatan lengan saya yg berair (tdk semuanya)dan gatal.
      apakah itu benar2 herpes?

      trus saya mo tanya lgi, saya kan awalnya ga tau kalo itu penyakit herpes atau menular gitu, saya sempat mandi dan saat menggosok badan dengan busa mandi, setelah menggosok ketiak saya yg sakit dan gatal itu (pastinya gelembung berair itu sudah pecah sewaktu saya menggosoknya) saya menggosok badan yg lain termasuk kelamin saya dengan busa yg sama. apakah penyakit itu bisa menular ke kelamin saya dan di sebut herpes genital juga???
      tlg d jwb ya dok, saya sangat butuh jawaban dokter secepatnya. trima kasih. :(

      Oleh Blogger Cewek, Pada 16 Januari 2011 pukul 22.51  

    • Dok, saya juga pernah penyakit herves di punggung saya dan udah sembuh tapi masalahnya bekas luka tersebut masih tetap ada. yg ingin saya tanyakan apa ada obat atau cara menghilangkan bekas luka tersebut soalnya saya jadi gak bisa pake baju yuken lagi...malu sama punggung yg ada bekas lukanya...! mohon di balas, makasih sebelumnya.

      Oleh Anonymous cantika, Pada 29 Januari 2011 pukul 13.00  

    • Artikel yg bagus & bermanfaat buat saya yg sdg terkena varicella.
      Tmksh atas ilmunya smg penulis semakin exis & ilmu2nya dpt terus bermanfaat bagi sesama...amin...

      tanya dikit dong...boleh kan..??
      bisakah hilang kesediakala bekas dr cacar itu? klu bisa bgmn caranya..??
      sy sangat membutuhkan jwban ini, atas bantuannya sy ucapkan byk trmkh.
      wass kst

      Oleh Blogger Lady Kocoy, Pada 2 Februari 2011 pukul 13.11  

    • Siang dok,,,,dok saya sudah 2 kali keguguran,,lalu saya test torch hasilnya hsv II saya igm positive Dan igg negative,Dokter spog saya menyarankan terapi Dan ngasih obat acyclovir 200 gram ,isoprinosine Dan vit c,,,apakah obtnya sudah betul atau kira2 ada obt tambahan lain yg lbh bagus yg bisa akurat sembuhnya..mengingat 3 thn lalu saya jg sempat kena hsv zoster dibagian pinggang dok...

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 4 Februari 2011 pukul 13.08  

    • .hmm...Dok,saya mau tanya niii...adik saya itu t6erkena cacar air tapi hanya di badan,punggung,ketiak,pantat,dan paha...namun pada tangan dan kakinya sangat sedikit....apakah penyakit ini akan tetap timbul di anggota gerak?? soalnya di tempat lain yang terkena itu sekarang mulai kering ...

      Oleh Anonymous motty, Pada 14 Februari 2011 pukul 21.09  

    • numpang tanya dong, saya terkena penyakit herpes sejak 2 minggu yang lalu.. daerah tepatnya pada bagian bokong sebelah kanan, saya biasa mengobatinya dengan salep Acyclovir.. pertanyaan saya, apa salep itu benar? berapa lama orang terkena penyakit herpes itu?

      Oleh Blogger yanna, Pada 15 Februari 2011 pukul 01.52  

    • saya mau tanya dok , teman saya waktu SMP dulu pernah kena cacar , panasnya tinggi , setelah dia sembuh dia mengalami gangguan pengelihatan , hanya mata sebelah kiri , apa itu pengaruh dari cacar ? atau itu penyakit lain ? cara penyembuhannya bagaimana yang benar ? dan ini masih berlangsung sampai sekarang , mohon dijawab , terima kasih .

