<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6128622652732034671\x26blogName\x3dPenyakit+dan+Pengobatannya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://penyakit-pengobatan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://penyakit-pengobatan.blogspot.com/\x26vt\x3d-7741652081408545161', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Penyakit dan Pengobatannya




Penyakit Kanker Leher Rahim (Serviks)

Penyakit kanker leher rahim yang istilah kesehatannya adalah kanker servik (Cervical Cancer) merupakan kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina).

Penyakit kanker servik ini disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini menyebar melalui kontak sexual, HPV dapat menyerang semua perempuan disetiap waktu tanpa melihat umur ataupun gaya hidup. Banyak wanita yang dengan daya tahan tubuh yang baik mampu melawan infeksi HPV dengan sendirinya. Namun demikian, terkadang virus ini berujung pada terjadinya penyakit kanker.

Di Indonesia, Kanker Serviks adalah kanker pembunuh perempuan Indonesia no.1 tertinggi saat ini.(Pdpersi). "Setiap perempuan selama hidupnya beresiko terkena virus yang menyebabkan kanker serviks", terutama beresiko tinggi bagi mereka yang merokok, melahirkan banyak anak, memakai alat kontrasepsi pil dalam jangka waktu lama, serta mereka yang terinfeksi HIV Aids.(MedlinePlus)

  • Bagaimanakah kanker leher rahim terjadi

  • Layaknya semua kanker, kanker leher rahim terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). Tetapi sebelum sel-sel tersebut menjadi sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang dialami oleh sel-sel tersebut. Perubahan sel-sel tersebut biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun sebelum sel-sel tadi berubah menjadi sel-sel kanker. Selama jeda tersebut, pengobatan yang tepat akan segera dapat menghentikan sel-sel yang abnormal tersebut sebelum berubah menjadi sel kanker.

  • Mendeteksi Kanker Serviks

  • Sel-sel yang abnormal tersebut dapat dideteksi kehadirannya dengan suatu test yang disebut "Pap smear test", sehingga semakin dini sel-sel abnormal tadi terdeteksi, semakin rendahlah resiko seseorang menderita kanker leher rahim. Pap smear adalah suatu test yang aman dan murah dan telah dipakai bertahun-tahun lamanya untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim.

  • Tanda dan Gejala Kanker Serviks

  • Secara umum tanda dan gejalanya adalah terjadinya perdarahan vagina setelah aktivitas sexual atau diantara masa menstruasi. Sementara itu tanda lain yang mungkin timbul antara lain adalah :
    1. Hilangnya nafsu makan dan berat badan
    2. Nyeri tulang panggul dan tulang belakang
    3. Nyeri pada anggota gerak (kaki)
    4. Terjadi pembengkakan pada area kaki
    5. Keluarnya feaces menyertai urin melalui vagina
    6. Hingga terjadi patah tulang panggul

    Pemeriksaan Pap smear test yang teratur sangat diperlukan untuk mengetahui dan mendeteksi adanya kanker serviks pada diri seorang wanita.

  • Pengobatan Penyakit Kanker Serviks

  • Bagi Anda yang terdiagnosa mengalami perubahan abnormal sel sejak dini, maka dapat dilakukan beberapa hal seperti ;
    1. Pemanasan, diathermy atau dengan sinar laser.
    2. Cone biopsi, yaitu dengan cara mengambil sedikit dari sel-sel leher rahim, termasuk sel yang mengalami perubahan. Tindakan ini memungkinkan pemeriksaan yang lebih teliti untuk memastikan adanya sel-sel yang mengalami perubahan. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh ahli kandungan.

    Jika perjalanan penyakit telah sampai pada tahap pre-kanker dan kanker leher rahim telah dapat diidentifikasi, Maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk penyembuhannya, antara lain ;
    1. Operasi, yaitu dengan mengambil daerah yang terserang kanker, biasanya uterus beserta leher rahimnya.
    2. Radioterapi yaitu dengan menggunakan sinar X berkekuatan tinggi yang dapat dilakukan secara internal maupun eksternal.

  • Bagaimana Pencegahannya?

  • Ini merupakan berita yang sangat menarik, bahwa penyakit kanker leher rahim (kanker serviks) dapat dicegah. Yaitu dengan cara vaksinasi yang diberikan pada remaja putri dan perempuan dewasa.

    Vaksin ini diresmikan hak ciptanya pada tahun 2006, pengembangnya adalah sebuah perusahaan obat terbesar dunia yang berada di Amerika Serikat (Merck & Co., Inc.). Vaksin ini diberi nama "Gardasil". Vaksin tersebut, menurut WHO, juga efektif mencegah infeksi HPV tipe 6 dan 11 yang menyebabkan hampir 90% dari semua jenis kanker leher rahim.

    Pengenalan vaksin pencegah kanker serviks dan upaya untuk mendekatkan akses vaksin bagi masyarakat di diseluruh wilayah Indonesia diharapkan dapat menurunkan prevalensi kanker leher rahim serta meminimalkan fatalitas akibat serangan kanker tersebut.

    19 Komentar:

    • wah artikel yang menarik.. terus postingin info yang kaya gini ya???

      salam kenal btw :)

      Oleh Blogger uNieQ, Pada 16 Juli 2008 pukul 20.50  

    • Terimakasih komentarnya. Kami akan selalu up date artikel kami untuk selalu memberikan informasi yang bermanfaat buat masyarakat luas.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 17 Juli 2008 pukul 07.44  

    • Ini artikel yang lagi saya cari. makasih ya. Jadi tambah ilmu tentang kanker. salam dari peternak lebah madu.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 27 Juli 2008 pukul 22.32  

    • Dh bgus c,,tp kyanya msh krg mndalam dh..
      Gmana kl dtmbah dgn info pngbatn herbalny?!
      Btw thnx infony,,
      xoxo_uci

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 5 Oktober 2008 pukul 17.19  

    • artikelnya bermanfaat banget nih..
      thx for posting yo.. :)

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 9 Maret 2009 pukul 16.05  

    • buat kaum hawa, sebaiknya cek ke dokter, ini satu-satu nya cara untuk bisa mencegah penyakit ini..

      Oleh Blogger anita steffani manik, Pada 7 Desember 2009 pukul 17.15  

    • buat kami kaum hawa, harus waspada terhadap penyakit ini.

      Oleh Blogger anita steffani manik, Pada 7 Desember 2009 pukul 17.16  

    • APAKAH PEKERJAAN ANDA BERESIKO TINGGI TERHADAP
      POLUSI UDARA, ZAT KIMIA, VIRUS & BAKTERI YANG DAPAT MENYEBABKAN RADIKAL BEBAS ???

      Akibat dari RADIKAL BEBAS akan menyebabkan penyakit Kanker, Tumor, Penyakit Jantung, Stroke, Impotensi, Gagal Ginjal, Kemandulan, Vitalitas menurun, dll.

      Bersihkan tubuh anda dari RADIKAL BEBAS yang tanpa disadari sudah terserap kedalam tubuh anda yang akan berkembang menjadi penyakit - penyakit degeneratif dengan mengkonsumsi Sari Buah Merah MBM

      Kandungan dalam Sari Buah Merah :
      1. Betakaroten
      • Mencegah penyakit degeneratif seperti Kanker, Tumor, Stroke dan Penyakit Jantung
      • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh
      • Memperbaiki sistem pencernaan
      • Menetralisir zat-zat Radikal Bebas
      2. Tokoferol
      • Menurunkan Kolesterol Jahat ( LDL ) dan meningkatkan Kolesterol baik ( HDL )
      • Menghambat pertumbuhan sel Kanker
      3. Omega 3 & Omega 9
      • Memperlancar proses metabolisme tubuh
      • Membantu proses penyembuhan penyakit
      • Meningkatkan daya tahan tubuh
      4. Protein, Serat, Fosfor, Zat Besi, Kalsium, Nialin, Vitamin B1, Vitamin C & Vitamin E
      • Sebagai Antioksidan alami dan senyawa aktif yang dibutuhkan tubuh
      • Memulihkan stamina akibat kecapean & Overtraining

      Sari Buah Merah MBM dapat diperoleh di Apotik & Toko Obat terdekat atau pemesanan langsung ke Yanah : 0818 0850 9714 / 021-54353522 ( Free Delivery )

      Sari Buah Merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang – orang yang bekerja dilingkungan yang tidak sehat seperti di laboratorium, Pabrik, Lapangan yang sarat akan polusi, Percetakan, Apoteker, Peneliti, Kasir, Perokok, Penambang, Kurir, Salesman dll.

      Oleh Blogger Yanah, Pada 29 Desember 2009 pukul 11.19  

    • Obat alami dari Wamena Papua seperti tumbuhan sarang semut & sari buah merah memang sangat berkhasiat untuk membantu penyembuhan penyakit berat maupun ringan, kebetulan kaka ada di Wamena bila ada yang membutuhkan obat alami ini mudah-mudahan sy dapat bantu. Kunjunggi FACEBOOK sy dng umarpapua@yahoo.com atau di 0812 8039 6464 salam kenal

      Oleh Anonymous umar, Pada 9 Januari 2010 pukul 10.23  

    • lagi deg-deg an nunggu hasil pap smear... semoga hasilnya baik... makasih infonya yaa...

      Oleh Anonymous Murti, Pada 7 Mei 2010 pukul 22.39  

    • Memang benar2 mengkhawatirkan virus HPV ini bagi kaum wanita seperti kita , di Indonesia sendiri bahkan di asia kanker serviks adalah pembunuh wanita nomor 1, Bagi kakak2 sekalian, yang ingin menengatahui cara penyembuhan Kanker Serviks, kakak bisa konsultasikan disini http://cancerhelps.com/kanker-serviks.htm

      Oleh Anonymous Arvandy, Pada 6 Juli 2010 pukul 11.50  

    • Klo pemeriksaan pap mear tu remaja bs ga ya? Thanks..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 Oktober 2010 pukul 22.27  

    • Mantap artikelny...

      Oleh Anonymous Hadi Saputra, Pada 6 November 2010 pukul 01.07  

    • ini sanat bermanfaat buat saya,dn oran lain......terimakasih

      Oleh Blogger fa tho, Pada 16 Januari 2011 pukul 02.35  

    • temenku pernah curhat ke saya , dia belum berani ke doktor atau cerita kepada orangtua nya . saat dia mens dia memakai pembalut yang berbeda (tidak seperti biasanya yang dia pakai )setelah itu dia mengalami gatal-gatal didaerah dinding vagina , dan ada benjolan yang mengeluarkan cairan berwarna putih susu . kira kira itu penyakit apa ?

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 8 Mei 2011 pukul 10.17  

    • ada yg pny infonya gag, ttg biaya tes papsmear... Tq

      Oleh Anonymous Lulu, Pada 9 Juni 2011 pukul 09.12  

    • Artikelnya baguss bgt......
      Aku yg tadinya gak tau jadi tau

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 27 Juli 2011 pukul 09.06  

    • kalo ada yang pengen berobat metode hipnotherapi,monggo hub. saya di 085742023572,praktek di jogja..

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Agustus 2011 pukul 11.54  

    • tulisannya bagus, enak dibaca... makasih tipsnya.

      Oleh Anonymous Obat Keputihan, Pada 11 September 2011 pukul 21.41  

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]



    << Beranda