      Oleh Anonymous ertha, Pada 24 Februari 2011 pukul 19.22  

    • saya mau tanya, umur saya 15 tahun..
      saya baru terkena cacar tularan teman sekelas saya,
      tapi cacar air itu timbul dengan sendirinya, tanpa adanya gejala seperti meriang ataupun demam,.
      mengapa demikian?sedangkan kebanyakan orang yang terkena cacar air awalnya mempunyai gejala-gejala seperti itu,

      dan harus bagaimana saya sehari-hari dirumah agar orang lain tidak terkena cacar air yang saya alami?haruskan saya menyendiri?
      tolong dijawab, terima kasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 April 2011 pukul 11.26  

    • saya mau tanya ni....untuk menghilangkan bekas cacar obatnya apa ya........????????// cz d muka bnyk bgt.....terima kasih,,,,,,mohon bagi infonya

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 27 April 2011 pukul 20.41  

    • saya mau tanya berapa hari ini badan sara agak panas. dan timbul bintik2 merah seperti digigit nyamuk tapi itu kecil kecil. apakah itu gejala cacar atau hanya karena digigit nyamuk? kalo memang positif cacar. apakah timbul pada seluruh tubuhnya menyebar secara cepat? kira-kira berapa hari?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 21 Mei 2011 pukul 18.49  

    • dokter saya juga lagi terkena cacar air dan apa obat nya dokter??????
      umur saya 11 tahun
      dokter kasi saya info nya ya

      Oleh Anonymous anissa lintang, Pada 24 Mei 2011 pukul 20.14  

    • sudah 1 minggu anak sy terkena bintik2 kecil di wajahnya lalu pecah semakin lama semakin banyak sy sudah berikan acylorovin tapi malah semakin banyak dan melebar,apa anak sy terkena harpes.bagai mana cara menanganinya.

      Oleh Anonymous ekowinarno, Pada 25 Mei 2011 pukul 15.45  

    • dok,di sekujur badan saya muncul gelembuang kecil yang isinya cairan putih bening kaya air putih. rasanya gatal, apalagi kalau di telapak tangan. apakah itu cacar? bagaimana mengobatinya dok. obat apa yang harus saya cari?
      oh, iya.. seringkali untuk mengurangi rasa gatal, biasanya saya mandi pake air panas, tapi malah membuatnya menyebar dok.. terimakasih.. andi

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 12 Juni 2011 pukul 13.17  

    • artikel bagus gan.
      saya sakit perut terus menerus, dan ada herpes (sedikit sih). Apa emang berhubungan gan?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Juni 2011 pukul 13.28  

    • Dok, saya laki-laki berumur 37 tahun, seminggu kemarin saya mengalami gatal didaerah kelamin, dan dua hari terakhir ini berubah seperti melepuh dan berair disertai rasa panas dan bengkak disekitar lipatan paha. Yang jadi pertanyaan saya dok, apakah ini termasuk penyakit herpes atau penyakit apa ya…? Saya tunggu balasan penjelasannya dokter, makasih.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Juni 2011 pukul 14.12  

    • kira kira bisa sembuh total ga penyakit itu ?
      dan apa obat yang ampuh ?
      tolong kasih jawaban donk ke no ini 083817241758

      Oleh Blogger TKJ One Selalu Di Hati, Pada 21 Juni 2011 pukul 17.11  

    • dokk ,, setelah kena herpes genital, kenapa bintil masih bisa timbul di mulut , ??saya kerja TKI ,jdi bingung mau cari obatnya dimana ,,

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 29 Juni 2011 pukul 19.12  

    • Dok, saya terkena penyakit herpes yang lanjutan dari penyakit cacar. Saya ingin bertanya, apakah ada obat uang alami untuk penyakit ini. Saya tunggu jawaban nya, Tolong ya dok kirim jawaban nya ke nomor ini 081946485639. Terimakasih banyak.

      Oleh Blogger Bandung Bondowoso Collection, Pada 30 Juni 2011 pukul 16.58  

    • ass. dok
      suami saya terkena cacar, biasanya stau saya cacar menyerang d bag kulit luar tubuh kita spt daerah skitar punggung paha atw d lengan namun yg suami saya alami cacar tersebut timbul d dalam mulut d langit2
      apakah hal itu normal dok? trima kasih

      Oleh Blogger reni trias, Pada 6 Juli 2011 pukul 14.36  

    • dok...saya 35thn,selama 3 hari saya mengalami demam,setelah demam itu hilang berangsur ditelapak tangan dan kaki muncul bintik2 seperti campak tapi terasa sakit jika disentuh hingga saya sulit untuk menapak,demikian..mohon petunjuknya trimakasih dok..

      Oleh Blogger nidacell, Pada 12 Juli 2011 pukul 22.01  

    • Mav penyakitnya itu gelembung nya pecahnya berapa hari ya ?

      Oleh Blogger rio, Pada 18 Juli 2011 pukul 09.00  

    • mohon maaf sebelumnya,keluhan saya hampir sama dengan apa yang telah disampaikan oleh saudara/i 86 yang beralamtkan email (surya_3005@yahoo.co.id) sebleumnya,usia saya tahun ini juga 21 th,,saya juga belum pernah berhubungan intim paling jauh saya juga hanya ciuman..tetapi sejak dari smp sampai sekarang di lingkar pinggang saya ama selangkangan sampai ke pantat semua ada bekas warna coklat seperti bekas luka juga.awalnya gatal,setelah saya garuk ternyata berubah spt itu.apa itu termasuk herpes???kira - kira penyebabnya apa??padahal saya juga tidak punya alergi terhadap makanan.sementara ini saya hanya menggunakan salep2 kulit.Gatalnya agak berkurang tetapi bekasnya belum hilang.Lalu cara pengobatan yang efektif bagaimana???Trima kasih sebelumnya..tolong jawaban dikirim ke email saya juga,

      (siulbejo@yahoo.com)

      Oleh Anonymous bejotemensantoso, Pada 25 Juli 2011 pukul 08.58  

    • Pagi Dok, mertua saya didiagnosis positif herpesn mengalami bengkak dan ada gelembung disekitar mata (keluar cairan berwarna kuning) sudah dirawat di RS selama 7hari, hari selasa ini boleh pulang, saya punya bayi 7 bulan. Saya sangat khawaatir bayi saya tertular. Saya tinggal serumah dengan mertua saya. Bagaimana menurut dokter apakah akan menular jika tinggal serumah? Karena ggelembungnya belum kering

      Oleh Blogger vivi, Pada 26 Juli 2011 pukul 00.52  

    • dok
      saya seorang pria tertular penyakit dari istri yg terserang keputihan dan masa kenanx sekitar 2 sampai 4 minggu ciri2nx sperti dok bilang tapi munculnya d sekitar kmaluan timbul bintik merah 2 sampai 3 bintik gatal dan perih dan lama kelamaan memecah sperti nanah tapi dari dokter diberi obat
      1. sagestam
      2. imbost force
      3. acyclovir

      penyakitnya sembuh tapi bisa timbul kembali stelah kulit tangan, paha. wajah atau betih terasa panas sperti kena lombok
      yang saya tanyakan :
      1. gimana cara penyembuhan total jika ada tolong beri saran
      2. apa ada obat yg baik untuk penyakit saya
      mohon bantuannya dan trimakasih sebelumnnya

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Agustus 2011 pukul 23.37  

    • maaf,
      setahu saya herpes sma cacar beda. kalo cacar nama'a varicela iti disebabkan oleh virus varicela sedangkan herpes disebabkan oleh virus herpes. herpes ada yg simpleks ada yg genitalia.
      mungkin tandanya sama tapi kalo herpes vesikelnya berkumpul dan dy basah sedangkan kalo varicela tidak.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 10 Agustus 2011 pukul 09.52  

    • penyakit herves ini berbahaya apa tidak ??
      bagaimana caranya untuk agar bentol2 nya tidak menyebar ?
      dan untuk menghilangkan rasa nyeri pada persendiannya ??
      terima kasih

      Oleh Blogger Lusi Susanti, Pada 15 Agustus 2011 pukul 12.47  

    • pagi Dok. mohon peluang waktu nya sebentar" saya pria ber usia 27th, saat ini saya baru mengalami penyakit herpes' yang saya mau tanya kan salep apa yang bisa buat menjaga/mengobati gelembung agar tidak pecah dan bisa kering ..
      trimakasih Dok.

      Oleh Blogger aden, Pada 12 September 2011 pukul 06.44  

    • Dok..usia sya 19,sya stiap hari pulang kerja bolak balik naik kndaran brmotor,dn sudh 5 hari ini q trkena herfes.
      cara mngobatinya dan bagaimana cara mnghindar dari gejala pnyakit itu di wktu q mnaiki kndaraan motor???
      mhon jawabanya terimakasih.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 26 September 2011 pukul 10.33  

    • dokter, sudah lebih dari tiga hari kulit saya timbul bintik-bintik merah disekitar leher dan di atas dada. tetapi tidak gatal bahkan tidak berasa apa-apa. hanya saja bintik-bintik ini semakin menyebar ke perut bahkan ke tangan saya. apakah ini alergi? atau cacar? sebab, beberapa hari yang lalu saya pernah mandi menggunakan air pam yang asin dicampur dengan dettol. dan obat apa yang harus saya minum?? terimakasih sebelumnya :)

      Oleh Blogger lebah ratu, Pada 27 Oktober 2011 pukul 23.48  

    • saya sudah pernah kena cacar. semoga saya ga bakalan kena lagi.

      Oleh Anonymous diana, Pada 3 November 2011 pukul 14.57  

    • saya mau tanya...saya berumur 17thn...sekarang terkena herpes di bagian leher dengan dada..
      ban bahkan di bagian tubuh yang lain terdapat bintik' merah dan gatal...gejalanya sama seperti cacar air,,,tapi saya sudah pernah mengalami cacar air...
      herpes di bagian leher parah sekali...
      orangtua saya menganjurkan untuk tidak mandi...

      lantas obat apa yang harus saya minum..dan apakah saya boleh mandi selama sakit herpes ini???/

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 6 November 2011 pukul 21.14  

    • gymana cara menghilangkan bintik hitam pada cacar air

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 17 November 2011 pukul 17.15  

    • dokter ..mohon dibantu sudah tiga hari ini anak saya berusia19 bulan mengalami bentol bentol berisi air pada sekujur tubuhnya (kebanyakan di kepala, punggung, pantat, perut). dia tidak demam sama sekali, dan masih aktif seperti biasa, tp nafsu makan sedikit berkurang. anak saya kenapa ya dok ? dan apa obatnya? kemaren udah saya kasih bedak caladin, salicil, sama salep yang berisi (dexoximetason), juga saya minumi vitamin terus.tolong dibantu dokter...

      Oleh Blogger ery wandari, Pada 24 November 2011 pukul 09.00  

    • sore dok.....
      saya wanita berumur 20thn.saat nie trdapat benjolan herpes di tubuh saya, tapi saya tidak tau jenis herpes pa,dan nafas saya agk sdikit sesak. yang saya tanyakan pa jenis herpes nie, dan cara penyembuhannya bagaimana karena sejauh ini saya sudah mngonsumsi tablet yg diberikan bidan saya. serta bagaimana carnya agar tidak membekas...
      jawaban bisa dikirim lewat email saya ja dok. cimoudzmey_91@rocketmail.com
      hatur nuwun dok....
      jawaban ditunggu secepatnya ea,,,,

      Oleh Blogger ucha EL_SHAFA, Pada 3 Desember 2011 pukul 17.40  

    • saya mau tanya dok,
      saya sudah 5 hri kena skit cacar . dan sekarang saya sudah mulai beraktifitas kembali,, dan mulai mandi.. tetapi gelembung2 cair nya belum pada kering...
      APAKAH membahayakan kondisi saya...

      Oleh Blogger ivan, Pada 27 Desember 2011 pukul 09.37  

    • awalnya sore itu makan seafood, eh paginya badan merah dan gatal-gatal. Padahal sebelumnya ndak pernah seperti itu, trus aku minum incidal 1 biji dan gatal2 langsung hilang. Tapi sejak itu bila mandi air dingin atau kena hawa dingin, badan terasa gatal dan merah2. Setelah diberi minyak tawon atau bedak herosin, sekitar 1 jam udah mulai menghilang merahnya. Ini alergi seafood atau apa, krn sebelumnya tdk pernah seperti ini. Obatnya apa ya?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 27 Desember 2011 pukul 14.38  

    • dok saya mau tanya teman saya kena cacar dan dia sudah sembuh tapi masih terdapat bintik2nya yg sudah pecah apakah itubmasih bisa menyebabkan cacar? terimakasih

      Oleh Blogger keripik singkong, Pada 11 Januari 2012 pukul 15.09  

    • @adinda: sepengetahuan dan dari pengalaman saya... Herpes itukan disebabkan oleh virus,jadi gak mungkin muncul krn keguguran n' gak ada pantangan makanan. Soal nyebar ato enggak.. itu mungkin, krn herpes menyerang sistem syaraf, obat yg bisa matikan virusnya belum ada, yang ada hanya obat yang bisa mengurangi rasa sakit(yg mengandung aspirin), dan salep yang menghambat kerja dan pertumbuhan virus(acyclovir). Siapa aja bisa kena herpes... jadi.. be carefull... pengalaman kena herpes, rasanya kek panas kek kebakar ampe gak bisa tidur.

      Oleh Blogger Kim Hae Mi, Pada 15 Januari 2012 pukul 14.09  

    • Rasanya herpes zoster ini luar biasa nikmat..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 13 Maret 2012 pukul 21.05  

    • kalo diartikel ini cacar = herpes..
      trus saya baca blog lain cacar air = Varicella simplex..


      bedanya apa nih gan?

      Oleh Anonymous Blog Oki Jo, Pada 16 Maret 2012 pukul 18.54  

    • benarkah daun petai dapat menyembuhkan herpes?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 10 April 2012 pukul 19.40  

    • terima ksih atas infonya.....

      Oleh Anonymous suaraterbaru, Pada 4 Mei 2012 pukul 18.44  

    • saya mau bertanya... bagaimana caranya mengobati penyakit cacar air yang timbul di sekitar tangan... krna di tngan sayatimbul bintik-bintik yang brisi cairan

      Oleh Blogger Unknown, Pada 9 Mei 2012 pukul 13.53  

    • Dok, saya mau tanya.. Saya wanita 24thn..sudah 4 hari merasakan sakit di bagian kemaluan..Sepertinya saya mengalami herpes simplex..karena ada luka seperti sariawan di kemaluan saya..
      Sudah diperiksa ke dokter, diberi antibiotik dan saleb dari hari pertama..
      Hari ini hari ke4, tetapi sariawan nya tambah beberapa titik lg..
      Baik nya bagaimana yah dok?
      Ada obat lain yang lebih ampuh, karena sakit sekali saat buang air kecil..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 12 Mei 2012 pukul 17.45  

    • Salam kenal.. Saya wanita berusia 20thn, saya sepertinya kena herpes zoster nih dok. Timbul seperti luka bakar di punggung bagian kiri saya. Hal ini sebenarnya juga pernah saya alami waktu saya SD (di bagian paha) dan SMA (di bagian punggung tengah) dulu. Jadi sama yg skarang saya sudah 3x terkena penyakit ini.

      Apa benar ini hanya karena kelelahan dan daya tahan tubuh yg menurun dok?

      Hal apa yang saya harus lakukan agar tidak terserang virus ini lagi dok?

      Lalu apa benar jika luka kemerahan ini sampai melingkar di bagian tubuh, misal di mengitari bagian punggung, ujung satu dengan yg lainnya bertemu akan menyebakan kematian? saya pernah dengar dr orang2 dok.

      Mohon jawabannya.. Terima kasih :)

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 20 Mei 2012 pukul 19.45  

    • Herpes dapat juga disembuhkan dengan menggunakan daun sangjo segar, cukup dihaluskan lalu di tambahin gulajawa sdikit di tempel pada luka Insya Allah akan sembuh segera. Akan lebih sempurna jika mau minum teh daun sangjo. Trims Prabowo Jogja 082136712513

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 26 Mei 2012 pukul 10.21  

    • Dok di daerah kewanitaan saya muncul beruntus, gatel dan perih, kira2 penyakit apa itu dok dan seperti apa pengobatannya? Terima kasih dok

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 13 Januari 2015 pukul 12.34  

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]



    << Beranda